BeritaMobilSumber informasi

Kesiapan Indonesia Menggunakan Euro 4

Jakarta – Perkembangan industri otomotif di Tanah Air terus berkembang pesat, baik dari sisi produksi maupun teknologi. Namun siapkah Indonesia menuju EURO 4.

Bahkan di Indonesia pada 2016 sendiri kurang lebih 8 mobil baru telah muncul, dengan inovasi teknologi baik untuk kenyamanan baik keamanan.

Pertanyaannya apakah pemerintah sudah siap melakukan trobosan dengan membuat standarisasi Euro 4? Pasalnya Indonesia sudah jauh tertinggal dibanding negara di Asia Tenggara.

Seperti diketahui, Indonesia yang masih menggunakan Euro II. Sementara Thailand dan Malaysia sudah Euro 4, sedangkan Singapura Euro V.

Ditemui saat presentasi dengan tema “Antara Harga dan Kualitas BBM: Masih Manipulatif?” di Gedung Sarinah Tamrin, Ahmad Safrudin selaku Direktur Eksekutif KPBB mengungkapkan kalau Indonesia sudah standarisasi Euro 4.

“Seharusnya kita sudah bisa mengadopsi standarisasi Euro 4 pada tahun ini. Karena dari segi teknologi perotomotifan, kita tidak kalah dengan negara-negara tetangga kita” ungkapnya, di Jakarta (30/12).

 

Euro 4

Kapan Kita Bisa Menuju Euro 4?

Hingga saat ini para pabrikan global telah berlomba-lomba membuat mesin pembakaran internal agar bisa memenuhi spesifikasi Euro yang terus mengetat.

Saat Carmudi Indonesia menanyakan kapan kita bisa menuju Euro 4, di 2017 atau masih 5 tahun lagi? Ahmad mengungkapkan kalau seharusnya hal ini bisa dilakukan tahun ini (2017).

“Seharusnya tidak perlu menunggu lama lagi, Pemerintah seharusnya mengambil langkah cepat. Karena Indonesia masih masuk peringkat 10 sebagai penghasil karbon terbesar di Dunia,” ujarnya.

Seperti diketahui mobil-mobil di belahan dunia lain sudah berteknologi tinggi. Sangat rendah emisi, rendah konsumsi BBM, dengan performa kendaraan yang jauh lebih baik.

Kualitas BBM-lah yang akan membawa kita pada teknologi kendaraan yang lebih modern dan lebih ramah lingkungan. Bagimana tanggapan Carmudian melihat hal tersebut?

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts