Berita

Waduh! Belum Lama Meluncur di Indonesia, Toyota C-HR Facelift Sudah Muncul

Toyota C-HR Facelift (Foto: Paultan)

Jakarta – Toyota C-HR merupakan satu dari beragam model yang dipasarkan secara global termasuk di Indonensia. Crossover kompak itu resmi masuk ke Indonesia pada 2018, kemudian disusul versi hybrid pada April 2019. Belum lama meluncur di Indonensia, versi facelift dari Toyota C-HR sudah muncul. Toyota belum lama ini meluncurkan C-HR facelift di Eropa.

Sebagai versi facelift tentu ada beberapa fitur maupun penampilan yang disegarkan oleh Toyota. Sebagaimana diberitakan Paultan, Toyota memperbarui penampilan dari C-HR, bahkan pada varian hybrid kapasitas mesinnya ditingkatkan menjadi lebih besar dari sebelumnya. Berikut ini pembaruan yang terjadi di Toyota C-HR facelift.

Eksterior

Bagian eksterior C-HR facelift mendapatkan beberapa revisi, termasuk bumper depan dengan desain baru, begitu pula tampilan lampu utama pakai LED. Dari segi desain, C-HR dilengkapi lampu senja atau daytime running light (DRL) dan lampu belakang menyatu dengan spoiler hitam yang mengkilap. Perangkat tambahan lainnya bibir spoiler bawah dan desain pelek baru.

Toyota C-HR Facelift (Foto: Paultan)

Interior

Interior Toyota C-HR facelift memperoleh sistem multimedia baru. Layar sentuh delapan inci yang lebih besar, sistem ini dilengkapi dengan fitur konektivitas ke smartphone, dan dukungan Apple CarPlay serta Android Auto. Perangkat ini juga mendapat pembaruan sistem navigasi.

Dua Pilihan Mesin

Toyota menyiapkan dua pilihan mesin untuk pasar Eropa. Pertama mesin 2ZR-FXE berkapasitas 1.8 liter. Mesin tersebut dihubungkan ke motor listrik dengan kemampuan mengeluarkan tenaga sekuat 72 hp dan torsi puncak 163 Nm. Jika mesin dan motor listrik bekerja secara bersamaan maka tenaganya mencapai 122 hp.

Pabrikan mobil asal Jepang itu menyebutkan bahwa ada sedikit perbaikan pada sektor jantung pacu C-HR. Namun sayang pihaknya tidak menjelaskan secara detail soal perbaikan tersebut.

Kedua, Toyota C-HR facelift ditawarkan dengan mesin bensin berkapaistas lebih besar yaitu 2.0 liter. Mesin ini juga dikawinkan dengan motor listrik. Tenaga yang dihasilkan dari penggabungan keduanya sebesar 184 hp.

Perubahan Lain

Toyota telah menyetel ulang setir kemudi untuk meningkatkan kenikmatan berkendara. Selain itu, pada mobil ini turut disertakan paket noise, vibration, and harshness (NVH) untuk mengurangi tingkat kebisingan kabin. Khusus varian hybrid 2.0 liter dilengkapi desain suspensi baru untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Head unit Toyota C-HR Facelift (Foto: Paultan)

Toyota C-HR di Indonesia

Toyota C-HR adalah perpaduan dari coupe dengan karakter yang sleek dan lincah serta karakter mobil SUV yang tangguh. Didukung mesin 1.8L 2ZR-FBE dengan teknologi Dual VVT-i yang mampu mencapai tenaga 139 hp pada 6.400 rpm dan torsi 17,4 kgm pada 4.000 rpm. Toyota C-HR dilengkapi transmisi 7 speed CVT dengan sequential shiftmatic yang membuat semakin nyaman saat dikendarai.

Selain itu, di pasar Indonesia tersedia juga varian C-HR hybrid. Toyota C-HR Hybrid punya dua sumber penggerak. C-HR Hybrid menggunakan mesin bensin tipe 2ZR-FXE dengan tenaga maksimal 98 hp (100 ps) yang dikombinasi motor listrik bertenaga 35 hp (36 ps). Tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis jenis CVT 7 percepatan.

Toyota C-HR Hybrid (Foto: Santo/Carmudi)

Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) merek mobil Toyota di Indonesia menjual C-HR versi mesin konvensional dengan harga Rp493,35 juta untuk tipe Single Tone, sedangkan tipe Dual Tone Rp494,850 juta. Sementara C-HR varian hybrid dibanderol Rp523,35 juta untuk tipe Single Tone dan Rp524,85 juta tipe Dual Tone.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Akan Luncurkan Corolla Altis Baru, Pakai Platform C-HR

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts