Tips dan Trik

Kiat Merawat dan Mempersiapkan Mobil Sebelum Digunakan

Suzuki jamin ketersediaan suku cadang (Foto: Suzuki)

Jakarta – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di wilayah Jakarta resmi diberlakukan sejak pekan lalu. Kini rumah ibadah dan sejumlah sektor ekonomi termasuk gedung-gedung perkantoran dan mal boleh beroperasi kembali dengan mengedepankan protokol kesehatan. Sejak PSBB transisi diterapkan, berbagai moda transportasi mulai dari kendaraan pribadi, angkutan kota, hingga ojek online pun mulai terlihat hilir mudik di jalan raya.

Nah, bagi Anda yang terbiasa menggunakan mobil pribadi ke kantor, sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk melakukan pemeriksaan pada kendaraan di rumah. Hal ini penting dilakukan supaya Anda tidak mengalami kendala di tengah perjalanan, apalagi selama beberapa minggu terakhir mobil lebih banyak diam di garasi ketimbang digunakan.

“Penerapan PSBB di beberapa daerah untuk mencegah penyebaran Covid-19 membuat aktivitas dan mobilitas terhambat. Kendaraan pun menjadi lebih sering terparkir di rumah dan jarang digunakan. Setelah lama didiamkan, ada beberapa bagian kendaraan yang harus dicek kembali oleh pengguna, seperti ban, rem, kebersihan, serta mesin dan kelistrikan,” ujar Imam Suyudi, Section Head Technical Service 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), dalam keterangan resminya, Selasa (16/6/2020).

Teknik Pemeriksaan Ban Kendaraan di Rumah

Lebih lanjut Imam menjelaskan bahwa kondisi ban mobil harus dipastikan dalam keadaan baik. Setidaknya ada empat teknik pemeriksaan ban yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

  1. Periksa dan tambahkan tekanan angin 10-20% dari spesifikasi tekanan angin ban jika kendaraan akan digunakan kembali
  2. Pastikan tidak ada benda keras atau kerikil yang menempel pada kembang ban.
  3. Rutin mendorong atau memindahkan kendaraan untuk menghindari ban bertumpu pada satu titik. Jika tidak memungkinkan untuk didorong, dongkrak keempat roda dan tahan menggunakan Jackstand.
  4. Usahakan jangan terkena sinar matahari langsung dan gunakan semir ban untuk mencegah adanya guratan pada ban (ozon crack).

Selain kondisi ban, rem juga perlu diperhatikan. Biasanya, rem tangan menjadi lengket dan akan memengaruhi kenyamanan serta keamanan berkendara. Untuk menghindari rem mobil lengket, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

  1. Pastikan keempat roda atau sistem rem kering sebelum kendaraan diparkir dalam jangka waktu yang lama.
  2. Gunakan penahan roda/bantalan ban.
  3. Posisi rem tangan tidak aktif/tidak menarik.

Perawatan lain setelah mobil terparkir atau diam lama yaitu kebersihan, mesin, dan kelistrikan. Pastikan bodi mobil dalam keadaan bersih, roda atau sistem rem tidak basah. Pastikan juga ruang kabin bersih dan kering, bila perlu gunakan cairan atau semprotan pembasmi bakteri atau virus khusus interior mobil.

Dalam hal mesin dan kelistrikan, pastikan tidak ada saklar atau tombol kelistrikan yang aktif. Rutinlah menghidupkan mesin mobil. Pastikan pula tidak ada kebocoran bahan bakar, oli, minyak rem, cairan pendingin, dan kain lap yang tertinggal di ruang mesin.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Perkiraan Biaya yang Dikeluarkan untuk Berlangganan Mobil Baru Toyota

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts