Home » Mobil » Arti Lampu Indikator Toyota Avanza Lengkap

Arti Lampu Indikator Toyota Avanza Lengkap

Jakarta – Meski merupakan MPV sejuta umat yang berarti konsumennya pun sudah sangat banyak jumlahnya, namun ternyata tidak menjamin mereka tahu arti lampu indikator Toyota Avanza. Lampu indikator yang terdapat di instrumen cluster merupakan petunjuk kondisi dan kerja seluruh komponen kendaraan. Soal lampu indikator ada yang sifatnya normal atau umum dan ada yang sifatnya urgensi. Untuk yang terakhir, lampu indikator tersebut akan memberikan tanda yang sifatnya berbahaya sehingga perlu diperiksa atau ditangani.

Lampu indikator Toyota Avanza sendiri memang akan menyala saat posisi kontak pun berada pada posisi ON. Namun setelah mesin mobil dihidupkan dan mulai berjalan, maka semua lampu indikator yang tadi menyala akan segera padam. Nah, persoalan akan hadir di fase ini. Jika lampu indikator ada yang masih menyala, berarti ada masalah yang terjadi dengan berkaitan indikator apa yang menyala.

Saat lampu indikator Toyota Avanza masih menyala, pengemudi disarankan untuk segera meminggirkan mobil. Periksa terlebih dahulu untuk mencegah kerusakan mesin yang lebih parah sehingga akan mengancam keselamatan serta “kantong” Anda.

Untuk memudahkan pemeriksaan, perhatikan dulu lampu indikator Toyota Avanza apa yang menyala. Untuk mempermudahnya, berikut adalah arti lampu indikator Toyota Avanza.

Lampu Indikator Oli Mesin

Lampu Indikator Oli

Ini adalah lampu indikator tekanan oli mesin rendah. Kalau lampu indikator ini menyala, itu artinya tekanan oli mobil Avanza Anda rendah. Sehingga performanya pun kurang optimal. Bahkan, jika terjadi pembiaran maka kesehatan mesin jelas akan sangat terganggu.

Lampu Indikator Sistem Pengisian

Lampu Indikator Accu

Berikutnya pada lampu indikator Toyota Avanza adalah lampu indikator sistem pengisian. Lampu ini menunjukan adanya malfungsi atau masalah pada sistem pengisian (charging system). Sistem pengisian ini sendiri berfungsi untuk mengisi arus listrik ke baterai dan menyuplai arus listrik ke seluruh sistem kelistrikan setelah mesin hidup.

Lampu Indikator Sistem Pengereman

Lampu Indikator Sistem Pengereman

Lampu indikator ini akan menyala jika level minyak rem rendah atau justru terjadi malfungsi pada sistem pengereman. Lampu ini juga menyala saat rem tangan (rem parkir) digunakan. Jika lampu padam setelah rem parkir dilepaskan, maka sistem beroperasi secara normal.

Lampu Indikator Temperatur Cairan

Lampu Indikator Pendingin

Kalau lampu indikator Toyota Avanza yang satu ini menyala maka itu artinya panas mesin mobil Avanza Anda telah melampui batas tertinggi. Selain itu, jika lampu indikator ini menyala berkedip maka artinya mesin mulai masuk ke tahap awal overheat.

Lampu Indikator SRS-Airbags

Lampu Indikator SRS Airbags

Saat lampu indikator ini menyala berarti ada yang tidak beres dengan sistem SRS Airbag Toyota Avanza Anda. Selain itu, kalau indikator ini menyala berarti ada juga masalah di pretensioner seat belt-nya.

Lampu Indikator ABS

Lampu Indikator ABS

Sesuai simbol lampu indikatornya, kalau menyala ini artinya sistem ABS (Anti-Lock Braking System) Toyota Avanza Anda bermasalah. Satu-satunya saran hanyalah segera ke bengkel. Ini mengingat sistem ABS merupakan sistem yang vital lantaran berhubungan dengan sistem pengereman.

Lampu Indikator EPS

Lampu Indikator Power steering
Lampu indikator menyala di MID, pertanda masalah terjadi di sistem power steering (Google)

Sama dengan ABS, kalau lampu indikator menyala itu artinya ada masalah di sistem power steering Toyota Avanza Anda. Segera, kemudikan perlahan menunju bengkel terdekat.

Lampu Indikator Seat Belt

Lampu Indikator Seat Belt

Lampu indikator yang satu ini mungkin yang paling sering terjadi. Lampu indikator seat belt akan menyala lantaran seat belt belum terpasang saat mesin mobil telah menyala dan berjalan. Lampu indikator seat belt Toyota Avanza ini biasanya juga akan disertai dengan bunyi pengingat sampai seat belt terpasang.

Previous post
Soal Proyek Baterai Sepeda Motor Listrik, Astra Otoparts Masih Pantau Prilaku Pasar
Next post
Roadshow Mitsubishi Xpander Pinter Bener Family Festival Bidik Keluarga Muda Bekasi

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *