Home » Berita » 1.000 Hari di Indonesia, Sudah Berapa Ribu Mobil Wuling yang Terjual?

1.000 Hari di Indonesia, Sudah Berapa Ribu Mobil Wuling yang Terjual?

Booth Wuling Motors di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Wuling Motors meresmikan pabrik pembuatan mobil di Cikarang, Jawa Barat pada 2017. Peresmian pabrik menandakan bahwa Wuling Motors resmi hadir dan memulai bisnis otomotif di Indonesia.

Kini Wuling Motors telah berumur 1.000 hari, tidak sedikit capaian positif diraihnya. Mulai dari penjualan sampai raihan beberapa penghargaan.

“Di bulan Juli 2017, waktu itu pembukaan pabrik merupakan hari pertama kami. Pendirian pabrik memperlihatkan komitmen kami dalam jangka panjang di Indonesia. Dalam waktu singkat kami membawa berbagai produk untuk pasar Indonesia baik itu dari segmen MPV, SUV, dan juga low commercial vehicle,” ujar Brian Gomgom selaku Media Relation Wuling Motors, saat teleconference bersama media, Rabu (22/4/2020).

Untuk diketahui selama 1.000 hari di Indonesia, Wuling Motors telah menghadirkan empat model mobil dari segmen yang berbeda. Dimulai dari peluncuran Wuling Confero pada 2017, lalu diikuti dengan Wuling Cortez pada 2018.

Di tahun yang sama Wuling Motors menghadirkan kendaraan komersial Formo. Tak berhenti sampai di situ, pada tahun berikutnya Wuling Almaz dirilis dan menjadi SUV pertama dari Wuling yang ditawarkan untuk konsumen di Tanah Air.

Tak hanya menghadirkan produk baru, Wuling Motors juga terus melebarkan jaringan penjualan hingga ke seluruh Indonesia. Tercatat sudah ada 115 diler resmi yang beroperasi dan siap melayani konsumen untuk membeli mobil baru serta pelanggan yang ingin melakukan perawatan mobil.

“Kami juga berorientasi kepada bagaimana memberikan pelayanan yang baik dari sisi purna jual dan jualan di seluruh Indonesia. Oleh karenanya kita terus menerus melebarkan jaringan diler resmi ke seluruh Tanah Air,” terang Gomgom.

Angka Penjualan Mobil Wuling

Bukan perkara mudah berbisnis otomotif di Indonesia apalagi bagi pendatang baru asal China seperti Wuling. Sebab pasar Indonesia didominasi oleh pabrikan otomotif asal Jepang yang sudah lama menancapkan kuku.

Namun berkat tekad dan rasa percaya diri, Wuling Motors berhasil masuk daftar 10 merek mobil terlaris dalam waktu singkat. Jika dihitung-hitung total penjualan mobil Wuling sejak 2017 sampai Maret 2020 tercatat lebih dari 46 ribu unit.

“Komposisinya sendiri Wuling Confero series 26.550 unit karena ini produk pertama yang diluncurkan. Posisi dua dan baru diluncurkan 2019 yaitu Almaz di angka 9.903 unit. Sedangkan untuk Wuling Cortez series di angka 9.424 unit dan untuk Wuling Formo sebanyak 485 unit,” tutur Gomgom.

Kehadiran Wuling Sempat Diragukan

Kehadiran mobil China di Indonesia sempat dipandang sebelah mata. Sebab beberapa tahun lalu pasar otomotif sempat diramaikan oleh pemain baru dari pabrikan sepeda motor asal China. Namun umur mereka tidak lama, bahkan pergi begitu saja meninggalkan para pelangannya.

Kehadiran Wuling Motors dengan produk-produk unggulannya berhasil mengubah paradigma masyarakat dari yang sebelumnya negatif menjadi positif.

Tamasya Ke Pabrik Wuling Motors, Begini Proses Produksi Cortez (Foto: Dok Wuling Motors)

“Awalnya ada keraguan apalagi merek baru dari negara yang reputasinya kurang bagus di Indonesia. Produk-produk yang kami luncurkan rupanya diterima dengan baik. Hal itu tentunya seperti memotivasi kami menjadi lebih dan terus berkembang kedepannya,” kata Danang Wiratmoko Product Planning Wuling Motor.

Salah satu resep, lanjut Danang yang membuat Wuling bisa terus eksis di pasar otomotif Indonesia adalah dengan menawarkan produk bagus sesuai dengan kebutuhan kosumen.

“Jadi enggak cuma mengkhususkan diri membuat mobil bentuk ‘A’ misalnya, tapi kami juga melebarkan diri ke ranah lain,” pungkasnya.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kisah Mobil Shop, Diler Mobkas Tersukses di Carsentro Semarang

ganjil genap
Previous post
Skenario yang Akan Diterapkan Kemenhub di Jalan Terkait Larangan Mudik
Next post
Ingat, Besok Larangan Mudik Mulai Berlaku Efektif