Berita

Range Rover Rayakan Ultah ke-45

Tanggal 17 Juni menjadii sesuatu yang istimewa bagi pabrikan asal Inggris, Land Rover. Pada 1970 silam, untuk kali pertamanya melalui merek Range Rover, mobil SUV tangguh ini diperkenalkan ke publik luas. Range Rover kini sudah memasuki usia ke-45 tahun dan memasuki generasi keempat. Seperti halnya dengan ketiga generasi sebelumnya, mobil ini dibangun secara orisinil untuk tingkat kenyamanan tertinggi, kemampuan menarik, dan performa pengendaraan baik di jalanan aspal maupun off-road.

Sejarah Kehadiran Range Rover

Generasi pertama hadir pada 1970 dan mengusung konsep mobil dua pintu yang ditenagai mesin V8. Fitur-fiturnya berupa rem cakram pada keempat roda dan disematkan sistem all-wheel-drive. Baru pada 1981, pabrikan asal Inggris itu menggelontorkan model empat pintu, dengan model yang mengusung mesin diesel baru dihadirkan pada 1986. Tiga tahun berselang, Range Rover menjadi SUV pertama yang menyodorkan fitur rem ABS dan pada 1992, kembali menjadi SUV pertama yang memerkenalkan sistem Electronic Traction Control dan suspensi udara elektronik otomatis.

Range Rover

Jajaran mobil Range Rover

Generasi keduanya dihadirkan Land Rover pada 1994 dengan tiga versi mesin, 2.5 liter diesel dan 3.9 liter serta 4.6 liter mesin V8 berbahan bakar bensin. Pada 1999, Land Rover menghadirkan Linley special edition, yang ditampilkan dengan baluran warna hitam dan dicocokkan dengan balutan jok berbahan kulit dengan warna yang sama.

Range Rover Generasi Ketiga dan Keempat

Generasi ketiga dihadirkan sebagai Range Rover dengan model bodi terbesar dan muncul pada kisaran 2001, yang dibekali dengan bermacam varian mesin terbaru termasuk mesin V8 4.2 liter supercharged berbahan bakar bensin pada 2005, lalu TDV8 diesel pada 2006 dan V8 5.0 liter berbahan bakar bensin yang dimunculkan tiga tahun kemudian.

Range Rover

Range Rover

Sementara untuk generasi keempat baru saja dihadirkan pada 2012 lalu. Inilah SUV pertama di dunia yang keseluruhan materialnya menggunakan aluminium. Sedangkan pada Maret tahun ini, Land Rover meluncurkan model Range Rover SVAutpbiography, yang di desain sebagai kendaraan paling bertenaga dan termewah yang pernah digarap pabrikan asal Inggris tersebut.

Galih Rachdityo

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif di media cetak MODIF dan Classic+ pada akhir 2007. Sempat beralih menjadi jurnalis olahraga pada akhir 2010 di media online, bolanews.com. Terhitung sejak akhir September 2014, bergabung dengan tim editorial Carmudi Indonesia sebagai content writer yang mengulas berita-berita otomotif terkini. E-mail: [email protected]

Related Posts