Berita Mobil Sumber informasi

Xpander ‘Naik Daun’ Mitsubishi Tidak Pasang Target ‘Wah’

Xpander

Display Mitsubishi Xpander di Palembang Icon Mall mencuri perhatian pengunjung (Carmudi Indonesia/Zie)

Palembang – Siapapun tak bisa menampik kalau Small MPV Mitsubishi Xpander sedang menjadi buah bibir masyarakat pecinta otomotif.

Gaya desainnya yang beda dibanding MPV lainnya membuat banyak yang kepincut mau punya Mitsubishi Xpander. Apalagi soal harganya yang boleh dibilang sangat kompetitif.

Menyadari produknya ‘naik daun’, tidak lantas menjadikan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ‘jumawa’ lantas pasang target setinggi langit.

“Untuk sementara kita hanya targetkan penjualan sekitar 20 persen. Angka tersebut sudah cukup merepresentasikan target penjualan kita secara nasional,” papar Irwan Kuncoro (Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI) di Palembang, Rabu (30/8).

MMKSI cukup sadar bahwa tidak mudah memasarkan sebuah produk baru yang masuk di segmen dengan tingkat persaingan paling ketat.

Apalagi tren saat ini, segmen Small MPV sedang lesu-lesunya dihantam LCGC atau mobil murah, dimana Mitsubishi absen di segmen tersebut.

“Target tersebut jelas bergantung dari kondisi pertumbuhan di segmen Small MPV itu sendiri. Meski jadi segmen terbesar, tapi trennya saat ini lagi mengecil. Yang lagi tren adalah segmen LCGC,” tambah Iwan.

Tapi secara nasional, Small MPV masih memberi kontribusi terbesar, mencapai 30 persen dari total penjualan kendaraan di seluruh Indonesia.

Menghadapi kondisi ini, Iwan mengakui satu-satunya strategi jitu adalah mengembangkan teknik penjualan serta fokus pada penambahan jaringan di berbagai kota di Indonesia.

“Jadi tentu kita tidak cukup hanya dengan produk bagus saja. Disini kami sebagai challenger (penantang), masih butuh banyak hal yang harus diperkuat, utamanya dari sisi brand image. Mitsubishi selama ini brand image-nya sangat baik di segmen komersial, ini saatnya kita perkuat brand image di di segmen passenger,” lanjutnya.

Termasuk kepuasan pelanggan juga harus jadi fokus Mitsubishi. Pelayanan, customer satisfaction dan brand image mesti di develop sama-sama.

Palembang Target Jual Mitsubishi Xpander 84 Unit/Bulan

Sumatera Selatan menjadi salah satu pasar strategis penjualan Mitsubishi Xpander.

Khusus di kota yang terkenal dengan makanan khas Pempek ini, Xpander punya penjualan terbesar kedua setelah Medan.

“SPK di Palembang sampai 28 Agustus kemarin sudah mencapai 426 unit,” ucap Heru Sunaryo, Head of Sales & Marketing Sumatera Section PT MMKSI.

Meski hanya didukung oleh 3 jaringan diler di Palembang, namun ia yakin bisa menjual Mitsubishi Xpander sesuai target yang ditetapkan.

“Palembang merupakan pasar yang cukup bagus, itu mengapa kami menyasar kesini. Targetnya kita bisa jualan 84 unit Xpander setiap bulannya,” pungkas Heru Sunaryo. (Zie)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts