Modifikasi

5 Aksesoris Aftermarket di Mobil Paling Bermanfaat

Banyak pemilik mobil membeli aksesoris aftermarket untuk dipasang di mobil. Ada yang bertujuan untuk penambah gaya, tetapi ada juga yang membeli aksesoris aftermarket ini karena memang bermanfaat.

Aksesoris aftermarket apa yang paling berguna di mobil?

Nah, kami akan mencoba memberikan 5 rekomendasi aksesoris aftermarket paling berguna di mobil yang bisa Carmudian beli.

Daftar Aksesoris Aftermarket yang Bermanfaat

Air Purifier

Pandemi yang melanda negeri kita tercinta tak kunjung usai. Membeli air purifier untuk di dalam mobil bisa menjadi langkah tepat mengantisipasi diri dan keluarga dari paparan virus.

aksesoris aftermarket bermanfaat

Air purifier

Air purifier merupakan kipas untuk menyaring udara lewat filter khusus sebelum dikeluarkan kembali. Alat satu ini efektif untuk menghasilkan udara bersih dan segar di dalam kabin.

Namun harus diakui, air purifier yang disarankan adalah yang memiliki High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter. Filter ini bisa menyedot partikel terkecil hingga 0,1 mikron sehingga mampu menghasilkan udara yang lebih bersih.

Talang Air

Komponen aftermarket lain yang sangat berguna adalah talang air yang dipasang di atas bagian kaca. Fungsinya menghalangi masuknya air hujan ke dalam kabin.

Talang air banyak digunakan pada mobil jenis apapun sehingga banyak orang yang sengaja memasang komponen aftermarket satu ini. Misalnya ketika sedang hujan, Carmudian mematikan AC lantaran kedinginan dan ingin membuka kaca sedikit saja agar membuang udara dingin dalam kabin.

talang air aksesoris aftermarket bermanfaat

Talang air pada mobil

Jika sudah memakai talang, air hujan dipastikan tidak akan masuk ke dalam kabin karena terhalang. Atau berguna juga saat ingin mengambil tiket di saat hujan deras.

Lighter Charger

Kemudian ada lighter charger sebagai salah satu komponen aftermarket yang wajib ada di mobil. Penggunaan gawai (gadget) masyarakat semakin tinggi, maka dari itu pengecasan sembari berkendara menjadi salah satu yang sangat diinginkan.

soket pengisian daya

Lighter charger atau soket casan.

Pengemudi bisa memasang soket pengisian daya yang ditancap ke bagian lighter atau pemantik. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari Rp10 ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Voltmeter Lighter

Keempat, ada voltmeter lighter yang secara visual sama seperti lighter charger. Bahkan saat ini banyak dijual voltmeter yang menjadi satu dengan casan.

Fungsi utama voltmeter lighter adalah memperlihatkan tegangan listrik dari mobil. Part ini hanya perlu dicolok ke lubang lighter saja, nanti setelah beberapa saat akan muncul angka yang menunjukkan tegangan di mobil.

voltmeter lighter charger

Voltmeter charger.

Idealnya mobil memiliki tegangan di angka 13,1 hingga 13,8 volt. Jika kedapatan di bawah itu, maka ada sesuatu tak beres di urusan kelistrikan, bisa jadi berasal dari aki atau alternator/dinamo ampere.

Alat satu ini memang sering dianggap remeh tapi fungsinya cukup besar untuk bisa mengetahui tegangan listrik pada mobil kesayangan kita.

Head Unit Android

Aksesoris terakhir yang menurut kami sangat layak dibeli adalah head unit Android. Tak bisa dipungkiri, fitur entertainment dalam mobil sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara.

aksesoris aftermarket bermanfaat

Enaknya saat ini sudah banyak tersedia beragam pilihan head unit Android. Ada yang model single DIN Android, ada juga model double DIN Android. Keduanya bisa dipilih sesuai selera dan bujet pastinya.

Head unit Android ini bisa langsung dipakai menyetel YouTube, monitor kamera parkir, dan menyetel aplikasi penunjuk arah.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts