Home » Sepeda motor » 5 Pilihan Motor Listrik di Indonesia Serta Spesifikasi Lengkapnya

5 Pilihan Motor Listrik di Indonesia Serta Spesifikasi Lengkapnya

Jakarta – Motor listrik kini mulai menunjukan eksistensinya di pasar otomotif Indonesia. Di awal tahun ini, motor ramah lingkungan tersebut kedatangan pemain baru, yaitu Electric Vehicle Indonesia (Elvindo). Kehadirannya menyusul merek motor listrik di Indonesia lainnya yang sudah dirilis sebelumnya. Mulai dari Honda PCX Electric, Gesits, Viar Q1, Selis, United, serta EC-GO sudah duluan turun ke publik.

Semakin bertambahnya merek-merek ini menunjukkan tanda bahwa motor listrik akan menjadi kendaraan yang akan menggantikan motor konvensional di masa depan. Selain itu, keberadaan motor listrik sepertinya cukup diminati masyarakat Tanah Air. Salah satu faktornya karena merupakan sepeda motor listrik adalah kendaraan ramah lingkungan.

Meskipun sarana infrastruktur pendukungnya belum memadai, namun tidak membuat para produsen sepeda motor listrik menyerah untuk terus menghadirkannya. Bahkan, beragam sepeda motor listrik hadir dengan spesifikasi dan fitur yang baik.

Berikut adalah daftar sepeda motor listrik di Indonesia yang berhasil Carmudi rangkum:

Honda PCX Electric

pcx electric
Honda PCX Electric Jadi Kelanjutan Pengembangan Skutik Ramah Lingkungan di Indonesia. (Foto: Paultan)

Honda PCX Electric merupakan hasil produksi PT Honda Astra Motor (AHM) yang telah dibekali 2 baterai lithium-ion dengan masing-masing berkapasitas 50,4V. Dengan baterai tersebut PCX Elecric mampu menghasilkan tenaga sebesar 4,2 kW pada 5.500 Rpm dengan daya tempuh 69 km dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam jika baterai penuh. Sistem pengisiannya pun bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu colok ke stop kontak yang membutuhkan waktu pengisian 6 jam (dari kosong hingga penuh) dan swap system.

Dari segi desain, tampilannya terlihat sama dengan PCX standar. Namun, bagian belakangnya memiliki tampilan yang sedikit berbeda. Terdapat aksen biru di beberapa area bodi. Selain itu, lampu utama, sein, daytime running light, dan stop lamp-nya pun sudah menggunakan teknologi LED.

Gesits

Skuter Listrik Gesits
Tampilan skuter listrik Gesits. Foto/Istimewa NM

Sepeda motor listrik Gesits merupakan proyek kolaborasi antara Garasindo dengan Institut Sepuluh Nopember (ITS). Kabarnya, Gesits sudah diproduksi pada 2018 dan sudah melewati proses pengembangan sejak 2015. Kemudian, pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, motor listrik ini akhirnya resmi diluncurkan.

Konsep desainnya, Gesits terlihat tidak jauh berbeda dengan desain motor matik yang berbahan bakar bensin, bahkan mirip seperti Vario 125. Dari bagian depannya, terlihat desain meruncing dengan lampu utama HID Projection berteknologi LED yang dibentuk sipit serta Day Running Light (DRL) pada sisi kiri dan kanannya.

Gesits dibekali baterai Lithium Ion NMC (nickel-manganese-cobalt) yang memiliki spesifikasi 72V 20 A. Jika kondisi baterainya penuh, motor bisa berjalan sejauh 70 km.

Selis E-Max

Selis E-Max.
Selis E-Max.

Jika mendengar nama Selis, pasti terbayang sebuah sepeda bertenaga listrik yang sering digunakan di lingkungan rumah. Selis juga ternyata memproduksi motor listrik, salah satunya Selis E-Max.

Motor listrik ini diperuntukan untuk dipakai di lingkungan sekitar rumah atau jarak yang tidak terlalu jauh. Jarak tempuh maksimalnya hanya 40 km dengan kecepatan tertinggi 50 km/jam. Motor penggeraknya sendiri memiliki kemampuan sebesar 1.200 watt.

Selis E-Max ini telah dibekali baterai dengan spesifikasi 60 volt 20 ampere. Untuk pengisian daya baterai, butuh waktu sekitar 4-6 jam.

Viar Q1

New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019
New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019.

PT Triangel Motorindo (TM) Viar Indonesia turut meluncurkan motor listrik yang dinilai cukup menarik perhatian para calon konsumen. Dinamai Viar Q1, motor listrik ini resmi diluncurkan di Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lalu. Selain itu, Viar Q1 merupakan hasil kerja sama antara Viar dengan Bosch, merek otomotif asal Jerman.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, Viar Q1 terbaru telah dibekali baterai dengan kualitas yang lebih baik, yaitu dua buah baterai Lithium Ion dengan kapasitas masing-masing sebesar 60V 23Ah. Dua baterai tersebut diklaim mampu bertahan hingga jarak tempuh 120 km atau dua kali lipat dari Viar Q1 model pertama.

Selain itu, motor listrik ini juga diklaim dapat dibawa berkendara sejauh 70 km jika kondisi baterainya penuh. Untuk pengisian daya baterainya, disediakan dua pilihan yaitu swapping baterai dan pengisian ulang biasa.

Tidak perlu khawatir jika baterai tiba-tiba habis di tengah jalan. Viar Q1 memiliki baterai cadangan yang bisa ditaruh di bagasinya untuk menggantikan baterai yang habis dayanya. Butuh waktu sekitar lima jam untuk mengisi daya baterai motor listrik ini.

Untuk penggeraknya sendiri, Viar Q1 menggunakan tipe BLDC dari BOSCH yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 800 watt.

EC-GO2

EC-GO 2 putih- Ria Carmudi
EC-GO 2. Foto/Ria

Sepeda motor listrik ini merupakan kendaraan yang dibawa oleh PT Green City Traffic (GCT). EC-GO2 diklaim dapat dipacu hingga 70 km/jam. Selain itu, baterainya sendiri bisa menempuh jarak terjauh hingga 80 km dalam sekali isi. Di sisi lain, motor listrik ini dapat melewati genangan air setinggi 30 cm.

Pihak GCT telah menyematkan fitur-fitur terkini pada motor listriknya. Sebut saja misalnya GPS dan aplikasi pada smartphone yang dapat memonitor informasi sepeda motor tentang baterai, suhu kendaraan, lokasi GPS, kecepatan, serta data lokasi pengisian baterai di luar yang sudah terkoneksi dengan BMS (Battery Management System).

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Baca Juga:

Contoh Modifikasi Honda Beat, Hasilnya Selalu Jadi Sorotan

Previous post
Contoh Modifikasi Honda Beat, Hasilnya Selalu Jadi Sorotan
Next post
Dua All New Honda BeAT Meluncur, Apa Saja yang Berubah?

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *