Berita

Selain Toyota Kijang Innova Hybrid, Fortuner Terbaru Juga Meluncur 2022

Jakarta – Beredar rumor Toyota tengah mempersiapkan Fortuner terbaru yang diperkirakan meluncur 2022. Di tahun yang sama pula, Toyota juga meluncurkan Kijang Innova Hybrid.

Sebagaimana diberitakan Gaadiwaadi, Jumat (30/7/2021), Toyota Fortuner generasi terbaru diperkirakan akan datang dengan berbagai ubahan, baik di sektor eksterior maupun interior.

Toyota Fortuner 2022

Toyota Fortuner Facelift (Foto: Paultan)

Sejauh ini belum diketahui pasti spesifikasi lengkapnya, tapi ada dugaan bahwa Toyota Fortuner model 2022 mendapatkan sejumlah fitur terkini, seperti Electric Power Steering (ESP) baru untuk pengalaman berkendara yang lebih baik lagi.

Selain itu, terdapat head unit layar sentuh berukuran lebih besar, Vehicle Stability Control (VSC), sunroof, dan lain-lain.

Diperkirakan, Toyota Fortuner 2022 juga akan menggendong mesin diesel baru bersanding dengan teknologi hybrid.

Terkait rangka, Yoshiki Konishi, selaku Chief Engineer Toyota Motor Corporation pernah menyebutkan bahwa rangka model tangga (ladder frame) masih akan menjadi bagian dari Fortuner genarasi terbaru.

Mesin GD Hybrid

April lalu muncul kabar bahwa Toyota sedang mengembangkan mesin diesel hybrid berkode GD Hybrid. Diduga mesin baru tersebut dibuat khusus untuk Fortuner generasi selanjutnya.

Toyota Fortuner 2022

Toyota Fortuner (Foto: TAM)

Dugaan tersebut mengacu pada pernyataan Konishi yang menyebutkan bahwa, Toyota Fortuner akan mengalami banyak perubahan ketimbang generasi sebelumnya, termasuk ada varian baru yang sudah dibekali teknologi hybrid.

Pengembangan mesin GD Hybrid bisa dikatakan kabar yang sangat luar biasa. Mengingat saat ini Toyota hanya memiliki mesin bensin berteknologi hybrid yang dipasangkan ke beberapa model seperti Prius.

Toyota Kijang Innova Hybrid

Tak cuma Fortuner tarbaru saja, Toyota Kijang Innova Hybrid juga tengah disiapkan untuk diluncurkan tahun depan.

Kehadiran Kijang Innova Hybrid bukan sebatas isapan jempol belaka. Sebab, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam presentasinya di seminar online baru-baru ini memuat bila mobil keluarga itu bakal meluncur 2022 di Indonesia.

Toyota Kijang Innova Hybrid

Pabrik Perakitan Mobil Toyota (Foto: TMMIN)

Dapat dipastikan Kijang Innova Hybrid akan diproduksi lokal di pabrik milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat.

Saat ini TMMIN tengah mempersiapkan fasilitas baru di pabrik supaya dapat memproduksi mobil hybrid.

Sejauh ini, pihak TMMIN sendiri belum mau membeberkan secara gambang mobil hybrid apa yang akan diproduksi pertama kali di sana.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts