Home » Sumber informasi » Kredit Mobil Syariah, Opsi Menarik Kalangan Millenial

Kredit Mobil Syariah, Opsi Menarik Kalangan Millenial

Kredit mobil secara syariah jadi opsi menarik kalangan millenial

Jakarta – Seiring perkembangan zaman, terjadi pergeseran kebutuhan pokok bagi kalangan millenial. Kalangan masyarakat dengan usia 25-35 tahun menganggap kendaraan bermotor menjadi salah satu kebutuhan utama. Untuk meringankan saat beli kendaraan, kini tersedia layanan kredit mobil syariah.

Inovasi kredit kendaraan secara syariah ini salah satunya disediakan oleh BCA Syariah. Perusahaan ini menawarkan skema pembayaran cicilan yang fix tanpa riba. Nasabah mendapat kemudahan dengan waktu pembayaran angsuran pertama yang terpisah dari uang muka.

“Sekarang harga mobil lebih terjangkau ketimbang beli rumah. Millenial pun sekarang beli rumah juga kecil-kecil, kalau lihat trennya gitu. Mereka butuh mobil untuk mobilitas, seperti misalnya nongkrong di mall,” jelas Dwidadi Sugito, Kepala Satuan Kerja Sama Bisnis Ritel dan Konsumsi BCA Syariah beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab disapa Dwi ini menuturkan, sistem syariah yang menjadi landasan dalam menjalankan skema kredit mobil. Menurutnya, kredit mobil melalui lembaga pembiayaan konvensional di masa sulit seperti sekarang akan sangat memberatkan. Nasabah harus menyediakan banyak uang untuk membayar DP berikut cicilan pertama.

“Kami merancang total DP baik new car atau used car (mobil baru atau mobil bekas, red.) lebih rendah dibanding yang lain. Angsuran pertama di belakang atau bulan berikutnya. Ini supaya nasabah bayar DP enggak terlalu besar,” beber Dwi.

Bicara soal skema kredit mobil secara syariah, perbedaan mendasar yang ditawarkan oleh BCA Syariah dalam kerja sama dengan Carmudi ialah bebas riba dan pembayaran uang muka ringan. Ini jelas memberi kemudahan para millenial yang umumnya baru merintis karir dengan pendapatan belum terlalu besar. Mereka tidak terbebani dalam membayar uang muka.

“Nasabah akan merasakan kemudahan di situ, jadi dia enggak harus menyediakan uang di depan yang besar. Umumnya kalau multifinance mengenakan uang muka di depan (in advance),” lanjut Dwi.

Kredit Mobil Bekas di BCA Syariah Bisa Ambil Motuba

Avanza lawas menjadi mobil dengan tenor angsuran cukup lama

Kebutuhan kendaraan yang semakin penting bagi kalangan milenial direspons positif oleh BCA Syariah dengan menyediakan opsi untuk mobil tua bangka (motuba). Skema ini, jelas Dwi, diberlakukan kepada mobil tertentu dengan batas waktu maksimal 14 tahun di akhir pembiayaan.

“Kita sampai dengan 14 tahun untuk mobil tertentu seperti misalnya Avanza. Maksudnya, dalam arti umur mobil ketika berakhirnya pembiayaan. Kita melihat kondisi mobilnya, untuk model lain maksimal sampai 8 tahun di akhir pembiayaan,” tuturnya.

Soal pembiayaan mobil bekas secara syariah ini menurut Dwi, bisa diperhitungkan soal fluktuasi harganya. Penurunan harga secara signifikan biasanya hanya terjadi di beberapa tahun pertama setelah mobil itu diluncurkan. Dalam waktu tertentu, harga mobil bekas akan mencapai titik yang stabil.

“Namanya mobil ada residual value, setelah beberapa tahun turunnya melandai. Penurunan ini sampai beberapa titik harganya susah turun lagi,” ucap Dwi.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Gandeng BCA Syariah, Leasing Mobil Baru di Carmudi Bebas Riba

Previous post
Seluruh Produsen Otomotif Harus Memproduksi Kendaraan Listrik
Next post
Waduh! Belum Lama Meluncur di Indonesia, Toyota C-HR Facelift Sudah Muncul