Pertama Kalinya, Honda Brio Jadi Mobil Terlaris di Indonesia
Jakarta – Honda Brio menjadi mobil terlaris di Indonesia sepanjang 2020. Tak ada yang menyangka mobil perkotaan berukuran kecil itu berhasil merebut hati konsumen, padahal sebelumnya mobil jenis MPV selalu berada di posisi puncak.
Sepanjang tahun lalu, Honda Brio terjual sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia. Sekira 31.713 unit di antaranya disumbangkan oleh Brio Satya, sedangkan sisanya berjumlah 11.308 unit berasal Brio RS.
Menariknya Brio Satya menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2%. Sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7% di segmen city car.
Prestasi gemilang yang diraih Honda Brio sebagai mobil terlaris ini merupakan yang pertama kalinya semenjak diperkenalkan di Indonesia pada 2012.
Baca Juga:
- Honda Brio Sedang Naik Daun, Apa Kabar Mobilio?
- Brio Jadi Penyelamat Honda di Tengah Tren Penurunan Penjualan Mobil
Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit.
“Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Takehiro Watanabe dalam keterangan resminya, Rabu (20/1/2021).
“Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di Indonesia,” lanjutnya.
Sementara itu Yusak Billy sebagai Business Innovation and Marketing & Sales Director menambahkan bahwa pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi.
Terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi.
Kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda.
“Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan diler Honda di seluruh Indonesia. Kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua konsumen yang telah mempercayakan Honda Brio sebagai mobil mereka,” papar Billy.
Perjalanan Honda Brio
Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2 Agustus 2012. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 11 September 2013, HPM memperkenalkan varian Brio Satya yang merupakan produk Low Cost Green Car (LCGC).
Brio Satya juga didukung mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter dengan tenaga terbesar di kelasnya dan dilengkapi fitur keselamatan dengan standar tinggi.
Model ini diproduksi di dalam negeri dengan tingkat penggunaan komponen lokal mencapai 89%. Brio Satya mengusung nama dan logo yang diciptakan khusus untuk Indonesia.
Nama “Satya” sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti “tulus” atau “setia”. Berbeda dengan produk Honda lainnya, Brio Satya juga menggunakan logo yang mengambil bentuk dari bunga melati, yang merupakan bunga nasional Indonesia.
Pada 2016, Honda memperkenalkan Brio RS sebagai varian baru dengan karakter yang lebih sporty.
Generasi kedua Brio diluncurkan pada 2 Agustus 2018 dengan perubahan desain terutama di bagian depan dan belakang serta kabin.
Penulis: Santo Sirait
Editor: Dimas