Berita

Resmi Meluncur, Simak Fakta Menarik Honda City Hatchback Hybrid

Bangkok – Honda Automobile (Thailand) melengkapi City series dengan meluncurkan City Hatchback Hybrid untuk pertama kalinya di dunia. Mobil jenis hatchback ini sekarang punya dua mesin penggerak; motor listrik dan mesin konvensional, membuatnya tidak hanya semakin canggih tapi juga lebih ramah lingkungan.

“Di penghujung tahun 2020, Honda meluncurkan New Honda City Hatchback dan mendapatkan respons yang baik dari pelanggan. Ini berkat kombinasi yang sempurna dari kesenangan berkendara dan keserbagunaan unik dari sebuah hatchback,” ungkap Noriyuki Takakura, Chairman of Executive Committee and CEO, Honda Automobile (Thailand), dalam keterangan resminya, Senin (28/6/2021).

Honda City Hatchback Hybrid

Honda City Hatchback E:HEV melucur untuk pertama kalinya di dunia (Foto: Honda)

“Kali ini, kami membawa teknologi berkendara yang kuat dan canggih. Dengan sistem full hybrid dan teknologi keselamatan premium Honda Sensing berpadu dengan identitas kendaraan bergaya hatchback dengan diperkenalkannya New Honda City Hatchback E:HEV (hybrid). Ini adalah city car yang sempurna dan siap memberi pelanggan merasakan teknologi dan keselamatan berkendara mutakhir. Selain itu, siap memenuhi setiap gaya hidup pelanggan dengan harga terjangkau,” sambung dia.

Honda City Hatchback Hybrid terlihat sangat mirip dengan rekannya yang masih mengandalkan mesin konvensional. Tetapi, ada sedikit tambahan berupa aksesori untuk membedakan antara City Hatchbak hybrid dengan versi reguler.

Untuk lebih jelasnya, simak sederet fakta menarik dari Honda City Hatchback Hybrid.

Full Hybrid

City Hatchback E: HEV merupakan hatchback full hybrid dengan sistem Sport Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) yang menggabungkan dua motor listrik. Keduanya punya cara kerja dan fungsi berbeda, yaitu sebagai penggerak roda, dan penghasil listrik.

Sistem Sport Hybrid Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) (Foto: Honda)

Selanjutnya tersemat pula mesin bensin 1,5 liter Atkinson Cycle DOHC i-VTEC 4 silinder 16 katup dengan transmisi otomatis E-CVT dan baterai baterai lithium-ion.

Honda mengklaim, semua sumber tenaga tadi menghadirkan performa berkendara yang menyenangkan dengan torsi maksimal 253 Nm.

Tingkat efisiensi bahan bakar dari mobil ini tergolong sangat baik, 27 km/liter dan memiliki tingkat emisi karbondioksida hanya 86 g/km.

Eksterior

Bergerak ke bagian eksterior, City Hatchbak hybrid mendapat emblem e:HEV di bagian belakang. Menambah kesan sporty, Honda menyematkan emblem RS dibagian gril, serta penambahan aerokit eksklusif RS pada bumper depan dan belakang.

Kemudian lampu depan, belakang, senja, dan kabut pakai LED, kaca spion diberi sentuhan warna hitam dengan lampu sein dan pelek sporty berukuran 16 inci.

Interior Honda City Hatchback E:HEV (Foto: Honda)

Interior

Menggabungkan fungsionalitas dan keserbagunaan dengan sempurna, interior City Hatchback hybrid telah dibekali jok berlapis suede. Jok belakang dapat dilipat 60:40 dan bisa disesuaikan untuk menambah ruang bagasi.

Demi memberikan kenyamanan ekstra di kabin, Honda memasukkan layar TFT 7 inci untuk memberikan informasi kendaraan kepada pengemudi, head unit layar sentuh 8 inci sudah mampu terhubung dengan Apple CarPlay dan perintah suara SIRI, sandaran tangan belakang, dan masih banyak lagi.

Fitur Keamanan

City Hatchback hybrid juga sudah dibekali fitur keselamatan canggih, Honda Sensing, terdiri dari:

  • Collision Mitigation Braking System (CMBS)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)
  • Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW)
  • Lane Keeping Assist System (LKAS)
  • Auto High-Beam (AHB).

Sistem visual blind spot (Foto: Honda)

Selain itu, dilengkapi pula fitur-fitur pendukung keselamatan, seperti:

  • Sistem visual blind spot saat hendak berpindah jalur
  • Electric Parking Brake and Auto Brake Hold
  • Sistem kunci pintu otomatis ketika remote menjauh dari mobil
  • Kamera pandang belakang dengan 3 level tampilan
  • Honda Connect.

Harga dan Warna Honda City Hatchback Hybrid

Honda City Hatchback E:HEV dibanderol dengan harga 849.000 baht atau sekira Rp386 jutaan.

Honda City Hatchback Hybrid

Honda City Hatchback Hybrid resmi meluncur di Thailand (Foto: Honda)

Khusus versi hybrid, Honda telah menyediakan satu warna baru, yaitu Brilliant Sporty Blue. Selain itu terdapat lima pilihan warna lainnya, seperti Ignite Red, Platinum White, Crystal Black, Sonic Gray, dan Meteoroid Gray.

Baca juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts