Reviews

Review Suzuki Ertiga Hybrid 2022: Low MPV “Smart”

Review Suzuki Ertiga Hybrid terbaru tentu ditunggu oleh banyak pembaca yang ingin mengetahui seluk-beluk low MPV hibrida harga terjangkau ini.

Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga “Smart” Hybrid, mobil berteknologi hibrida terjangkau saat ini. (Foto: Carmudi/Mada)

Suzuki Ertiga Hybrid layak jadi perhatian lantaran telah mengaodpsi teknologi yang pabrikan sebut Smart Hybrid, tapi dinilai berharga terjangkau jika dibandingkan mobil lain dengan teknologi sejenis.

Tak hanya dari segi teknologi saja, langkah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dianggap “smart” karena mampu hadirkan mobil hybrid irit konsumsi BBM serta harga terjangkau.

Harga All New Suzuki Ertiga Hybrid 2022 di rentang Rp270,3—292,3 juta (OTR Jakarta).

Suzuki Ertiga juga tetap hadir dengan mesin konvensional di mana bisa ditemui pada varian GA dan GL.

Tentang Suzuki Ertiga Hybrid

Ertiga Hybrid yang diluncurkan di Indonesia tidak mempunyai perbedaan yang signifikan dengan versi non hybrid, termasuk bagian mesinnya.

Eksteriornya sendiri juga terlihat tidak memiliki banyak perbedaan dengan pendahulunya.

Hanya ada beberapa perubahan kecil atau minor di beberapa bagian eksteriornya. Ada warna eksterior baru berupa New Mellow Deep Red untuk Ertiga Hybrid varian GX.

Mengenai interior serta fitur Ertiga Hybrid, terlihat adanya pembaruan yang cukup signifikan.

Mobil ini bersaing kuat dengan Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander di kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV).

Harga Suzuki Ertiga 2022

Seperti diketahui di atas, harga Suzuki Ertiga Hybrid di Indonesia mulai Rp270,3 juta sampai Rp292,3 juta di mana masih harga perkenalan. Setelah Agustus 2022, kemungkinan harga mobil tersebut akan berubah.

Berikut ini adalah daftar harga Ertiga pada Juni 2022 berdasarkan situs web resmi Suzuki.

Tipe Harga
Ertiga Smart Hybrid GX MT Rp270,3 juta
Ertiga Smart Hybrid GX AT Rp281,3 juta
Ertiga Smart Hybrid SS MT Rp281,3 juta
Ertiga Smart Hybrid SS AT Rp292,3 juta
Ertiga GA MT Rp224,1 juta
Ertiga GL MT Rp244,5 juta
Ertiga GL AT Rp255,1 juta

Spesifikasi Mesin Suzuki Ertiga Hybrid

Mesin Suzuki Ertiga Hybrid

Mesin Ertiga Hybrid. (Foto: Carmudi)

Sama seperti versi non hybrid, Suzuki Ertiga Hybrid dibenamkan mesin berkode K15B yang mempunyai kapasitas 1.462 cc, di mana dapat mengeluarkan tenaga sebesar 103,2 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 Nm di putaran mesin 4.400 rpm.

Mobil ini turut dibekali baterai lithium-ion 12 volt beserta Integrated Starter Generator (ISG).

Sebagai informasi, ISG merupakan pengembangan teknologi pertama yang dilakukan oleh Suzuki untuk menciptakan kendaraan irit konsumsi bahan bakar dengan harga terjangkau.

ISG ini memiliki dua fungsi.

Pertama, sebagai generator untuk menyimpan energi ke baterai saat deselerasi.

Kedua, sebagai motor yang diklaim dapat memberi tenaga lebih ke mesin saat akselerasi.

Tak hanya itu, mesin K15B pada Ertiga Hybrid diklaim dapat membuat konsumsi bahan bakar mobil jadi lebih efisien dibandingkan dengan mesin K14B yang dibenamkan pada Ertiga model sebelumnya.

Di sisi lain, tenaga mesin Ertiga Hybrid nantinya dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan matik 6 percepatan.

Mesin Suzuki Ertiga Hybrid 2022
Mesin 4 silinder
Kapasitas mesin 1.462 cc
Tenaga Maksimum 103,2 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 138 Nm @ 4.400 rpm
Transmisi Manual 5 percepatan dan matik 6 percepatan

Eksterior Suzuki Ertiga Hybrid

Harga Baterai Suzuki Ertiga Hybrid

Eksterior Ertiga Hybrid. (Foto: Carmudi)

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, eksterior Ertiga Hybrid memang tidak mengalami banyak pembaruan. Tampilan luar mobil tersebut terkesan lebih modern dan tangguh.

  • Dimensi

Dari segi dimensi, Ertiga Hybrid mempunyai ukuran panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm.

Ukuran dimensi ini sama dengan Ertiga non hybrid. Mobil tersebut juga memiliki ground clearance (jarak terendah ke tanah) 180 mm serta wheelbase atau jarak sumbu roda 2.740 mm.

  • Desain Bodi

Pada bagian depan Ertiga Hybrid, terdapat gril jaring–jaring berwarna gelap di bagian atas serta bawah yang terkesan unik.

Selain itu, pahatan pada bumper depan mobil ini dibuat runcing yang memberi kesan sporty dan tangguh. Ada pula lip spoiler yang diberi sedikit sentuhan kromium di mana membuat Ertiga Hybrid semakin terlihat menarik.

Namun sayangnya, lampu depan pada mobil tersebut belum menggunakan LED, melainkan masih jenis halogen dengan proyektor.

Padahal, jika sudah mengandalkan LED, dapat memberikan pencahayaan yang lebih terang saat mobil dibawa berkendara di malam hari ataupun cuaca gelap.

Beralih ke bagian samping, Ertiga Hybrid terlihat tidak mempunyai garis fender. Desainnya cenderung sederhana. Ada alur di bagian bodi samping mobil tersebut yang mirip dengan versi non hybrid.

Suzuki Ertiga Hybrid 2022 (1)

Bagian belakang Ertiga Hybrid. (Foto: Carmudi)

Ada pula side skirt, pelek bergaya dual tone dengan pola lima palang, serta daun pintu kromium.

Tak ketinggalan, di bagian belakang, disematkan emblem bertuliskan ‘Smart Hybrid’ yang bertujuan seperti untuk menegaskan statusnya.

  • Fitur Eksterior

Ertiga Hybrid telah disematkan stop lamp (lampu rem) dan reflektor yang mirip dengan Ertiga non hybrid. Selain itu, terdapat auto retractable outside mirror yang berarti spion mobilnya bisa diatur secara elektris.

Interior Suzuki Ertiga Hybrid

Interior Ertiga Hybrid

Interior Ertiga Hybrid. (Foto: Carmudi)

Interior Ertiga Hybrid terlihat modern dan tak kalah menarik dari eksterior mobil tersebut.

  • Konfigurasi Kabin

Mengenai konfigurasi kabin, Ertiga Hybrid termasuk low MPV 7-seater yang berarti dapat memuat hingga 7 orang.

  • Fitur Hiburan

Suzuki Ertiga Hybrid telah dilengkapi berbagai fitur yang mumpuni untuk memberi kenyamanan berkendara bagi para penggunanya, termasuk fitur hiburan.

Mobil ini sudah disematkan SmartPlay Pro dengan touch screen atau layar sentuh seluas tujuh inci yang bisa terhubung ke Android Auto dan Apple CarPlay, sehingga pengguna bisa mendengarkan musik kesukaan selama berkendara saat merasa bosan.

  • Fitur Kenyamanan

Selain itu, terdapat juga beragam fitur kenyamanan pada Ertiga Hybrid, mulai dari cruise control, paddle shift, automatic climate control, engine start-stop button with smart key, Suzuki Connect, hingga height-adjustable driver seat di mana pengemudi dapat mengatur ketinggian kursinya sesuai kebutuhan.

Ada juga air conditioning heater dan AC digital untuk menjaga suhu dalam kabin mobil tetap adem.

Instrumen cluster Suzuki Ertiga Hybrid

Instrumen cluster Ertiga Hybrid. (Foto: Ilustrasi)

Tak ketinggalan, terdapat spidometer dan MID (Multi Information Display) pada Ertiga Hybrid yang sudah digital untuk menampilkan kinerjanya saat berkendara.

Adapun fitur keselamatan standar turut disematkan pada Ertiga Hybrid varian tertinggi, yakni empat airbag; dua disematkan di bagian dasbor serta setir kemudi dan dua lainnya berada di jok kursi depan.

Ada pula beragam fitur keselamatan lainnya, seperti dual SRS Airbag, ABS, ABD, serta ISOFIX untuk menjaga keselamatan penumpang balita saat berkendara.

Turut disematkan parking sensor untuk memberi kemudahan bagi pengemudi saat parkir, New Electronic Stability Programme (ESP), dan kaca anti kabut (Rear Defogger).

  • Desain

Tampilan dalam Suzuki Ertiga Hybrid sendiri memang modern dengan adanya head unit layar sentuh serta jok kursi yang menggunakan bahan fabric atau kain berkualitas baik.

Selain itu, jika dasbor mobil dan trim pintu model sebelumnya menggunakan desain wood panel, Ertiga Hybrid mengandalkan abu-abu ala carbon fiber untuk dasbor dan trim pintunya.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan seperti mobil lain pada umumnya. Berikut ini Carmudi rangkum kelebihan dan kekurangan Suzuki Ertiga Hybrid 2022.

Kelebihan

  • Punya Fitur Cruise Control

Kelebihan pertama dari Ertiga Hybrid adalah sudah disematkan fitur cruise control. Bagi yang belum tahu, fitur tersebut berfungsi untuk menjaga kecepatan mobil agar tetap stabil selama berkendara di mana pengemudi tidak perlu menginjak pedal gas mobilnya.

Dengan demikian, pengemudi tak perlu khawatir kecepatan mobilnya akan lepas kontrol jika sudah memiliki fitur cruise control.

  • Memiliki Fitur-Fitur Keselamatan yang Mumpuni

Kelebihan selanjutnya dari Ertiga Hybrid yaitu mempunyai fitur keselamatan yang mumpuni untuk menunjang keselamatan pengemudi serta para penumpang mobil tersebut. Termasuk, penumpang yang masih balita.

Seperti diketahui, mobil tersebut memiliki airbag, ABS, hingga ISOFIX.

  • Dapat Menampung Banyak Orang

Sebagai low MPV 7-seater, Ertiga Hybrid cocok digunakan oleh Carmudian yang memiliki anggota keluarga banyak. Selain itu, juga layak dimiliki oleh kalian yang suka berpergian bersama teman-teman.

Pengemudi dan penumpang mobil ini tidak akan merasa sesak di perjalanan karena ruang kabinnya terasa luas sehingga memberi ruang gerak yang leluasa bagi mereka.

  • Harga Cukup Terjangkau

Harga Ertiga Hybrid kini di bawah Rp300 juta untuk semua tipe, lebih tepatnya Rp270,3 untuk tipe terendah dan Rp292,3 juta untuk tipe tertinggi. Harga ini tentu cukup terjangkau bagi semua kalangan konsumen.

Kekurangan

  • Lampu Depan Belum LED

Kekurangan yang cukup mencolok dari Ertiga Hybrid terletak di bagian lampu depannya di mana belum mengandalkan teknologi LED seperti pesaingnya, Toyota Avanza.

Teknologi tersebut dapat memberi kualitas penerangan yang baik pada mobil, sehingga pengemudi tetap aman berkendara di jalan yang gelap atau saat cuaca berkabut.

  • Tidak Memiliki Head Rest Tengah

Kekurangan selanjutnya dari Ertiga Hybrid adalah tidak memiliki head rest tengah di bangku baris kedua. Tanpa head rest tengah, penumpang yang duduk di bangku tersebut bisa merasa tidak nyaman karena kepalanya tidak tertopang dengan baik.

  • Belum Dilengkapi Setir Kemudi Teleskopik

Tidak seperti Avanza terbaru, Ertiga Hybrid belum disematkan setir kemudi dengan fitur teleskopik (maju-mundur). Hal ini bisa mengurangi kenyamanan pengemudi saat berkendara.

Kompetitor Suzuki Ertiga Hybrid

Suzuki Ertiga Hybrid mempunyai beberapa pesaing kuat di kelas low MPV, seperti Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza.

Simak juga video review Suzuki Ertiga Hybrid 2022 terbaru dari Carmudi berikut ini:

FAQ

  1. Suzuki Ertiga Hybrid tersedia dalam berapa pilihan warna?

Suzuki Ertiga Hybrid ditawarkan dalam tujuh pilihan warna, mulai dari Pearl Snow White, Prime Cool Black, Metallic Magma Gray, Metallic Silky Silver, Pearl Brave Khaki, Pearl Burgundy Red, dan New Mellow Deep Red.

  1. Apakah mesin Suzuki Ertiga Hybrid mengalami pembaruan?

Tidak, mesinnya masih sama dengan model sebelumnya di mana berkode K15B.

  1. Berapa harga Suzuki Ertiga Hybrid di Indonesia?

Berdasarkan situs resmi Suzuki, harga Ertiga Hybrid di Indonesia mulai Rp270,3 juta hingga Rp292,3 juta untuk tipe tertinggi.

  1. Apakah Suzuki Ertiga Hybrid memiliki ISOFIX?

Iya, Suzuki Ertiga Hybrid mempunyai fitur ISOFIX untuk penumpang balita.

 

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/