Sepeda motor

Spesifikasi Quest Motors Atom Alpha, Punya Fitur NFC dan Live Track

Jakarta – Sepeda motor listrik pertama besutan Quest Motors memiliki spesifikasi yang terbilang sangat spesial, karena kaya fitur dan punya garansi.

Beberapa fitur yang cukup menggoda, di antaranya Near Field Communication (NFC), Internet of Things (IoT) dengan jaringan 4G, WiFi, Bluetooth, dan Quest App.

“Kita buat motor ini dengan kunci keyless, ada NFC seperti Tesla Model 3, IoT 4G untuk live track supaya bisa melihat history perjalanan sepeda motor, dan bisa update ke software motor listrik melalui Cloud,” terang Niko Questera, Founder Quest Motors, kepada Carmudi belum lama ini.

quest motors, motor listrik lokal

Dari segi desain, sepeda motor ramah lingkungan ini terinspirasi dari Honda Monkey.

Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak spesifikasi dari Quest Motors Atom Alpha

Spesifikasi Quest Motors Atom Alpha

Secara dimensi, sepeda motor ini memiliki panjang 1.300 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.030 mm. Ukuran ini tentunya cukup kompak dan simpel, sehingga mudah dibawa kemana-mana, bahkan bisa dimaksukkan ke bagasi mobil.

Pelek yang dipakai berdiameter 10 inci dengan lebar 3 inci. Peleknya dibalut ban lansiran Maxxis R1 berukuran 90/90 untuk roda depan dan belakang.

Quest Motors Atom Alpha hadir dalam 3 tipe, seperti Lite, Play, dan Pro.

Tipe Lite dibekali dengan baterai Lithium 21.700 berkapasitas 240 Wh yang bisa digunakan beraktifitas dengan jarak tempuh sekira 8 km. Lite merupakan tipe terendah dengan waktu pengecasan 2,5 jam. Berat keseluruhan dari Lite sekira 32 kg.

Kemudian satu tipe di atasnya, yaitu Play yang hadir dengan baterai Lithium 21.700 dengan kapasitas 480 Wh.

spesifikasi quest motors atom alpha

Waktu pengecasan tipe Play hanya 2 jam dan mampu menempuh jarak hingga 16 km dalam kondisi baterai terisi penuh. Bobot tipe Play mencapai 34 kg.

Selanjutnya ada Quest Motors Atom Alpha Pro yang menjadi tipe tertinggi. Sepeda motor berbobot 38 kg ini dibekali baterai Lithium 21.700 dengan kapasitas 720 Wh yang mampu menempuh jarak hingga 24 km dalam 1 kali pengecasan.

Sistem Keamanan

Ketiganya telah dibekali sistem keamanan, sehingga pengguna tak perlu merasa khawatir ketika hendak meninggalkannya di area parkir.

“Sistem keeamanan yang yang dimiliki ketiganya berbeda. Lite dan Play memakai sistem NFC Tap Card. Kalau Pro memakai NFC yang jadi satu dengan Wristwatch,” sambung pria yang pernah bekerja di Tesla ini.

Meski berukuran kecil, sepeda motor tanpa bahan bakar minyak ini bisa melesat hingga 30 km/jam, dan jika ingin dimaksimalkan masih bisa di-setting di kecepatan 60 km/jam.

Agar pengeremannya maksimal, Atom Alpha dibekali rem cakram di roda depan. Sementara di bagian belakang menggunakan model tromol layaknya sepeda motor yang dijual di pasaran.

Fitur Keren dan Garansi

Sekilas Quest Motors Atom Alpha terlihat biasa saja. Tetapi jika dilihat lebih dalam lagi, sepeda motor hasil karya anak bangsa ini rupanya sudah dijejali beragam fitur modern.

Ketiga tipe dibekali dengan fitur layaknya sebuah gawai kekinian.

“Pemilik bisa melihat running remote health check, live location tracking. Bahkan untuk software update pun bisa langsung diunduh seperti handphone pada umumnya,” jelas Niko.

quest motors, motor listrik lokal

Sepeda motor listrik dengan BLDC Motor Controller ini juga punya garansi. “Garansi itu 5 tahun untuk chasisnya. Untuk baterai kita juga ada garansi selama 1 tahun dan gratis home service checkup selama 2 kali dan 1 kali penggantian kampas rem dalam 1 tahun pemakaian setelah dibeli,” lanjutnya.

Atom Alpha dijual dengan harga Rp9 juta untuk tipe Lite, Rp13,9 juta tipe Play, dan Rp15,9 juta untuk tipe Pro.

Khusus tipe Lite sudah ludes terjual, karena jumlah yang diproduksi terbatas.

“Sekarang yang tersedia itu tipe Play dan Pro. Mereka yang pesan batch pertama akan dikirimkan unitnya pada September 2021 nanti,” tutupnya.

Berikut spesifikasi lengkap Quest Motors Atom Alpha;

Spesifikasi motor listrik Quest Motors Atom Alpha

Lite

Play

Pro

Harga Rp9 jutaRp13,9 jutaRp15,9 juta
Jarak tempuh8 km16 km 24 km
Tipe charger2 A4 A4 A
Durasi pengecasan2,5 jam2 jam3,5 jam
Kapasitas baterai240 Wh480 Wh720 Wh
bobot32 kg34 kg38 kg
Sistem pengunciNFC tap cardNFC tap cardNFC wristwatch
Kecepatan maksimum

Maksimal 30 km/jam, namun bisa di set hingga 60 km/jam

Wheelbase

890 mm

Rem

Cakram di depan, tromol di belakang

Ground clearance

104 mm

Konektifitas

WiFi, Bluetooth, Quest App, IoT 4G

Motor

BLDC 1kW type hub

Pilihan warna

Hitam

Fitur

Lampu depan, lampu rem belakang, keranjang depan, kunci keyless, baterai health check, live location tracking, real-time notification of vehicle status, over the air (OTA) software updates with smarter

Garansi 5 tahun untuk chasis, 1 tahun untuk baterai. Gratis home service pick up 2x dan penggantian kampas rem selama 1 tahun pemakaian

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts