Home » Event » Tak Mau Kalah dengan Covid-19, BIMS 2020 Thailand Tetap Berlangsung

Tak Mau Kalah dengan Covid-19, BIMS 2020 Thailand Tetap Berlangsung

Area pameran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020 (Foto: Bangkok Post)

Bangkok – Pandemi virus corona (Covid-19) telah membuat sebagian besar agenda pemeran otomotif berskala besar di sejumlah negara batal dan ada pula yang ditunda. Sebut saja Detroit Auto Show, Geneva Motor Show, EICMA, dan lainnya. Keputusan dibatalkannya pameran tersebut karena banyak pihak masih ragu memasarkan produk mereka secara langsung ke konsumen di tengah pandemi ini.

Namun, berbeda dengan Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020 di Thailand yang tetap dilaksanakan meski masih dalam keadaan darurat Covid-19 di beberapa negara.

BIMS 2020 sedianya diselenggarakan pada Maret. Namun karena alasan keselamatan dan keamanan pengunjung serta untuk meminimalisir penularan Covid-19, maka pameran pun dibatalkan. Setelah sempat ditunda dua kali, pihak penyelenggara pameran akhirnya memutuskan untuk tetap menggelar pameran otomotif tahunan itu selama dua pekan. Dimulai dari 13-14 Juli 2020 khusus pengunjung VVIP, kemudian tanggal berikutnya dibuka untuk pengunjung umum sampai 26 Juli.

“Ini lebih dari sekadar pameran otomotif, tetapi juga reputasi Thailand karena penyelenggara pameran otomotif lainnya hanya akan menonton,” kata Prachin Eamlumnow, Kepala Eksekutif penyelenggara pameran, Grand Prix International, dikutip dari Bangkokpost Rabu (15/7/2020).

“Thailand akan menjadi yang pertama sebagai tuan rumah pameran otomotif sejak pandemi,” sambung dia.

Negara ini tidak memiliki kasus Covid-19 yang menular secara lokal selama sekira tujuh minggu. Pemerintah Thailand telah memberikan kelonggaran dan tetap memberlakukan protokol kesehatan yang ketat serta berusaha untuk membuat perekonomian negara bergerak lagi.

Pihak penyelenggara telah berjanji untuk membatasi pengunjung masuk ke area pameran dan menerapkan sistem antrean.

Setidaknya ada 25 merek mobil ikut berpartisipasi dalam acara ini, antara lain Toyota, Honda, Subaru, Lamborghini, MG, Maserati, Suzuki, Hyundai, Peugeot, Mazda, Nissan, Lexus, Audi, Isuzu, Mitsubishi Motor, Kia, dan sebagainya.

Sedangkan dari merek sepeda motor berjumlah 22 produsen, seperti Kawasaki, Ducati, Triumph, Bajaj, BMW, dan Suzuki. Semua merek menampilkan produk-produk unggulannya.

Bangkok International Motor Show sebelum pandemi
Bangkok International Motor Show (BIMS) sebelum pandemi (Foto: Autoindustriya)

Setiap booth peserta pameran memiliki akses masuk dan keluar bagi pengunjung serta tamu. Staf di booth juga akan mengenakan masker atau pelindung wajah selama pameran berlangsung.

“Pemerintah memungkinkan kami untuk menahannya, tetapi kami masih harus sangat berhati-hati,” tutup Prachin.

Pameran Otomotif di Indonesia

Pandemi corona yang melanda Indonesia sejak akhir Maret lalu turut berdampak pada dua pameran otomotif. Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 yang sedianya diselenggarakan pada 9 April lalu terpaksa dibatalkan karena alasan keamanan dan kesehatan pengunjung serta peserta pameran.

“Keputusan tidak terselenggaranya IIMS 2020 bukan kebijakan populis. Langkah ini kami ambil untuk mengutamakan kepentingan banyak pihak utamanya dari sisi kesehatan. Sekaligus mendukung keputusan pemerintah untuk memutus penyebaran virus maha dahsyat ini,” ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo dalam keterangan resminya Mei lalu.

Walaupun tahun ini tidak ada gelaran IIMS, Dyandra Promosindo telah memutuskan IIMS 2021 akan digelar pada 18-28 Februari 2021. Lokasinya masih sama, di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Booth Daihatsu di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Selain IIMS, ada juga GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS). Pameran otomotif ini seharusnya digelar awal Agustus. Karena situasi dan keadaan belum kondusif akibat wabah virus corona, maka GAIKINDO memutuskan untuk menunda pameran.

GAIKINDO hanya akan fokus pada dua penyelenggaraan pameran otomotif yaitu GIIAS Surabaya 2020 dan GIIAS BSD-CITY, Tangerang. Sementara penyelenggaraan GIIAS Makassar dan GIIAS Medan akan dilaksanakan pada 2021.

Adapun penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2020 akan berlangsung pada 2-6 September 2020. Sedangkan GIIAS BSD-City 2020, di Tangerang berlangsung pada 22 Oktober – 1 November 2020, bertempat di Indonesia Convention Exhibtion (ICE).

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kehadiran Wuling di Indonesia Mendapat Respons Positif dari Masyarakat

Bengkel cat di kawasan Cibubur dan Depok, Safira Motor.
Previous post
Cat Bodi Mobil Pinggir Jalan dengan Bengkel Resmi, Mana yang Lebih Baik?
Next post
Rayakan Usia Ke-3 Tahun, Wuling Hadirkan Tipe Baru Cortez Seharga Rp200 Jutaan