BeritaMobilSumber informasi

Giliran Range Rover Sport Jadi ‘Korban’ Plagiat Pabrikan Mobil China, Semurah Apa?

Fasia mobil besutan Zotye Auto. Mirip Range Rover Sport? (Foto: Carnewschina)

Zhejiang – Tidak cuma sekali tapi sudah berkali-kali pabrikan mobil China kedapatan memasarkan mobil dengan tampilan mirip seperti kendaraan yang sudah lebih dahulu diedarkan oleh produsen lain.

Kini giliran pabrikan mobil China lainnya, Zotye Auto kembali meluncurkan produk terbaru bernama Zotye T900. Sekilas produk satu ini sangat mirip sekali dengan Range Rover Sport.

Ini bukan kali pertama Zotye Auto memplagiat desain kendaraan dari merek mobil ternama. Sebelumnya Zotye Auto meniru desain Porsche Macan, sejumlah model Mazda dan Ford.

Pabrikan mobil China yang bermarkas di Zhejiang ini belum merilis detail spesifikasi dari T900, tetapi secara dimensi tubuh sepertinya tidak jauh berbeda dengan Range Rover Sport. Demikian seperti dilansir dari Carnewschina.

Mobil mendapat mesin 2.0 liter dengan dukungan turbo sehingga dapat menyemburkan tenaga 230 hp dan torsi puncak 350 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan.

Dashboard Zotye T900 atau Range Rover Sport jadi-jadian (Foto: Carnewschina)

Bila tampilan luar mirip Range Rover Sport, lantas bagaimana bagian kabin dari Range Rover Sport jadi-jadian ini? Cukup unik karena memadukan desain dan elemen interior yang dimiliki oleh tiga pabrikan kelas atas yaitu Porsche, Mercedes-Benz dan Range Rover.

Bila dilihat lebih dekat mobil ini memiliki panel instrumen serba digital dan sistem pengoperasiannya dengan cara disentuh. Fitur ini mirip sekali dengan yang ada di Mercedes-Benz.

Di ruang kabin juga terdapat aksen kayu dan kulit terbuat dari bahan berkualitas. Semua Zotye terbaru memiliki interior yang cukup oke. Pabrikan ini disebut telah membuat banyak kemajuan kualitas mobilnya dalam beberapa tahun terakhir.

Melihat bagian eksterior, tampak desain depanya sedikit berbeda dari Range Rover. Tetapi sebagian besar desainnya sangat mirip.

Zotye T900 diperkirakan akan diluncurkan di Negeri Tirai Bambu pada awal 2019. Kemungkinan besar harga yang ditawarkan mulai dari 170.000 yuan atau sekira Rp369 juta. Sebagai perbandingan Range Rover Sport di pasar China dijual dengan harga mulai dari 1,02 juta yuan atau setara Rp2,2 miliar.

Jaguar Land Rover Pernah Menggugat Pabrikan Mobil China

Ini juga bukan pertama kalinya model dari Jaguar Land Rover (JLR) seperti ditiru oleh pabrikan China. Desain dari Range Rover Evoque juga pernah dicontek habis-habisan. JLR bahkan sampai melayangkan gugatan ke produsen mobil China, Jiangling Motor.

Gugatan tersebut baru diterbitkan pada 2016, sementara produk Jiangling yaitu Landwind X7 yang mirip sekali dengan Range Rover Evoque sudah meluncur pada 2014. Tidak hanya digugat karena melanggar hak cipta, Jiangling juga mendapatkan kritikan tajam dari dunia internasional.

Kabin Zotye T900 atau Range Rover Sport jadi-jadian (Foto: Carnewschina)

Langkah hukum yang diambil oleh JLR terbilang jarang dilakukan pabrikan lainnya. Produsen mobil ternama lainnya ada juga yang mendapatkan salah satu produknya secara terang-terangan ditiru, tapi tidak pernah mengambil tindakan hukum. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts