Home » Mobil » Sekilas Sama, Simak Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga

Sekilas Sama, Simak Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga

Test eco drive All New Ertiga. (Foto: Carmudi/Dimas)

Jakarta – Mungkin banyak dari kalian yang belum menyadari jika sebenarnya Suzuki XL7 berbeda dengan Suzuki All New Ertiga. Padahal, perbedaan antara kedua model tersebut cukup banyak dan tanpa disadari banyak yang mengatakan sama. Kami akan mencoba membeberkan mengenai perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga.

Secara platform, kedua mobil tersebut memakai platform yang sama. Namun ada beberapa perbedaan yang cukup kentara dari kedua model tersebut. Kira-kira, apa saja perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga yang cukup signifikan?

Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga Jarang Diketahui

Dimensi Berbeda

Perbedaan yang paling bisa dilihat dari Suzuki XL7 dan Ertiga adalah dimensinya yang sebenarnya berbeda. Kita bahas yang Suzuki XL7 dulu ya. Secara dimensi, Suzuki XL7 memiliki panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm dan tinggi 1.710 mm. Mobil yang hadir mengisi segmen LSUV ini juga memiliki ground clearance di angka 220 mm dengan radius putar yang dimiliki mencapai 5,1 meter. 

Suzuki XL7
Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga yang jarang diketahui.

Lantas, bagaimana dengan Ertiga? Di atas kertas, dimensi Ertiga lebih kecil dibanding XL7. Panjangnya mencapai 4.395 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.690 mm. Ground clearance yang dimilikinya pun hanya mencapai 180 mm, 30 mm lebih pendek dibanding dengan XL7. Sedangkan radius putarnya mencapai 5,2 meter, lebih besar sedikit dibandingkan dengan XL7. Namun, jarak sumbu roda dari kedua mobil ini tetap sama, mencapai 2.740 mm. 

Pilihan Warna

Selain dimensi, yang menjadi perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga ada pada warnanya. Warna antara Suzuki XL7 dan Ertiga jelas berbeda. Suzuki XL7 memiliki beberapa pilihan warna. Untuk tipe Alpha terdiri dari Rising Orange + Black, Brave Kakhi + Black, Prime Cool Black dan Prime Snow White.

Untuk tipe Beta terdiri dari Pearl Burgundy Red, Metallic Magma Grey, Pearl Snow White dan Prime Cool Black. Lalu, untuk tipe Zeta terdiri dari Pearl Snow White, Prime Cool Black, Metallic Magma Grey dan Pearl Burgundy Red.

All New Suzuki Ertiga (Foto: SIS)

Sedangkan untuk Ertiga terdiri dari 7 warna yang ditawarkan. Ketujuhnya terdiri dari Metallic Magma Grey, Pearl Snow White, Metallic Silky Silver, Prime Cool Black, Pearl Burgundy Red, Pearl Radiant Red dan Brave Kakhi. Jika dilihat dari warna di atas, pilihan warna yang ada pada Ertiga jauh lebih banyak dibanding XL7 yang hanya terdiri dari 4 warna yang ditawarkan. 

Eksterior Beda Jauh

Secara tampilan, tentu Suzuki Ertiga dan XL7 punya tampilan yang berbeda jauh. Jika dilihat dari bagian depan, Ertiga memiliki wajah depan dengan gril krom horizontal. Sedangkan XL7 menggunakan gril dengan paduan warna hitam doff dan krom dengan lubang. Desain XL7 ini lebih disebut sebagai muscular krom. Bagian bumper depan Ertiga terlihat lebih kalem dan elegan dengan adanya lampu kabut pada dua varian tertingginya.

Test Drive All New Ertiga
Suzuki Indonesia menggelar media test drive All New Ertiga di Bali (Z)

Sedangkan XL7 bumper dengan aksen doff dan silver yang lebih menegaskan kesan tangguh sebuah SUV. Lampu depannya berbeda. Jika Ertiga memakai projector, lain halnya dengan XL7 yang hanya dibekali penerangan LED yang disertai dengan DRL. Lampu LED ini tentunya sudah disematkan auto on, sehingga tak perlu lagi ada alasan lupa menyalakan lampu saat malam hari.

Bagian bawah bumper XL7 juga diisi dengan lampu kabut sebagai alat bantu penerangan di kala malam hari. Beralih ke bagian samping. Suzuki Ertiga punya spion dengan warna cat yang senada dengan bodi. Bedanya, XL7 menggunakan spion dengan warna hitam metallik yang memberi kesan kuat dan tangguh. Soal ukuran, baik Ertiga dan XL7 mengguanakan spion yang sama alias tak ada perbedaan berarti antara keduanya.

Suzuki XL7 resmi meluncur di Indonesia. Foto: Carmudi/Dimas)

Perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga yang jelas terlihat adalah adanya hood side slit pada sisi ujung samping kap mesin XL7. Hood side slit ini berwarna hitam doff, dan menjadi aksesoris tambahan agar mobil terlihat lebih kokoh. Di bagian fender, XL7 juga memakai fender dengan bahan plastik hitam doff, berbeda dengan Ertiga yang memakai fender plastik dengan warna senada dengan bodi.

Warna hitam doff ini digunakan dari bagian depan hingga belakang. Perbedaan lain dari sisi samping ada di bagian atap. Pada XL7 atapnya dibuat dengan warna hitam dan ditambah dengan adanya roofrail berwarna silver. 

Velg Berbeda

Pilar black out ini hanya tersedia pada tipe Alpha, atau tipe tertingginya. Bagian velg antara kedua mobil tersebut tentunya berbeda. Pada Ertiga, velgnya memakai model two tone motif bilah pisau berukuran 15 inci. Sedangkan pada XL7 velgnya memakai model desain baru berwarna silver dengan ukuran 16 inci. 

Bagian Belakang Berbeda

Selain bagian depan dan samping, ternyata bagian belakang antara Suzuki XL7 dan Suzuki Ertiga ini beda banget lho. Kita mulai bahas bagian belakangnya ya. Bagian belakang Suzuki Ertiga yang kelihatan seperti layaknya mobil keluarga yang banyak di jalan. Bisa dibilang bagian yang sama dari tampilan belakangnya ini hanya bagian lampu belakang dan lampu rem yang ada di atasnya saja. 

Sisanya, bumper dan aksesoris yang digunakan beda banget. Kalau Ertiga punya desain bumper dengan mata kucing berwarna merah dengan penempatan horizontal, XL7 punya mata kucing ini dengan penempatan vertikal. Pada Ertiga, bagian bumper belakang menggunakan cat sewarna bodi sepenuhnya.

Sedangkan pada XL7 dibubuhi dengan aksen hitam doff sebagai penegas kesan tangguh dari SUV. Bagian hitam doff dengan plastik ini terdapat di bagian bawah bumper, sama seperti yang digunakan pada bagian depan dan samping dari Ertiga. Oiya, jangan lupakan satu hal ini nih.

Yakni, Ertiga tidak dibekali dengan fitur kamera mundur hanya saja diberikan harness alias kabel untuk pemasangan kamera mundur. Jadi kalau mau pasang kamera mundur hanya perlu disambungkan saja, plug n play. Sebaliknya nih, XL7 malah udah dibekali dengan kamera mundur. So, lebih lengkap si XL7 ini ya.

Interior Berbeda

Bisa dibilang bagian interior hampir semua bagian sama persis antara Ertiga dan XL7. Tapi, ada dua hal yang membedakan antara interior keduanya. Interior Suzuki Ertiga memakai aksen kayu pada bagian dasbor dan doortrimnya. Sedangkan XL7 memakai aksen berwarna piano black di bagian dasbor dan doortrimnya.

Interior Suzuki XL7
Interior Suzuki XL7

Selain itu, motif jok keduanya pun berbeda. Kalau Ertiga memakai motif jok bergaris seperti zebra pada bahan fabricnya. Sedangkan XL7 memakai motif jok model bergaris pada bahan fabricnya. Sisanya, hampir tak ada perbedaan di bagian interior yang cukup mendasar. Hal ini karena pemakaian platform yang sama antara Ertiga dan XL7. Kalau suka aksen kayu boleh lah pilih Ertiga. Tapi kalau suka piano black, tentu pilih XL7. 

BCM dan ECU Berbeda

Selain hal di atas, ada lagi perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga lainnya. Adalah Body Control Module dan Electronic Control Unit. BCM dan ECU antara kedua mobil tersebut sangatlah berbeda. Suzuki XL7 menggunakan BCM dan ECU yang dikhususkan, sehingga dipastikan berbeda dengan milik Ertiga. Jadi, misal punya XL7 dan terkena banjir ECU yang harus diganti harus pakai XL7 ya, bukan Ertiga. 

Fitur Beda Nggak?

Mungkin banyak yang bertanya, fitur antara Suzuki Ertiga dan XL7 berbeda nggak sih? Bisa dibilang Suzuki Ertiga dan Suzuki XL7 berbagi fitur dengan adil. Hanya saja, ada satu fitur pembeda yang lebih menonjol pada XL7. XL7 memiliki fitur Smart E-Mirror yang ada pada varian tertinggi, Alpha. 

Lulus Uji Tabrak, All New Suzuki Ertiga Hanya Dapat 4 Bintang (Foto: Paultan)

Fitur ini merupakan kamera yang bisa merekam area yang ada di bagian depan dan belakang dari mobil. Penempatan fitur ini berada di spion tengah untuk memudahkan akses pengemudi. Fitur ini jelas sangat membantu pandangan ke belakang tanpa terhalang kepala penumpang. Menariknya lagi, fitur ini juga bisa digunakan layaknya sebuah dashboard camera (dashcam). 

Mesin

Soal mesin, baik Ertiga, XL7 dan Suzuki Jimny pun memakai mesin yang sama. Mesin yang digunakan kedua mobil ini berkapasitas 1.462 cc, 4 silinder, DOHC, VVT berpenggerak roda depan. Mesin berkode K15B ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 103 hp dengan torsi maksimal mencapai 138 Nm. Jadi, soal mesin antara kedua mobil ini benar-benar tidak ada perbedaan. Alias sama persis dan bisa saling berbagi komponen tentunya. 

All New Ertiga Support
All New Ertiga Support dilengkapi fitur ramah penyandang disabilitas

Harga

Soal harga, ini jelas menjadi pembeda yang cukup signifikan. Kita mulai bahas harga dari Suzuki Ertiga dulu ya. Suzuki Ertiga ditawarkan dengan harga terendah Rp207 juta tipe GA transmisi manual. Lalu ada tipe GL transmisi manual seharga Rp226,5 juta, GL transmisi otomatis Rp237 juta. Di atasnya terdapat tipe GX transmisi manual seharga Rp240,5 juta dan GX transmisi otomatis seharga Rp251 juta.

Sedangkan Suzuki XL7 punya harga terendah Rp232 juta tipe Zeta transmisi manual. Sedangkan Zeta transmisi otomatis Rp242,5 juta, Beta transmisi manual Rp248,5 juta dan Beta transmisi otomatis seharga Rp259 juta. Di atasnya terdapat tipe Alpha transmisi manual seharga Rp258,5 juta dan Alpha transmisi otomatis seharga Rp269 juta.

suzuki ertiga buatan Indonesia
All New Ertiga menjadi salah satu produk unggulan PT SIS di GIIAS 2018 (Z)

Harga tersebut tentunya dapat berbeda-beda antar daerah, dan bisa berubah-ubah sewaktu-waktu. Jika dilihat dari harga, XL7 harga terendah punya selisih cukup jauh dengan Ertiga tipe terendah. Sedangkan dengan tipe tertinggi selisihnya mencapai Rp18 juta antara XL7 tipe tertinggi dan Ertiga tipe tertinggi. 

Nah, itu tadi perbedaan Suzuki XL7 dengan Ertiga yang bisa kamu ketahui. Beberapa perbedaan ini terkadang kurang diketahui oleh penggunanya maupun calon konsumen antara XL7 dan Ertiga. Dari kedua mobil tersebut, mana yang menjadi model yang paling kamu suka? 

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Masalah Klasik di Honda Mobilio, Suka Bikin Risih
Test drive New Daihatsu Sigra di Bandung, Jawa Barat.
Next post
Kabar Baik! Distribusi Mobil Baru Daihatsu ke Diler Meningkat Tajam