Sumber informasi

4 Contoh Iklan Mobil, Kelihatannya Mudah Tapi…

Contoh iklan mobil pasti dibutuhkan oleh Carmudian yang hendak menjual kendaraannya. Iklan sebagai ajang promosi, baik mobil bekas maupun baru tentu perlu dibuat semenarik mungkin agar cepat mendapatkan minat calon pembeli.

Nah, Carmudi sebagai platform jual-beli kendaraan terbaik akan membeberkan beberapa contoh iklan untuk referensi.

Sebagian orang mungkin menganggap membuat iklan itu mudah. Padahal, banyak hal yang harus dipikirkan saat ingin membuat iklan ini, seperti konsep, info apa yang ingin disampaikan, dan sebagainya.

Selain itu, foto produk yang ingin diiklankan juga harus jelas dan menarik. Carmudian pun harus berhati-hati saat membuat iklan apapun itu,

Jika ada sedikit saja kesalahan, seperti salah foto atau info di iklannya, kemungkinan dapat mengakibatkan masalah besar.

Pembeli bisa saja menuntut karena merasa tertipu. Oleh karena itu, saat ingin membuat iklan, sebaiknya juga pastikan foto dan info di iklannya sudah benar.

Contoh Iklan Mobil

Meski tidak mudah, tapi membuat iklan mobil bekas juga tak terlalu sulit. Carmudi telah rangkum beberapa contoh iklan yang bisa dijadikan acuan membuat iklan mobil bekas baik untuk showroom maupun individu di marketplace sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Contoh Pertama Iklan Mobil

Iklan mobil Suzuki

Iklan mobil Suzuki yang bisa jadi acuan buat iklan. (Foto: suzukisumberbaru)

Iklan mobil satu ini bisa jadi referensi bagi yang ingin membuat iklan mobil bekas. Jika melihat iklan di atas, banyak orang pasti akan langsung tahu bahwa iklan tersebut mempromosikan mobil baru merek Suzuki.

Bisa terlihat jelas dari adanya gambar mobil Suzuki XL7 dan Ertiga terbaru serta tulisan “Pesan Mobil Baru Suzuki Sekarang !!!” berukuran besar dan menggunakan huruf kapital semua.

Selain itu, ada pula kata-kata menarik di iklan ini, seperti PPnBM 0 persen di mana berarti mobil-mobilnya mendapat relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dari Pemerintah.

Tak hanya itu saja, ada juga kalimat “Harga turun sampai dengan 10 persen” khusus model Ertiga terbaru dan XL7.

Dengan adanya tulisan-tulisan ini, dapat menarik minat masyarakat atau calon konsumen untuk membeli mobil-mobil baru Suzuki. Meski singkat, tetap bisa dipahami maksud tulisannya atau informasi yang ingin disampaikan.

Tulisan-tulisan tersebut juga dapat menggaet mereka yang ingin membeli mobil impian, tapi memiliki bujet terbatas.

Contoh Kedua Iklan Mobil

iklan mobil

Contoh iklan mobil. (Foto: ilustrasi)

Iklan kedua ini juga bisa jadi referensi Carmudian untuk membuat iklan mobil bekas. Tidak seperti iklan sebelumnya yang memakai foto atau gambar, iklan satu ini hanya menggunakan kata-kata.

Meski demikian, iklan di atas tetap dapat memikat konsumen agar membeli produk yang dipromosikan iklannya. Iklan tersebut jelas mempromosikan mobil-mobil besutan Daihatsu, sudah terlihat dari judul iklannya.

Judul iklan ini pun sangat menarik meski terlalu singkat. Judulnya tertulis ‘Daihatsu Termurah’ dengan ukuran besar dan pakai huruf kapital semua.

Ini tentu dapat menarik masyarakat yang sedang mencari mobil dengan harga sangat terjangkau. Selain itu di bawahnya, terdapat list mobil Daihatsu yang ditawarkan beserta DP (Down Payment) atau uang muka dan angsurannya.

Kemudian, diikuti tulisan “Tanpa Indent !! Super Cepat Poll !!”, “Bisa Tukar Tambah Segala Merk !!”, dan “Kekeluargaan + Bersahabat”.

Dengan demikian, para calon konsumen dapat membeli mobil baru Daihatsu yang ada di list pada iklan di atas tanpa inden maupun beli mobilnya dengan sistem tukar tambah dari berbagai merek. Ditambah, sistem pembelian mobilnya dilakukan secara bersahabat dan kekeluargaan.

Iklan ini benar-benar tahu tulisan apa yang harus disampaikan pada para konsumen agar mereka benar-benar tertarik membeli.

Contoh Ketiga Iklan Mobil

iklan mobil

Iklan rental mobil yang bisa jadi acuan buat iklan. (Foto: Kaskus)

Iklan ketiga ini mirip seperti iklan pertama sebelumnya. Iklan di atas mempromosikan usaha rental mobil milik CV Arta Niaga Cemerlang yang diperuntukan untuk konsumen di Jakarta dan Tangerang.

Ini terlihat dari lokasi perusahaannya di bagian bawah ataupun tulisan nomor 5 di bawah judul. Meski judulnya menggunakan bahasa asing, namun tetap bisa diketahui versi Bahasa Indonesianya oleh banyak orang.

Selain itu, ada foto-foto mobil yang disewakan serta tulisan berisi informasi singkat, namun tetap dapat dipahami.

Terdapat tulisan “Melayani jasa” di bawah judul beserta list layanan apa saja yang ditawarkan CV Arta Niaga Cemerlang, mulai dari rental harian dengan supir 6 dan 12 jam, rental lepas kunci harian minimal tiga hari, dan sebagainya.

List ini memang harus ada pada iklannya agar konsumen tahu layanan-layanan yang ditawarkan perusahaan tersebut.

Kemudian, di bawahnya, tertera model-model mobil yang disewa, antara lain Toyota Avanza, Toyota Innova, Nissan Grand Livina, Honda Freed, sampai mobil keluaran 2013 dan up.

Dengan demikian, kebanyakan mobil yang disewa adalah jenis MPV (Multi Purpose Vehicle). Ini berarti mobilnya bisa disewa oleh konsumen yang sedang berlibur di kawasan Jakarta ataupun Tangerang bersama keluarga atau teman-teman.

Kontak yang bisa dihubungi pun ada dan lengkap di iklan ini, mulai dari nomor telepon hingga email. Jangan sampai kontak penjual tidak ada di iklan Carmudian karena calon konsumen bisa bingung harus hubungi siapa jika tidak ada kontak ini.

Secara keseluruhan, iklan ini dapat mempromosikan usaha CV Arta Niaga Cemerlang dengan baik di mana info yang disampaikan detail, sehingga bisa jadi acuan Carmudian untuk membuat iklan mobil bekas.

Contoh Keempat Iklan Mobil

iklan mobil

Iklan cuci mobil. (Foto: bengkelsuperservice)

Iklan yang mempromosikan usaha jasa cuci mobil ini pun juga bisa jadi referensi Carmudian untuk membuat iklan mobil bekas. Iklan di atas menarik sekali di mana menonjolkan tulisan mengenai harga jasa sekaligus durasi cuci mobil dengan ukuran sangat besar.

Ini juga yang menjadi kata-kata ampuh untuk menarik minat para pemilik agar mau mencuci mobilnya di tempat cuci mobil yang diiklankan.

Tulisannya “Cuci Mobil Cuma 15 Ribu Menit” yang berarti cuci mobil di tempat tersebut bisa dikerjakan hanya dalam waktu 15 menit dengan tarif Rp15 ribu saja.

Selain itu, dijelaskan secara detail apa saja pekerjaan yang dilakukan tempat cuci mobilnya, mulai dari cuci bodi dan kaca mobil, kolong mobil, dan lain-lain.

Menariknya juga, di sudut kanan bawah, ada tulisan yang menginfokan konsumen bahwa mereka bisa mendapat jasa cuci mobil secara gratis setelah 10 kali mencuci mobilnya di tempat itu. Ini bisa lebih memikat konsumen.

Tips Jual Mobil Bekas

Mobil bekas 2021

Tips jual mobil bekas. (foto: Gogo Mobilindo)

Selain membuat iklan bagus dan menarik, ada beberapa tips lainnya agar mobil bekas yang dijual laku. Berikut ini adalah berbagai tipsnya.

Jual di Rumah Lelang

Tips pertama adalah jual mobil bekasnya di rumah lelang. Tak hanya menerima mobil bekas dari korporasi, biasanya rumah lelang juga membolehkan pihak retail untuk menjual mobilnya lewat mereka.

Jika butuh uang dalam waktu cepat, jual mobil bekas di pelelangan adalah salah satu cara yang tepat karena orang-orang dari diler sering berkumpul di tempat tersebut untuk mencari stok jualan dari berbagai model.

Dengan demikian, mobil Carmudian kemungkinan besar bisa terjual dalam waktu cepat di pelelangan.

Namun, satu hal yang harus diketahui jika jual mobil bekas di tempat ini, maka harus bersiap mobilnya terjual di bawah harga pasaran. Rumah lelang umumnya menerima mobil bekas dengan berbagai kondisi alias apa adanya.

Sebelum ditawarkan ke para peserta lelang, rumah tersebut akan melakukan pengecekan mobil bekasnya lebih dulu dari berbagai sisi.

Jika sudah melakukan inspeksi, pihak yang melakukan pengecekan akan memberi tingkatan atau grade pada mobil tersebut di mana mulai dari ‘A’ untuk yang tertinggi sampai ‘E’ untuk yang terendah.

Setelah itu, mereka akan memberikan harga pembukaan yang sesuai dengan grade-nya. Sebagai informasi, rumah lelang mendapat untung dari komisi harga jual akhir.

Sesuaikan Banderol Mobil Bekas dengan Harga Pasar dan Kondisinya

Survey harga pasaran penting dilakukan terlebih dahulu bagi yang ingin menjual mobil bekasnya. Banderol mobil tersebut bisa jadi salah satu faktor yang menentukan cepat atau tidaknya mobil ini laku.

Disarankan mengetahui harga pasaran mobil bekas Carmudian yang paling rendah dan tertinggi. Harga ini bisa dicari dengan mudah lewat internet di ponsel.

Selain itu, cari tahu juga kondisi mobilnya untuk benar-benar tahu harganya yang sesuai.

Jual di Situs Terpercaya

Saat ini, penjualan mobil bekas banyak dilakukan secara online dan terus berkembang di Indonesia. Tren ini kini berkembang lebih cepat karena adanya pandemi Covid-19 yang masuk ke Indonesia sejak Maret 2020 lalu sampai sekarang. Sebaiknya, Carmudian juga menjual mobil bekasnya secara online.

Pilih situs jual-beli mobil bekas terpercaya sebagai tempat untuk menjual mobil bekas Carmudian, salah satunya situs Carmudi Indonesia di mana sudah dipercaya oleh banyak orang yang ingin menjual mobil bekasnya.

Selain itu, pilih situs jual-beli mobil bekas yang menawarkan nilai lebih. Carmudi Indonesia pun menyediakan layanan pembelian secara kredit bagi penjual individu yang memasang iklan.

Jelaskan Kondisi Mobilnya Secara Jujur

Iklan mobil bekas di situs jual-beli pastinya mempunyai kolom deskripsi atau keterangan. Bagi yang jual mobilnya di situs ini, bisa memanfaatkan kolom tersebut untuk menjelaskan kondisi mobil secara rinci.

Jangan berbohong soal kondisinya. Cara ini mungkin bisa membuat mobil bekas yang dijual cepat terjual. Tapi, dipastikan setelah itu, Carmudian mendapat teror dari pembeli mobilnya karena merasa tertipu.

Oleh karena itu, jelaskan saja dengan jujur kondisi mobil bekas yang dijual. Ada saja konsumen yang benar-benar bisa menerima mobilnya dalam kondisi apapun itu.

Pasang Foto Terbaik di Iklan

Tips ini penting untuk diketahui dan dilakukan. Masih banyak penjual mobil bekas online yang memasang foto mobilnya tidak bagus ataupun menarik. Padahal, ini bisa membuat mobil bekas yang dijualnya laku dalam waktu lama.

Harus selalu diingat bahwa kesan pertama penting bagi calon konsumen di mana biasanya kebanyakan dari mereka melihat foto atau gambar iklan pertama kali. Oleh karena itu, sebaiknya pasang foto mobil bekas terbaik yang Carmudian jual.

Tidak perlu sampai memakai jasa fotografer profesional untuk foto mobilnya. Saat ini, sudah banyak ponsel canggih yang dapat menghasilkan foto bagus dan berkualitas.

Selain itu, disarankan juga cari tempat yang bagus sebagai latar fotonya. Minimal, cari tempat yang sepi dan bersih.

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/