Home » Sepeda motor » Spesifikasi Suzuki Satria F150 Terbaru, Modal Injeksi Bikin Larinya Makin Kencang

Spesifikasi Suzuki Satria F150 Terbaru, Modal Injeksi Bikin Larinya Makin Kencang

Suzuki Satria F150 terbaru punya spesifikasi jempolan sebagai bebek underbone

Jakarta – Kiprah Suzuki di roda dua memang tidak segencar merek-merek asal Jepang lainnya. Namun demikian, pabrikan berlogo huruf S ini senantiasa menghadirkan produk-produk yang fenomenal, salah satunya Suzuki Satria. Melihat dari spesifikasi, Suzuki Satria F150 terbaru memiliki performa di atas rata-rata motor bebek ‘pekgoan’ lainnya.

Suzuki All New Satria F150 terlahir dari berbagai penelitian dan pengembangan yang panjang. Motor dengan gaya ayam jago (ayago) ini dipersepsikan sebagai legenda kecepatan di kalangan anak muda. Pada versi terbaru, Satria F150 telah mengusung teknologi injeksi yang lebih ramah lingkungan namun tidak mengorbankan performa.

All New Satria F150 sudah tidak diragukan lagi kiprahnya sebagai motor yang cocok untuk generasi muda. Desainnya yang ramping memberikan kedinamisan dan kemudahan berkendara setiap saat. Berbekal mesin berkapasitas 150cc Double Over Head Camshaft (DOHC), Satria F150 sanggup memberikan tenaga besar dan akselerasi yang kuat.

Memang, Suzuki Satria bukanlah pelopor motor dengan desain ayam jago. Sebelumnya, Honda sempat memperkenalkan Sonic dan Yamaha juga memiliki Tiara dengan mesin 125 cc 2-tak. Namun, Satria F150 lah yang sukses memikat kalangan anak muda dan menjadi pemain tunggal di kelas bebek sport saat itu.

All New Satria F150 kini tampil makin futuristik dan sporty dengan desain bodi yang aerodinamis. Motor ini masih mempertahankan beberapa keunggulan absolutnya seperti mesin 150 cc DOHC dan transmisi manual 6-percepatan.

Pada generasi kedua Satria F150 sudah didukung instrument cluster speedometer yang lengkap dan full digital. Speedometer-nya bisa memberikan informasi kondisi kendaraan dengan sangat baik dan mudah dibaca oleh pengendara. Berbagai inovasi ini merupakan jawaban Suzuki Indonesia yang berbenah karena pergerakan Yamaha dengan MX King dan Honda yang merilis Sonic disusul Supra GTR 150.

Ubahan di All New Suzuki Satria F150

Suzuki pun membangun Satria F150 FI dengan kekuatan terbaik, generasi baru ‘Si Ayam Jago’ Satria F150 ini hadir membawa tagline “Berani Diadu”. Tagline ini menunjukkan semangat Suzuki yang mempersiapkan Satria F150 dengan spesifikasi teknis mumpuni. Suzuki sudah menyematkan teknologi Fuel Injection untuk motor hyper-underbone andalannya.

Untuk menghasilkan performa yang gahar, maka Suzuki memakai Dual Spray Injector supaya menyalurkan bensin ke ruang bakar lebih baik. Saat itu, Chief Engineer All New Satria F150, Mitsuru Tachikawa berani mengatakan bahwa di kelasnya. Sasisnya memakai model twin spar seperti di motor sport namun dengan ukuran yang kompak dan bobot ringan.

Suzuki All New Satria F150
Model Suzuki All New Satria F150

Untuk membuatnya semakin digdaya, Suzuki Satria F150 generasi kedua didukung fitur modern terbaru, seperti konsol meter full digital, LED lamp, shuttered key, sasis baru, hingga komponen elektronik yang lebih mutakhir. Desainnya secara umum masih bergaya ayago tapi dengan sudut lebih kaku terutama di bagian batok lampu. Hasilnya, All New Satria 150 jadi mirip seperti tokoh di film Transformers.

Desain cover samping sudah menyerupai motor half fairing karena bentuknya memanjang hingga cover engine di bagian bawah. Untuk memunculkan kesan motor sport, maka di bagian belakang Suzuki mendesain sepatbornya dengan model yang bisa dilepas.

Handling Kian Mantap dan Posisi Berkendara Berubah

Suzuki Satria FU150
All New Suzuki Satria FU150 kini hadir dengan 5 warna baru pada varian standard (Carmudi Indonesia/Zie)

Secara spesifikasi, Satria F150 FI juga sudah dirancang untuk memberikan tingkat pengendalian yang lebih baik. Selain itu, posisi riding juga lebih dimaksimalkan agar tetap nyaman dan memberikan kontrol maksimal. Konon, Satria FUFI alias FU Fuel Injection ini lebih ‘slim’ ini sehingga membuatnya memiliki tingkat pengendalian dan handling yang lebih baik di kelasnya, bahkan jika dibandingkan dengan versi karburator.

Suzuki Satria F150 Injeksi ternyata punya dimensi paling ramping di kelasnya dengan panjang 1960 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 980 mm. Selain itu, bobot Suzuki Satria FU Injeksi yang cukup ringan, yakni 109 kg saja. Karena ukurannya yang kompak itulah, membuat Satria F150 sangat asik diajak bermanuver di jalan raya.

Suzuki Satria F150 Injeksi juga sudah mengadopsi rangka jenis Twin Spar yang memiliki bobot ringan namun lebih rigid. Sementara itu, suspensi belakang telah memakai jenis monoshock. Kombinasi ini membuat handling Satria FUFI lebih stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi atau berbelok miring.

Spesifikasi Mesin Suzuki Satria F150 Injeksi Lebih Nendang

Bagian mesin Suzuki Satria F150 diklaim menggunakan mesin yang benar-benar baru dan memiliki performa paling ganas di antara kompetitornya. Teknologinya kini sudah memakai sistem injeksi untuk asupan bahan bakar dan mengembangkan DOHC (Double Overhead Camshaft) 4-Valve Single Cylinder yang memang sudah menjadi identitas Satria F150 sejak generasi pertama.

Terdapat pembaruan valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar. Untuk pasokan bensin dan udara lebih oke, maka Suzuki membekalinya dengan throttle body berukuran 32 mm layaknya motor spek sirkuit. Teknologi SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) digunakan pada piston dan bagian dinding silinder mesin.

Suzuki All New Satria F150
Mesin Suzuki All New Satria F150

Karakter mesinnya overbore dengan rasio kompresi tinggi 11.5 :1. Dengan rancangan tersebut, mesin berkapasitas 147,3 cc milik Satria F150 mampu menghasilkan tenaga 13.6 kw/10,000 rpm dan torsi 13.8 Nm/8,500 rpm. Karakter tenaganya menurut penuturan pengguna Satria F150 generasi kedua, lebih galak di putaran atas.

Bebek Super dengan Fitur Modern

Pada tahun 2015-2016 lalu, hanya sedikit motor yang memakai speedometer dengan desain digital. All New Suzuki Satria F150 sejak awal hadir dengan digital speedometer yang informatif. Fitur lainnya juga tergolong canggih seperti misalnya 1-push electric starter.

Suzuki mengklaim bila pengguna starter elektrik ini hanya cukup sekali menekan tombol starter dan motor langsung menyala. Teknologi starter ini diadopsi langsung dari GSX-R1000. Selain itu, masih ada beberapa fitur keren lainnya yang dimiliki ayago andalan Suzuki ini.

Suzuki Satria F150 telah dibekali kunci dengan sistem alarm. Lebih lanjut, pengendara juga tidak perlu bingung saat kehabisan daya ponsel pasalnya motor ini sudah menyediakan USB Charger. Colokan tersebut berada dalam kompartemen bagasi sehingga memudahkan pengendara saat mengisi daya ponsel di perjalanan.

Harga Suzuki Satria F150 Paling Mahal

Setelah mengulas spesifikasi dari Satria F150 generasi kedua, kita tentunya perlu tahu harga terkini dari si motor ayago tersebut. PT Suzuki Indomobil Sales menjualnya dengan harga Rp24.7 jutaan baik untuk varian Special Edition maupun Predator Series.

Melihat harga yang ditawarkan, Satria F150 ini rupanya paling mahal di antara bebek super dengan mesin 150 cc lainnya. Sebagai perbandingan, Honda Sonic yang merupakan rival utama Satria F150 dijual dengan harga Rp23,2 jutaan. Masih dari kubu sayap kepak, Honda Supra GTR 150 yang juga dibekali mesin 150 cc DOHC dijual dengan harga Rp23,8 juta untuk tipe sporty dan Rp24,06 juta untuk tipe Exclusive.

Lantas, bagaimana dengan harga rivalnya dari kubu garpu tala? Yamaha juga ikut meramaikan segmen bebek super 150 cc dengan menurunkan Yamaha MX King. Yamaha menjual MX King dengan harga Rp23,8 jutaan untuk tipe standar kemudian Rp24,1 jutaan untuk tipe Doxou Version dan Monster Energy Yamaha MotoGP Edition.

Melihat harga jual para rivalnya, Suzuki percaya diri memasarkan Satria F150 dengan harga paling tinggi. Secara spesifikasi, Honda Sonic dan GTR150 juga mengusung mesin DOHC serupa dengan Suzuki Satria F150 namun dijual lebih terjangkau.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Logo One Heart Kembali Mejeng di Tunggangan Marc Marquez

IIMS 2019
Previous post
IIMS 2020 Akan Diramaikan Penampilan Artis Internasional hingga Tukar Tambah Mobil Bekas
Next post
Resmi Meluncur, Apa Saja yang Baru di Honda Civic Hatchback RS?