MobilReviews

Review dan Harga Nissan March, City Car Terlaris di Seluruh Dunia

"New

Jakarta – Nissan March diluncurkan pertama kali pada 2010 silam. Kelebihan fitur keamanan berupa airbag dan sistem pendingin udara digital menjadi daya tarik dari March. Fitur tadi belum banyak hadir pada mobil berjenis city car di Indonesia.

March di beberapa negara juga dikenal sebagai Micra, dengan spesifikasi sama persis. Nama March di ambil dari bulan Maret, karena di Jepang Musim Semi dimulai sekitar bulan Maret.

Saat musim semi, orang Jepang menyambutnya dengan penuh kegembiraan, karena hari-hari dingin dan tidak bersahabat telah berakhir. Di negara asalnya, Nissan telah membuat city car ini sejak 1982. Tren mobil 1.200 cc di dunia membuat PT Nissan Motor Indonesia tergoda untuk merilis Nissan March untuk pasar Indonesia.

March dirancang untuk merespon kebutuhan pasar global untuk kendaraan mungil berkapasitas lima penumpang. Dibangun dengan platform terbaru Nissan V-Platform yang serbaguna, memungkinkan March memiliki bobot body ringan, mudah dikemudikan, irit bahan bakar dengan tangki kecil, mudah dirakit (setir kanan/kiri). Nissan juga berusaha agar March nyaman dikendarai dengan biaya operasional yang rendah (low operational cost), dan harganya cukup terjangkau.

Perjalanan Nissan March, Injak Usia 30 Tahun

March yang dijadikan inspirasi untuk ajang MarchInVashion

Selama lebih dari tiga dekade, lebih dari 7 juta unit Nissan March telah terjual di mancanegara, atau tepatnya di 70 negara. Sementara di Indonesia, March terjual sekitar 161 ribu unit dan meraih delapan penghargaan bergengsi sejak 2010.

Nissan sejak awal mendesain March dengan bentuk yang modis dan kuat kesan feminim. Tak heran, karena March memang menyasar perempuan di perkotaan. Sebaliknya, mobil ini kurang diminati dan lebih baik memilih city car lainnya.

Jika menelisik lebih dalam, Nissan March justru mobil perkotaan yang memiliki fitur yang lebih banyak ketimbang Honda Brio yang jadi rival utama. Satu hal yang pasti hal itu karena Nissan March tidak masuk ke dalam program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC).

Mungil adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Nissan March. Tidak hanya itu dengan bodi yang sangat kecil membuat Nissan March mampu meliuk-liuk di tengah kemacetan jalanan ibukota.

Fitur keselamatannya juga tergolong lengkap, karena didukung fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), Brake Assist, serta Vehicle Dynamic Control VDC. Semua fitur tersebut sangat membantu para pengendara mobil pertama, karena memang Nissan March menyasar para pemula.

Nissan March juga menjadi city car yang memiliki fitur yang lebih banyak ketimbang Honda Brio. Karena Nissan March tidak masuk ke dalam program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC), pemiliknya masih bisa membawa city car ini dengan bahan bakar bersubisidi.

Setelah empat tahun bermain di industri otomotif nasional, atau tepatnya tahun 2014 akhirnya Nissan Indonesia mengahdirkan model terbaru Nissan March dengan pilihan mesin yang lebih tinggi. Pada awalnya hanya memiliki mesin 1.2 L, kini Nissan March memiliki varian mesin lebih tinggi yaitu 1.5 Liter.

Eksterior March, Modis ala Wanita Modern

Dari sisi tampilan luar Nissan March memiliki aura yang lebih segar dan modern. Ubahan di sisi grill depan dengan panel krom berbentuk V semakin menegaskan identitas jiwa muda pengendaranya yang stylish dan sporty. Hal itu dilakukan mungkin karena segmentasi mobil ini menyasar pada pengendara dari anak muda.

Konsep fashionable smart yang diusung pada sektor tampilan eksterior dari spesifikasi Nissan March terbaru ini memang menyuguhkan tampilan desain yang begitu fashionable. March didesain penuh dengan lengkungan yang menonjol keluar agar tidak mengesankan sebagai mobil kecil.

Ciri khas March dengan memiliki sebuah garis lembut yang memanjang dari depan hingga ke belakang melewati handle door yang membuat tampilannya semakin anggun. Untuk mempercantik, di bagian pintu terpasang side body moulding dan back door garnish di bagian belakang.

"New

March hadir dengan desain imut, dan karakternya cocok dengan kaum hawa. Namun, Nissan tidak mengesampingkan kesan modern kaum urban. City car ini hadir semakin stylish dengan Daytime Running Light kemudian LED High-Mounted Stop Lamp demi keamanan berkendara dan penuh gaya.

Desain LED Rear Combination Lamps mengikuti bentuk body dengan inovasi LED yang memberi cahaya lebih terang dan mudah terlihat dari kejauhan. Terakhir, NMI memperbaharui March di tahun 2017 dengan mengganti foglamp standar dengan daytime running lights LED model V yang menyamping.

Tidak hanya tampil imut dan anggun, March juga sempat tampil sporty dalam beberapa edisi khusus yang masuk ke Indonesia. Contohnya pada versi Nismo di tahun 2010, varian yang hanya tersedia 200 unit ini meandapat sedikit sentuhan part Nismo di suspensi, brake pad, decal dan knalpot.

Di tahun berikutnya, March kini hadir dengan versi Autech sebagai varian flagship. Model ini mengambil basis dari tipe XS dengan ciri khas desain bumpernya terlihat lebih sporti dengan airdam besar.

New Nissan March

Slogan Fashionably smart yang membuat March pada bagian eksteriornya kini hadir dengan lebih stylist dan Modern. Grile Depannya yang kini tampil dengan desain V-strut untuk menghasilkan desain Hatcback yang elegan. Sektor belakang juga nampak lebih fresh dengan teknologi LED pada lampu belakang.

Dari Luar Kecil, Tapi Interior March Lega

Interior March Terbaru (Foto: Carscoops)

Saat masuk ke dalam kabin Nissan March, nuansa hitam mendominasi keseluruhan interior. Interior Nissan March dirancang untuk ruang lega, nyaman, serta dibekali berbagai tampilan fitur canggih. Kursi dan doortrim dibungkus material sejenis suede yang membuatnya nyaman dan berkesan elegan.

Ruang kabin dari Nissan March ini mampu menampung maksimal 5 penumpang sekaligus tanpa sesak. Pada 2014, Nissan melakukan facelift major change dengan ubahan desain kisi AC berubah dari bulat, menjadi mengotak. Pada edisi ini, desain head unit in-dash juga ikut berubah.

Selanjutnya di bagian dashboard dicat warna Piano Black yang berkelas berpadu dengan New AV Monitor with Mirroring Technology yang memanjakan pengemudi atau penumpang selama berkendara. Pada sistem audio Nissan March juga dilengkapi fitur 7-band equalizer lengkap dengan installer Audio Profesional untuk membagi suara rendah dan tinggi sehingga akan menghasilkan suara yang lebih mantap.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menawarkan March dengan beberapa fitur istimewa seperti AC climate control dan airbag untuk tipe XS bertransmisi otomatis 4 percepatan. Dengan adanya fitur MID (Multi-Information Display), memberikan layanan yang sangat informatif. MID ini memberikan data tentang kondisi mobil hingga jadwal perawatan yang ditujukan kepada pengendara.

Nissan March, City Car Bermesin Besar

Umumnya city car hanya dibekali mesin antara 1.000-1.300 cc, yang hanya cocok digunakan untuk jalan perkotaan. Lain halnya dengan March, NMI tidak hanya menyediakan varian 1.2 liter tapi juga merilis versi 1.5 liter yang mesinnya serupa dengan Grand Livina.

Keunggulan ini tentunya membuat March jadi city car yang cukup bertenaga. Mobil ini tidak kedodoran saat dibawa bepergian ke luar kota atau perjalanan jarak jauh. Dapur pacu March disempurnakan dengan teknologi ECCS (Electronic Concentrated-engine Control System) yang akan membuat seri mobil terbaru Nissan ini dapat mengingkatkan efisienisi penggunaan bahan bakar

Nissan March disodorkan dalam dua macam varian mesin, 1.2L dengan kode mesin HR12DE dan 1.5L yang memiliki kode mesin HR15DE. March yang menggendong mesin 1.2L sanggup menyemburkan tenaga 76 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimalnya mencapai 10.6 kg-m pada 4.000 rpm.

Sementara untuk mesin HR15DE 1.5L, tenaga yang sanggup dihasilkan sebesar 102 PS pada 6.000 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 10.8 kg-m pada 4.400 rpm. Untuk varian 1.5 liter ini Nissan juga akan melengkapinya dengan teknologi CVTC (Continously Variable-valve Timing Control) yang membuat tarikan mobil responsif.

Fitur Keselamatan March Jempolan

Inilah yang membuat March patut diacungi jempol, karena Nissan membekalinya dengan segudang fitur keselamatan terbaik untuk mobil sekelas city car. Bahkan, March telah lolos uji coba keselamatan pengemudi dan penumpang versi standar kendaraan Eropa (Bersertifikat UERO NCAP – New Car Assessment Program berbintang 4).

Konsep “Safety Shield’ yang merupakan sebuah pendekatan proaktif dari Nissan terhadap March terhadap isu keselamatan. Konsep ini hadir berdasarkan ide bahwa mobil seharusnya membantu melindungi penumpang.

Pertama, fitur Vehicle Dynamic Control (VDC) yang berfungsi untuk mengurangi efek understeer maupun oversteer. Selain itu Nissan March juga dilengkapi dengan Sealt Belt 3 titik, Dual SRS Air Bag, hingga Zone Body Concept, untuk semakin menjamin keselamatan dan keamanan dari para pengguna mobil hatchback ini.

Pengereman cukup handal dan berteknologi ABS+EBD+BA khusus varian tertinggi. fitur pengereman ini jug akan membantu pengendalian mobil saat pengereman mendadak sehingga memudahkan menghindari tabrakan depan karena roda tidak terkunci.

March, Si Mungil nan Nyaman

March memang termasuk mobil berukuran kecil, dengan ukuran panjang 3.780 mm, lebarnya 1.667 mm, tinggi 1.525 mm dan memiliki jarak sumbu roda 2.440 mm. Apalagi, bobotnya hanya mencapai 925 Kg untuk varian terendah dan untuk tipe tertinggi memiliki bobot 1.012 Kg.

Generasi keempat March tidak ada perubahan apapun dari segi dimensi ataupun struktur rangkanya. City car ini masih mengandalkan rangka monocoque untuk struktur mobil.

Soal kenyamanan di city car ini juga tidak bisa dianggap sepele. March dibekali tipe suspensi MacPherson Strut with Coil Springs pada bagian depan. Sedangkan untuk bagian belakang, akan mengandalkan suspensi tipe Torsion Beam. Roda velg berdiameter 15 inci yang terbalut sebuah ban berukuran 175/60 R15.

Dengan disematkannya dua tipe suspensi tersebut, maka penumpang pun akan semakin merasa nyaman meskipun melewati jalanan yang berlubang. Suspensi ini mampu meredam setiap goncangan dengan sempurna.

Harga Nissan March

Nissan March terbagi menjadi 2 varian dan lima tipe berdasarkan mesin yang diusung, yaitu 1.2 liter dan 1.5 liter. Untuk harga March 1.2 liter akan dibanderol pada kisaran Rp 177.4 juta – Rp 198 juta dan versi 1.5 liter, dibanderol dengan kisaran harga yang lebih mahal, yaitu antara Rp 205.6 juta – Rp 215.7 jutan.

Nissan March 1.2 L MID MT Rp 174.400.000,-
Nissan March 1.2 L MID AT Rp 187.800.000,-
Nissan March 1.2 L HIGH MT Rp 198.000.000,-
Nissan March 1.5 L MT Rp 205.600.000,-
Nissan March 1.2 L AT Rp 215.700.000,-

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts