Sumber informasi

Sebelum Beli, Ketahui Dulu Biaya Kepemilikan Mobil Suzuki Ignis

Jakarta – Dalam membeli mobil, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, satu di antaranya soal biaya kepemilikan mobil sebab akan menjadi pengeluaran rutin, selain membayar cicilan.

“Biaya kepemilikan mobil tentunya harus diperhitungkan sebelum membeli mobil. Apabila tidak, hal itu bisa mengganggu perencanaan finansial rumah tangga,” ungkap Hariadi, Service Asst to Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Biaya Kepemilikan Mobil

Biaya kepemilikan mobil Suzuki Ignis hanya Rp50 ribuan per hari (Foto: Suzuki Finance)

Biaya kepemilikan setiap mobil berbeda-beda, ada yang terbilang murah, tapi ada pula yang mahal. Ambil contoh Suzuki Ignis, jika diestimasikan biaya yang harus dikeluarkan oleh pengguna berkisar di angka Rp50 ribuan saja per hari.

Untuk diketahui, dalam menghitung estimasi biaya kepemilikan mobil, ada beberapa faktor yang perlu dimasukkan, seperti biaya perawatan berkala, pajak kendaraan, serta biaya bahan bakar kendaraan. Namun, beberapa biaya tadi bisa saja berubah bahkan bertambah tergantung pemakaian kendaraan, termasuk bila pengguna mengalami kejadian tidak terduga.

Sebagai gambaran berikut estimasi detail biaya kepemilikan Suzuki Ignis berdasarkan tiga variabel tersebut.

Biaya Perawatan Berkala

Estimasi biaya servis atau perawatan berkala Suzuki Ignis hingga 100.000 km atau 3 tahun berkisar pada angka Rp7.877.300 atau Rp7.193 per hari baik untuk transmisi manual maupun AGS. Biaya tersebut sudah termasuk program gratis biaya jasa saat melakukan servis 1.000 km – 50.000 km.

Bengkel Body Repair and Paint Suzuki (Foto: SIS)

Biaya Pajak dan Bahan Bakar

Pelanggan juga harus menyiapkan pajak tahunan sekira Rp2.940.000 per tahun atau Rp8.054 per hari jika Carmudian berdomisili di Jakarta atau pelat B.

Sedangkan biaya untuk bahan bakar berkisar di angka Rp38.250 per hari jika menggunakan BBM jenis Pertalite (Rp7.650 per liter). Estimasi ini dihitung berdasarkan konsumsi bahan bakar mobil secara rata-rata, yaitu 10 km per liter dan apabila dalam 1 hari pemilik mobil menempuh jarak 50 km.

Dari hasil perhitungan tadi, maka total biaya kepemilikan mobil Suzuki Ignis Rp53.497 per hari selama 3 tahun.

Tentunya biaya ini belum termasuk pengeluaran tidak terduga atau faktor lainnya.

“Dengan menghitung biaya kepemilikan tersebut, Ignis benar-benar dapat memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil yang nyaman dan aman dengan biaya kepemilikan terjangkau. Kami harap perhitungan biaya ini dapat memudahkan konsumen untuk semakin yakin atas produk Suzuki,” tutup Hariadi.

Suzuki Ignis Indonesia

Suzuki Ignis (Foto: Carmudi/Badjo)

Harga Suzuki Ignis

Mobil perkotaan ini hadir dalam dua pilihan tipe, yaitu GL dan GX. Berikut daftar harganya.

  • Ignis GL M/T Rp175,5 juta
  • Ignis GL AGS Rp185,5 juta
  • Ignis GX M/T Rp194,5 juta
  • Ignis GX AGS Rp204,5 juta (OTR Jakarta).

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts