Home » Berita » Komitmen Tingkatkan Pelayanan ke Konsumen, Mitsubishi Gelar Kontes Tenaga Diler

Komitmen Tingkatkan Pelayanan ke Konsumen, Mitsubishi Gelar Kontes Tenaga Diler

Komitmen Tingkatkan Pelayanan ke Konsumen, Mitsubishi Gelar Kontes Tenaga Diler
Mitsubishi Gelar Kontes Tenaga Diler (Foto: MMKSI)

Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), Agen Pemegang Merek (APM) mobil Mitsubishi tidak hanya fokus membawa dan menjual kendaraan saja tapi juga mementingkan kualitas pelayanan ke konsumen di Indonesia. Untuk itu, MMKSI pun menyelenggarakan program National Contest untuk Sumber Daya Manusia (SDM) diler di seluruh Indonesia.

Lewat program ini, PT MMKSI melakukan seleksi sekaligus menguji keterampilan yang dimiliki oleh tenaga diler mobil Mitsubishi. Kontes ini menguji kemampuan tenaga diler Mitsubishi Motors yang meliputi unsur layanan di area Sales, After Sales, dan Customer Satisfaction.

Setelah melakukan proses yang cukup panjang, MMKSI menyimpulkan siapa-siapa saja yang berhak memperoleh penghargaan kepada tenaga diler yang berprestasi. Seremonial pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan dilakukan pada Selasa, 17 Desember 2019 lalu di acara “Awarding Ceremony – National Contest”.

Dengan adanya program ini diharapkan dapat mendorong tenaga diler Mitsubishi Motors di berbagai daerah di Indonesia. Mereka diharapkan mampu berlomba-lomba memperbaiki kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

“Tahun ini Mitsubishi Motors berhasil meraih penghargaan peringkat tertinggi CSI, SSI, dan IQS dari J.D. Power. Hal ini merupakan bukti keseriusan kami dalam menjaga kualitas produk dan layanan Mitsubishi Motors di Indonesia. Program National Contest yang kami selenggarakan setiap tahunnya, menjadi salah satu langkah konkret untuk memotivasi seluruh personil diler dalam memberikan pelayanan terbaik guna mencapai kepuasan pelanggan. Baik dari aspek penjualan maupun purnajual, atau dari level operasional hingga manajerial. Kami tidak hanya sekadar menghadirkan jajaran produk unggulan dengan kualitas, performa, dan teknologi yang disematkan, tetapi juga layanan prima yang berorientasikan kepuasan pelanggan,” ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI dalam keterangan resminya.

Beragam kategori yang dilombakan pada program National Contest ini ialah sebagai berikut:

  1. Sales Appraisal Program

Pada kategori ini ada beragam poin-poin evaluasi yang menjadi sorotan. Meliputi produktivitas penjualan seorang Sales Force yang didukung oleh pengetahuan produk yang baik, kemampuan berkomunikasi dalam menjelaskan produk, serta kualitas pelayanan yang maksimal kepada seluruh pelanggan Mitsubishi Motors.

Pada level Sales Supervisor dan Sales Manajer, aspek evaluasi lebih ditekankan pada kepemimpinan di dalam tim (team leadership) serta pencapaian target penjualan (target achievement).

  1. After Sales Contest

Pada kategori after sales dibagi menjadi empat kategori, Technician Contest, Service Advisor Contest, Periodical Maintenance Contest dan After Sales Manajer Contest.

Nilai yang dievaluasi pada kontes after sales ini juga dibagi menurut tugas masing-masing. Dalam Technician Contest, teknisi harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menangani perbaikan kendaraan penumpang pada diler. Selain itu teknisi juga mampu menangani permasalahan yang ada dengan cepat dan sesuai dengan prosedur workshop manual yang ada. Tidak hanya itu, teknisi juga harus mampu menggunakan alat ukur dan “MUT III” yang merupakan mesin scanner yang tersedia di diler resmi Mitsubishi Motors.

Sedangkan pada Service Advisor Contest, seorang service advisor harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses penerimaan hingga penyerahan kendaraan saat pelanggan melakukan servis di diler.

Komitmen Tingkatkan Pelayanan ke Konsumen, Mitsubishi Gelar Kontes Tenaga Diler
Mitsubishi Gelar Kontes Tenaga Diler (Foto: MMKSI)

Dalam kontes Periodical Maintenance, peserta harus memiliki keterampilan dan kemampuan dalam melakukan proses perawatan berkala pada kendaraan penumpang yang sesuai dengan service booklet, flat rate, dan workshop manual. Terakhir, After Sales Manajer Contest, seorang Manajer After Sales harus mampu membuat suatu perbaikan (improvement) berkaitan dengan bidang kerja service, spare part atau kepuasan pelanggan.

  1. Dealer PDCA Contest

Dealer PDCA Contest mengusung konsep kaizen/PDCA (Plan-Do-Check-Action), yaitu perbaikan terus-menerus di area yang bersentuhan dengan customer satisfaction berdasarkan situasi aktual yang ada di diler. Sama dengan konsep kaizen pada umumnya, kaizen dalam kontes ini mencakup nilai perbaikan berkesinambungan dan melibatkan elemen SDM lainnya, mulai dari level operasional hingga manajemen.

Dalam kontes ini, CSO harus mampu menganalisa celah yang dapat diperbaiki berdasarkan observasi situasi aktual pada diler dan data-data yang tersedia termasuk suara pelanggan. Setelah itu membuat dan menjalankan rencana perbaikan di diler kemudian mengevaluasi hasil perbaikan yang sudah dijalankan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Intip Rahasia di Balik Kerja Sama Volvo Group dan Isuzu Motors

Unik, Nissan Dandani Mobil Listrik Leaf Jadi Pohon Natal Berjalan
Previous post
Unik, Nissan Dandani Mobil Listrik Leaf Jadi Pohon Natal Berjalan
Varian Wuling Almaz
Next post
Wuling Almaz, SUV Buatan Cikarang yang Mendunia