BeritaMobilSumber informasi

Perbedaan Signifikan Almaz dengan Wuling SUV yang Ada di GIIAS 2018

Wuling Almaz (Foto: Santo/Carmudi)

Bogor – Wuling Motors sempat memajang sebuah mobil yang diberi nama Wuling SUV di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Mobil Sport Utility Vehicle (SUV) ini berbasis Baojun 530. Di samping sebagai ajang memperkenalkan mobil SUV ke pengunjung, di saat yang sama Wuling Motors juga melakukan survei untuk memahami kebutuhan dan keinginan setiap pelanggan.

Tidak sampai satu tahun Wuling Motors akhirnya memperkenalkan mobil SUV pertamanya dengan nama Almaz. Sekilas tampang luar Wuling Almaz tidak jauh berbeda dengan mobil SUV yang dipajang di GIIAS.

“Sebenarnya yang kami tunjukan di GIIAS itu untuk memberikan gambaran saja. Tapi itu kan (Wuling SUV) bukan benar-benar yang persis bakal di jual di sini. Bisa di lihat stlyenya seperti apa, lalu interior dan kalau kami boleh dibilang sama persis enggak beda dengan Wuling SUV,” ujar Taufik S Arief, Direktur Aftersales PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia (Wuling Motors), di sela peluncuran Wuling Almaz, di Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/1).

Namun bila diperhatikan secara detail, sebenarnya ada perubahan siginifikan yang terjadi antara Wuling SUV dengan Almaz.

“Pada intinya mungkin ada beberapa item yang berbeda, seperti head unit. Sebenarnya kami lakukan perubahan lebih untuk memenuhi bagaimana arus teknologi yang ada saat ini,” terang Taufik.

Sebagai informasi, head unit yang ada di Wuling Almaz berukuran 10,4 inch. Sedangkan pada Wuling SUV, head unitnya tidak besar diperkirakan ukurannya 7 atau 8 inch dan mengantung di dashboard.

Interior Wuling Almaz (Foto: Sano/Carmudi)

Komponen Lokal Wuling Almaz

Wuling Almaz diproduksi di pabrik Wuling Motors yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC) Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, bersama dengan Confero, Cortez, dan Formo. Mengikuti jejak pendahulunya, Wuling Almaz sudah menggunakan komponen lokal. Hanya saja jumlahnya tidak terlalu banyak. Namun pabrikan mobil asal China itu akan berusaha untuk meningkatkan penggunaan komponen lokal sama seperti model sebelumnya yang sudah mencapai 60 persen.

“Memang untuk sekarang angkanya masih 40 persen, tetapi akan terus bertambah,” papar Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors pada kesempatan yang sama.

Untuk diketahui Wuling Almaz merupakan produk ke tiga Wuling Motors di Indonesia. Nama Almaz sendiri berasal dari Bahasa Arab yang memiliki definisi ‘berlian’. Berlian mengandung filosofi ‘stylish, tough, and precious’. Kemudian, tagline dari produk SUV Wuling ini adalah ‘Drive Unlimited Way’ yang menonjolkan konsep Smart & Technology SUV dan mempunyai keunggulan seperti Smart Multimedia, mesin turbo yang bertenaga, serta teknologi CVT terkini.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts