Tips dan Trik

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Kaca Film untuk Mobil

Kaca Film Mobil

Ilustrasi kaca film (Foto: Carmudi)

Jakarta – Biasanya kaca film sudah terpasang ketika mobil dikirim ke tangan konsumen. Tetapi ada pula yang belum terpasang di kaca mobil karena diler atau pabrikan tidak menjalin kerja sama dengan perusahaan kaca film.

Kaca film berguna untuk membantu mengurangi efek panas dari cahaya matahari. Selain itu juga melindungi interior mobil dari kerusakan, membantu kinerja AC, dan meningkatkan penampilan mobil.

“Mengingat Indonesia berada di wilayah beriklim tropis, kaca film merupakan salah satu kebutuhan yang tidak bisa diabaikan oleh pemilik mobil,” ungkap Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000.

Begitu pentingnya manfaat kaca film maka jangan sampai komponen satu itu tidak terpasang.

Baca Juga: 

Nah, Anda yang belum melapisi kaca mobilnya dengan kaca film atau sudah memiliki rencana untuk membelinya, berikut ini lima hal yang harus dipertimbangkan:

Sesuaikan dengan Bujet

Kaca film memiliki beragam varian dan tingkat kegelapan dan harganya pun bervariasi.

Oleh sebab itu, siapkan dahulu bujet dan sesuaikan dengan kebutuhan, apakah semua kaca harus dilapisi kaca film atau tidak.

Termasuk menentukan tingkat kegelapan yang diinginkan.

Kaca fim mobil

Kaca film bisa mengurangi efek panas dari cahaya matahari (Foto: Carmudi)

Perhatikan Kejernihan Kaca Film

Sudah banyak kaca film yang menggunakan teknologi terkini. Kaca film yang saat ini beredar kualitasnya sudah jauh berbeda dengan dari sebelumnya.

Beberapa merek kaca film menawarkan fungsi menolak panas, ada juga yang memberikan pandangan jernih dari dalam ke luar mobil, namun terlihat gelap jika dilihat dari luar.

Performa Kaca Film

Pemilik kendaraan disarankan mencari kaca film yang bisa menolak sinar matahari dengan baik guna menjaga kenyamanan seluruh penumpang.

Perhatikan pula kemampuan mengurangi silau sinar matahari di siang hari dan silau lampu dari kendaraan yang berlawanan arah pada malam hari.

Sesuaikan Tingkat Kegelapan

Soal tingkat kegelapan kaca film, banyak pengguna mobil yang lebih menyukai warna gelap karena alasan privasi dan lebih teduh.

Padahal, gelap-terangnya kaca film akan mempengaruhi visibilitas selama berkendara, terutama pada malam hari atau ketika hujan turun.

Untuk kaca depan, sebaiknya pilih kaca film khusus untuk kaca depan sehingga lebih jernih ketika dilihat dari dalam mobil.

Jangan ragu untuk konsultasi dengan mekanik bengkel ketika ingin memasangnya sehingga tidak menyesal di kemudian hari.

Baca Juga:

Dengan kaca film mampu menurunkan panas kabin lebih cepat (Foto: Carmudi/Yongki)

Produk Berkualitas dan Bergaransi

Ada banyak merek kaca film yang beredar dipasaran sehingga membuat bingung pemilik kendaraan.

Ada baiknya membeli atau memasang kaca film di bengkel resmi atau bengkel khusus pemasangan kaca film supaya mendapatkan produk berkualitas, bukan palsu.

Selain itu, tanyakan pula apakah kaca film yang hendak Anda beli bergaransi.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts