Berita

Sempat Ditunda, Nissan Leaf Siap Meluncur di Indonesia Dalam Waktu Dekat

Jakarta –Nissan Leaf yang sedianya meluncur di Indonesia pada 2020 terpaksa ditunda, salah satu alasannya karena pandemi Covid-19. Hingga kini wabah Covid-19 belum juga menunjukkan tanda-tanda mereda, tapi niat PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) untuk mendatangkan mobil listrik Leaf masih tetap ada.

Berdasarkan informasi terbaru yang Carmudi dapat dari akun Instagram resmi milik Nissan Indonesia, nampaknya kehadiran Leaf tidak akan lama lagi.

Nissan Leaf Meluncur

Nissan Leaf segera meluncur (Foto: Instagram/Nissan Indonesia0

Dalam unggahan terbarunya itu, Nissan Indonesia memperlihatkan satu buah foto siluet bagian belakang mobil. Dari gambar tersebut terlihat jelas emblem Leaf di sebelah kiri dan Zero Emission di kanan mobil.

Selain itu, terdapat pula caption sebagai pelengkap foto tanpa menyebutkan secara gamblang nama dari mobil ramah lingkungan yang segera dihadirkan.

“Nissan Lovers, bersiaplah untuk kehadiran produk terbaru Nissan di Indonesia yang akan memberikan rasa baru berkendara ramah lingkungan. Menjadi partner berkendara dengan teknologi mutakhir dari masa depan yang siap menemani Anda,” demikian tulis akun tersebut.

Mobil listrik Nissan Leaf tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Salah satu mobil listrik terlaris di dunia ini pernah dipamerkan di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) pada September 2019 di Jakarta.

Selain pernah dipamerkan, Nissan Leaf juga sering terlihat di acara-acara yang bertemakan kendaraan ramah lingkungan.

Bahkan, nama Nissan Leaf telah terdaftar di surat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 8 Tahun 2020 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Nissan Leaf Meluncur

Mobil listrik Nissan Leaf akan meluncur sebentar lagi di Indonesia (Foto: Carmudi/Santo)

Dari situ pula diketahui Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Leaf seharga Rp529 Juta.

Sebagai informasi, NJKB bukan patokan harga jual kendaraan. Untuk menjadi harga on the road (OTR) ada beberapa komponen pajak yang nantinya akan ditambahkan.

Spesifikasi Nissan leaf Masih Rahasia

Sejauh ini, spesifikasi lengkap dari Nissan Leaf yang akan di pasarkan di Indonesia masih dirahasiakan. Namun, dapat dipastikan bahwa, mobil ini akan dibekali dengan teknologi terdepan yang mampu memberikan pengalaman berkendara menyenangkan dan lebih percaya diri.

Salah satu teknologi yang paling diandalkan yaitu e-Pedal. Lewat teknologi satu ini memungkinkan pengemudi melakukan akselerasi dan deselerasi hanya menggunakan satu pedal saja.

Pengembangan Kendaraan Listrik

Nissan dukung pemerintah terkait pengembangan kendaraan listrik (Foto: NMI)

Di sisi lain, performa dari Nissan leaf diklaim setara dengan mesin berkapasitas 2.000cc turbo yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal sekuat 150 hp. Akselerasinya dari posisi diam sampai 100 km.jam hanya 7,9 detik.

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts