Berita

15 Hari Menuju Peluncuran Nissan Kicks e-Power di Indonesia

Peluncuran Nissan Kicks e-Power dilangsungkan secara virtual (Foto: Nissan)

Jakarta – Setelah kehadirannya sempat dibocorkan dua minggu lalu, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memberikan kepastian terkait peluncuran Nissan Kicks e-Power. Mobil jenis SUV ini akan diluncurkan pada 2 September 2020 secara virtual melalui kanal Youtube NMI pukul 19.00 WIB.

Kepastian peluncurannya sudah diberitahu oleh NMI melalui keterangan resmi yang dikirimkan ke meja redaksi Carmudi. Nissan Kicks e-Power akan menjadi model e-Power pertama Nissan yang tersedia untuk pelanggan di Indonesia.

“Dalam 15 hari ke depan, Nissan akan mengubah dunia otomotif Indonesia. Peluncuran e-Power ini menandakan era baru, di mana Nissan menghadirkan teknologi inovatif terbaik kepada para pelanggan kami,” kata Isao Sekiguchi, Presiden Direktur PT NMI dalam keterangan resmi, Rabu 129/8/2020).

“e-Power adalah teknologi pertama di dunia dan mewakili langkah berani elektrifikasi Nissan di Indonesia,” imbuhnya.

Sekiguchi menambahkan peluncuran Nissan Kicks e-Power menunjukkan keberanian perusahaan melakukan apa yang tidak dilakukan merek lain.

“Ini bukti komitmen berkelanjutan kami kepada pelanggan di Indonesia,” sambungnya.

Interior Kicks e-Power (Foto: Nissan)

Teknologi e-Power

Sesuai dengan namanya, mobil ini sudah dibekali dengan teknologi terbaru yaitu e-Power. Teknologi ini berasal dari Nissan Leaf, kendaraan listrik murni pertama yang dipasarkan secara massal di dunia.

Berbeda dengan sistem kerja baterai mobil listrik pada umumnya, teknologi e-Power masih menyertakan mesin bensin dengan generator listrik, inverter, baterai, dan motor listrik.

Roda mobil digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik. Sumber tenaganya berasal dari baterai yang diisi ulang secara otomatis dari kinerja mesin bensin.

Mesin tidak hanya mengisi baterai tetapi juga mengalirkan listrik, melalui inverter, langsung ke motor.

Saat diperlukan tenaga ekstra terutama ketika hendak melintasi jalan menanjak, motor listrik akan menerima tenaga dari baterai dan mesin untuk meningkatkan kinerjanya.

Teknologi ini juga memberikan efisiensi bahan bakar dan emisi rendah dibandingkan mobil dengan mesin bensin konvensional.

Teknologi e-Power (Foto: Nissan)

“Indonesia secara strategis dipilih untuk memperkenalkan teknologi e-Power yang terkenal dari Nissan. Saatnya mengubah cara kita berkendara dengan sensasi berkendara mobil listrik yang berani,” tutup Isao Sekiguchi.

Sebelum masuk ke Indonesia, mobil jenis SUV ini telah lebih dahulu meluncur di Thailand pada Mei 2020. Di sana, Kicks e-Power ditawarkan dalam empat varian, yakni LS, LE, LV, dan L VL.

Harganya mulai dari mulai 889.000 baht atau sekira Rp413,2 jutaan sampai 1.049.000 baht atau Rp487,6 jutaan.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: 

Segini Angka Penjualan Mitsubishi Xpander Buatan Indonesia di Filipina

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts