Berita Mobil Reviews Tips dan Trik

Bagasi Hyundai The Grand Santa Fe Tak Sekadar Elektrik, Ini Detailnya

Bagasi Hyundai The Grand Santa Fe (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Jakarta– PT Hyundai Mobil Indonesia kembali mengejutkan para loyalisnya dengan menghadirkan varian tertinggi SUV  yaitu The Grand Santa Fe. Varian ini menghadirkan fitur yang jauh lebih berlimpah dibanding kedua varian Santa Fe sebelumnya, GLS dan XG.

Baca Juga: Ini Daftar Fitur Baru Hyundai Grand Santa Fe, Sadis Banget SUV Ini!

Salah satu fitur canggih yang disuguhkan adalah bagasi elektrik. Uniknya, bagasi yang dapat dioperasikan tanpa perlu menaik-turunkan pintunya secara manual ini memiliki nama “Smart Power Tailgate”.

Hmm, penasaran apa yang membuatnya disebut “smart” alias pintar? (ADV)

Terintegrasi dalam Sistem MID

Meski bagasi elektrik di kekinian hari makin terdengar seperti fitur yang ‘biasa saja’ karena banyaknya fitur serupa yang disuguhkan di pasar aftermarket, namun perlu diketahui sistem yang dapat dipasang sendiri tersebut berbeda drastis dengan yang terintegrasi dalam hingga ke sistemnya.

Fitur Smart Power Tailgate atau bagasi elektrik yang ada di The Grand Santa Fe ini jelas bukan berjenis aftermarket, melainkan sistem terintegrasi yang dibawa langsung dari pabrikan (OEM). Tentunya, jenis terintegrasi ini memiliki berbagai keuntungan dibanding versi aftermarket-nya.

Bagasi Hyundai The Grand Santa Fe (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Tombol untuk membuka bagasi terintegrasi dengan baik di sisi kanan dasbor

Salah satunya, adalah tombol untuk mengakses bagasi elektriknya tersebar rata di handel pintu bagasi, remote kunci dan di konsol dasbor yang ada di sebelah kanan setir.

Selain itu, jenis ini juga jauh lebih aman karena instalasi yang langsung dilakukan di pabrik perakitan mobilnya dan jenis sistem bagasi elektrik yang langsung terintegrasi di Santa Fe ini juga memiliki berbagai konfigurasi yang bisa diatur langsung dari MID (Multi Information Display).

Caranya, cukup akses menu “User Settings” di MID The Grand Santa Fe ini, kemudian pilih sub-menu “Door”. Ada tiga opsi pengaturan yang tersedia, yaitu “Power Tailgate”, “Power Tailgate Speed” dan “Smart Tailgate”.

Bagasi Hyundai The Grand Santa Fe (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Opsi pertama, “Power Tailgate”, berguna untuk memati-nyalakan fungsi bagasi elektrik. Ketika boks di sebelah kiri teks tersebut dicentang, maka fungsi bagasi elektrik akan aktif dan setiap salah satu tombol pengaksesnya ditekan, akan langsung membuka pintu bagasinya secara elektrik.

Sedangkan ketika dimatikan, maka pintu bagasi dapat dibuka biasa secara manual. Praktis kan?

Lantas, apa fungsi kedua opsi lainnya yang ada di layar MID tersebut?

Punya Dua Kecepatan Buka-Tutup

Ini salah satu fungsi yang belum pernah kami lihat di mobil manapun dengan fitur bagasi elektrik, yaitu kecepatan buka dan tutup pintunya dapat diubah-ubah. Wah, unik juga ya?

Caranya, akses menu bagasi elektrik di MID seperti yang sudah diterangkan di atas, kemudian pilih menu “Power Tailgate Speed”. Akan tersedia dua pilihan, yaitu “Normal” dan “Fast”.

Bila memilih “Normal”, maka kecepatan buka dan tutup pintu bagasi The Grand Santa Fe ini akan diatur menjadi sedikit lebih lambat.

Fungsinya, kecepatan ini akan lebih optimal ketika tidak yakin saat ingin membuka pintu bagasi SUV bongsor ini di tempat yang sempit. Alih-alih terpentok objek di belakang atau di atasnya, kecepatan yang lebih lambat akan membantu sang pengguna menjadi lebih yakin dan berhati-hati.

Sedangkan bila memilih “Fast”, maka kecepatan buka dan tutup pintu bagasi The Grand Santa Fe ini akan menjadi jauh lebih cepat. Bahkan, lebih cepat dibanding mayoritas SUV yang memiliki fitur bagasi elektrik.

Tentu operasi yang lebih cepat ini akan optimal ketika membuka tutup pintu bagasinya di tempat yang luas dan minim halangan, sehingga proses masuk dan keluar barang akan bisa lebih cepat dilakukan.

Sama Sekali Tidak Butuh Tangan

Tak kalah unik, bagian ini lah yang membuat bagasi elektrik di The Grand Santa Fe disebut “Smart Power Tailgate”. Cara mengaktifkannya, cukup centang boks yang ada di sebelah kiri teks “Smart Tailgate” pada menu MID yang sudah dijelaskan di atas.

Namun, tepatnya apa fungsinya?

Bagasi Hyundai The Grand Santa Fe (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Berupa handsfree alias proses buka pintu bagasi tanpa membutuhkan tangan sama sekali. Oh dan tentunya, tak membutuhkan gestur menendang kaki ke bawah bagasi yang akan terlihat konyol saat pintunya tidak bisa terbuka.

Bagasi Hyundai The Grand Santa Fe (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Caranya, cukup kantungi kunci smart key milik TheGrand Santa Fe. Lalu dalam keadaan pintu terkunci, cukup berjalan dekati mobilnya dan ketika sudah berjarak sangat dekat dengan pintu bagasi, maka akan muncul bunyi “bip” hingga 4 kali yang diikuti kedip lampu sein.

Setelah bunyi yang keempat, maka akan muncul sekali bunyi lagi yang menandakan pintu bagasi akan terbuka dan, etvoilà! Pintu bagasi akan terbuka secara elektrik tanpa gerakan apapun dan tanpa membutuhkan tangan sama sekali.

Tentu fungsi ini akan sangat-sangat berguna ketika sedang membawa barang yang berat, sehingga tak memungkinkan tangan pengguna untuk menekan handel pintu bagasinya.

Bagasi Hyundai The Grand Santa Fe (Carmudi/Fransiscus Rosano)

Pertanyaannya, bagaimana bila sang pengguna dengan smart key di kantungnya tidak ingin pintu bagasinya terbuka ketika Ia berjalan mendekati mobilnya?

Mudah saja.

Saat mulai berbunyi “bip” ketika berjalan mendekati mobilnya, cukup klik handel pintunya sekali saja dan mobil tidak jadi membuka pintu bagasinya. Atau jika tidak ingin menggunakan fungsi ini, cukup dinonaktifkan saja via settings di MID yang caranya sudah tertera di atas.

 

Untuk informasi lainnya mengenai The Grand Santa Fe, silakan sambangi website Hyundai Indonesia dengan klik link berikut ini.

Galeri Foto Bagasi Elektrik Hyundai The Grand Santa Fe:

Fransiscus Rosano

Meski menyandang gelar S.T., namun pria botak ini merasa pekerjaan di jurnalistik otomotif lebih cocok dan menyenangkan sehingga setelah melewati tiga tahun dunia kerja pertama sebagai Jurnalis di Tabloid Otomotif, kini menjadi Reviewer mobil di Carmudi Indonesia. Jumlah mobil yang pernah dicoba? Hmm, mungkin sekitar 200-300 yaa...
Follow Me:

Related Posts

/