Home » Tips dan Trik » Toyota Avanza Bekas di Jakarta Masih Jadi Buruan untuk Mudik Lebaran

Toyota Avanza Bekas di Jakarta Masih Jadi Buruan untuk Mudik Lebaran

Toyota New Avanza
Toyota New Avanza 2019

JakartaToyota Avanza bekas di Jakarta masih sangat tinggi peminatnya. Meskipun mendapat gempuran dari berbagai merek mobil yang mulai banyak bermunculan, pasar Toyota Avanza tidak ada matinya. Mobil keluarga entry level alias low MPV yang sudah eksis di Indonesia selama kurang lebih 16 tahun ini merupakan model andalan produsen otomotif nomor wahid Toyota.

Mobil yang punya julukan mobil sejuta umat ini ternyata masih menjadi pilihan utama segmen low MPV baik unit baru maupun bekasnya. Meskipun sempat tersalip oleh Mitsubishi Xpander di perolehan penjualan wholesale, namun Toyota Avanza diyakini tetap mampu merajai segmen low MPV Tanah Air.

Menjelang musim mudik Lebaran, permintaan Toyota Avanza bekas di Jakarta pun meningkat. Rata-rata, peminat Toyota Avanza bekas ini memang dari golongan keluarga muda, atau pemilik mobil pertama. Selain jejak rekam performa Toyota Avanza yang tidak mengecewakan untuk perjalanan jauh, posko mudik dan suku cadangnya sangat mudah didapatkan.

Pilihan Tahun Toyota Avanza Bekas

perjalanan toyota avanza
Toyota Avanza keluaran pertama desainnya agak mirip Toyota Kijang Kapsul

Boleh dibilang, Toyota Avanza adalah mobil bandel. Artinya, tidak perlu ragu untuk segera memilih Toyota Avanza bekas lantaran hampir tidak ada masalah berarti di sektor dapur pacunya. Tapi, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan tahun lansirannya yang kemudian disesuaikan dengan kocek Anda.

Sejak kemunculan pertama di akhir tahun 2003, Toyota Avanza kini sudah masuk ke generasi ke tiga. Memang tidak ada perbedaan vital di kubikasi mesinnya, tapi banyak perubahan di fitur dan desain interiornya.

Generasi pertama Toyota Avanza dimulai dari tahun 2003. Generasi pertama ini bertahan cukup lama. Pada generasi pertama tersedia tipe 1.3E, 1.3G (AT dan MT), dan 1.5S (AT dan M/T). Pada 2010 akhirnya munculah Toyota Avanza generasi ke dua dengan menyodorkan deretan varian yang sama. Di generasi ini muncul beberapa perubahan di bagian eksterior dan interior dalam rangka penyegaran dan inovasi teknologinya. Pada generasi ke dua ini pun munculah Veloz sebagai model flagship (tertinggi) dengan bekalan mesin 1.5L. Sampai pada tahun 2014, Avanza masuk generasi ke tiga yang bertahan hingga sekarang.

Toyota Avanza terbaru kini dibekali mesin 1.5 L (tipe G) dan 1.3 (tipe G dan E). Berkat mesin ini, Avanza mampu hasilkan daya hingga 102 Hp serta torsi puncak 136 Nm (mesin 1.5L) dan 95 Hp dan torsi puncak 120 Nm (mesin 1.3L).

Nah, untuk Toyota Avanza bekas di Jakarta bisa dibilang sangat lengkap ketersediaan unitnya sehingga Anda punya banyak pilihan. Mulai dari generasi pertama hingga generasi ke tiga, mulai dari Avanza sampai Veloz sebagai model flagship-nya pun bisa mudah didapatkan.

Tips Membeli Mobil Toyota Avanza Bekas di Jakarta

Toyota New Avanza
New Toyota Avanza (Foto: Carmudi)

Sebelum membeli Toyota Avanza bekas di Jakarta, sangat disarankan untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Pastikan mobil tidak pernah terendam banjir. Bisa dilihat dari bagian bawah kursi depan, apakah ada sisa lumpur atau karat tidak.
  • Periksa mesin dan buangan gasnya. Kalau warna asap dari knalpot berwarna hitam, itu artinya mesin tidak dalam kondisi baik.
  • Periksa kaki-kaki, apakah ada sambungan las atau karat apa tidak.
  • Harga Toyota Avanza Bekas di Jakarta

Memang untuk memilih unit mobil bekas perlu teliti biar tidak kena tipu oknum-oknum nakal di pasar mobil bekas. Agar bisa terhidar dari penipuan tersebut, Anda bisa mengunjungi situs jual beli mobil bekas yang terjamin keamanannya. Selain itu, tentu saja lebih efisien waktu dan pilihannya banyak.

Mengacu pada listing Carmudi.co.id, mobil Toyota Avanza bekas di Jakarta dijual mulai dari Rp74 jutaan (2006), Rp85 jutaan (2010),  dan Rp115 jutaan (2014).

Previous post
Harga Rak Atas Mobil Toyota Avanza, Siap Mudik Nih!
Mudik Bareng Daihatsu
Next post
Cara Berkendara Irit Saat Mudik, Perhatikan Langkahnya