Sepeda motor

Quest Motors, Motor Listrik Lokal Kaya Fitur Harga Rp9 Jutaan

Jakarta –Sepeda motor listrik buatan lokal dua tahun terakhir mengalami perkembangan yang signifikan. Salah satu perusahaan yang baru menjajaki bisnis sepeda motor listrik di Indonesia adalah Quest Motors.

Bisa dibilang Quest Motors ini merupakan sepeda motor listrik lokal yang sepenuhnya dibuat di dalam negeri.

“Iya betul, kami baru mulai meramaikan elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Quest Motors ini berdiri tahun 2020 lalu, cuma sejak 7 Juli 2021 ini kita sudah mulai coba menawarkan produk kami kepada konsumen,” ungkap Niko Questera, Founder Quest Motors, kepada Carmudi, Kamis (22/7/2021).

quest motors, motor listrik lokal

Pria yang pernah bekerja di Tesla ini mengaku punya alasan mengapa memutuskan untuk membuat sepeda motor listrik.

“Tim kami melihat bahwa kendaraan listrik di Indonesia masih dilihat sebagai produk eksperimen, belum ada di tahap untuk menggantikan kendaraan bensin saat ini,” sambung Niko.

Spesifikasi yang ditawarkan oleh Quest Motors terdiri dari beberapa tipe. “Kita pake baterai Lithium tipe 21700. Pilihannya itu kita punya dari 240Wh untuk yang bisa menempuh jarak 8 km, sampai 720Wh untuk yang bisa mencapai jarak tempuh hingga 24km,” kata pria ramah ini kepada kami.

Kaya Fitur

Quest Motors dibekali dengan beragam fitur yang cukup kaya. Mulai dari kunci yang sudah pakai model keyless, Near Field Communication (NFC), dan Internet of Things (IoT) 4G untu live location tracking.

Fitur yang tersemat di sepeda motor berdimensi kecil ini terbilang cukup banyak dan tergolong canggih untuk ukuran sepeda motor listrik lokal.

“Kita buat motor ini dengan kunci keyless, ada NFC seperti Tesla Model 3, IoT 4G untuk live track supaya bisa melihat history perjalanan motor, dan bisa update ke software motor listrik melalui Cloud seperti gawai supaya semakin pintar, efisien, dan aman untuk pengguna,” ujarnya.

quest motors, motor listrik lokal

Fitur-fitur kekinian ini diharapkan bisa menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat Indonesia.

“Kendaraan listrik ini harus dibuat sangat berbeda pengalamannya untuk dikendarai secara positif dan harganya terjangkau untuk dicoba. Kalau suka, orang akan pindah ke kendaraan listrik,” jelas Niko.

Dari segi desain, sepeda motor tanpa bahan bakar minyak ini terinspirasi dari Honda Monkey. Alasannya agar mudah dibawa kemana-mana dan mudah dimodifikasi, mengingat orang Indonesia gemar melakukan modifikasi terhadap kendaraan yang dimilikinya.

“Kenapa desainnya kalau dilihat ini simpel banget, kita juga mau memudahkan orang supaya bisa berkreasi sesuai selera. Jadi nanti mereka bisa modif sesuka hati. Misalnya bisa menambahkan lampu, sein, klakson, atau apapun,” tutur Adhe Anggriawan Putra, Design Engineering Quest Motors.

Harga Quest Motors

Lantas, berapa harga yang ditawarkan oleh Quest Motors kepada masyarakat Indonesia?

“Untuk harga, dimulai dari Rp9,9 jutaan hingga Rp 15,9 jutaan. Untuk batch pertama, delivery kami akan berlangsung di bulan September 2021 nanti,” jelas Niko.

Model pertama yang dijual diberi nama Quest Atom Alpha.

Komponen yang digunakan di sepeda motor listrik ini memakai parts sharing dari vendor yang punya standar OEM. Salah satunya adalah ban Maxxis R1 ukuran 90/90-10 inci.

quest motors, motor listrik lokal

Hingga saat ini, Quest Motors masih terus mengembangkan berbagai aksesori yang dibuat dengan memakai material dan komposit yang lebih baik ke depannya.

“Untuk ke depannya kita berencana untuk mengembangkan produk modifikasi seperti layar LED, Logo custom, dan lain sebagainya. Tujuannya agar bisa disesuaikan dengan kreativitas dan gaya pemilik masing masing motor,” kata Niko lagi.

Untuk varian Atom Alpha ini nantinya akan ditawarkan dalam 2 tipe, yakni Play dan Pro. Tipe Play dibekali baterai 21.700 Lithium 480Wh, sedangkan Pro dibekali baterai 21.700 Lithium 720Wh.

Sebenarnya ada tipe Lite seharga Rp9 juta, hanya saja dijual dalam jumlah yang sangat terbatas.

“Kalau yang Lite harga Rp9 jutaan ini sudah sold out semua, karena kita jual unitnya terbatas. Yang tersedia saat ini Play dan Pro saja,” tutup Niko.

Tipe Play dibanderol Rp13,9 juta dan Pro seharga Rp15,9 juta.

Tertarik membeli motor listrik berdimensi mungil kaya fitur ini?

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts