Tips dan Trik

Biaya Servis dan Tips Perawatan Power Window Biar Awet

Seringkali terlontar pertanyaan, berapa biaya servis atau perbaikan power window mobil? Kira-kira mahal tidak?

Dua pertanyaan biasanya keluar dari mereka pemilik mobil bekas atau mobil yang usianya sudah cukup lama.

Power window saat ini bukanlah fitur mewah seperti 20 tahun lalu. Hampir semua mobil dengan versi terendah sudah dibekali dengan power window.

Adanya fitur power window tentunya sangat membantu pengguna mobil. Mereka tak lagi menggunakan window by power alias diengkol. Hehehe…

Kaca Power Window Biaya Servis Power Window

Power Window

Dari penggunaan, jelas power window lebih nyaman; cukup menekan tombol untuk membuka dan menutup kaca.

Tetapi seiring waktu dan seringnya pemakaian, power window juga akan bermasalah. Biasanya butuh waktu yang cukup lama hingga power window bermasalah.

Terkadang masalah tersebut diakibatkan oleh pengguna mobil itu sendiri. Banyak pengguna mobil yang kurang memperhatikan kendaraannya, sehingga bisa bermasalah.

Penyebab Power Window Bermasalah

Umumnya power window akan bermasalah pada mobil yang usianya lebih dari 10 tahun. Tetapi, terkadang ada juga beberapa mobil yang usianya lebih muda namun masalahnya muncul lebih dulu.

Salah satu penyebab kerusakan power window biasanya terdapat kerusakan pada beberapa komponen. Seperti dinamo, regulator, relay, dan kabel-kabel power window.

Kaca Jendela mobil

Ilustrasi kaca jendela mobil (Foto: Kelownanow)

Namun umumnya, komponen tersebut bermasalah akibat kotor. Seiring pemakaian, kotoran dan debu menumpuk sehingga mengganggu kinerja komponen.

Kotoran dan debu ini kerap masuk dari sela yang ada di pintu, jendela dan tombol power window. Untuk itu penting sekali bagi pemilik mobil agar rajin membersihkan kendaraan.

Dinamo Lemah

Dinamo yang lemah terjadi karena usia. Jika usia mobil sudah lebih dari 10 tahun, rasanya hal tersebut wajar jika dinamonya sudah lemah.

Untuk mengatasi hal ini, Carmudian bisa membawanya ke bengkel spesialis dinamo. Biasanya pihak bengkel akan mengecek terlebih dahulu kondisi dinamonya.

Dinamo yang bermasalah masih bisa diservis, sehingga biaya servisnya cukup murah. Namun bagi yang ingin cara cepat bisa mengganti dengan dinamo yang baru.

Dinamo baru tentunya punya harga yang lebih mahal. Tetapi keawetan komponen sangat terjamin, sebab barang tersebut merupakan barang yang baru, bukan rekondisi.

Karet Kaca Jendela Biaya Servis Power Window

Karet kaca jendela kerap luput dari pembersihan.

“Kalau dinamo masih bisa dibersihkan dan diganti komponen yang rusak di bagian dalamnya. Biayanya murah, tergantung kerusakan dan jenis dinamonya,” kata Jajang, spesialis power window di bilangan Ciganjur, Jakarta Selatan kepada Carmudi.

Ia mengatakan terkadang dinamo hanya cukup dibersihkan memakai cairan contact cleaner atau WD-40. Tujuannya agar melumasi bagian yang ada di dalam jika memang kurang lancar.

Namun jika sudah parah sebaiknya diganti.

Gigi Regulator Aus

Regulator jadi komponen power window yang sering bermasalah selanjutnya. Pada regulator terdapat gigi untuk menggerakkan kaca mobil. Nah, regulator ini terkadang giginya sudah aus atau habis hingga tak bisa berjalan normal.

Jika sudah seperti ini, regulator biasanya perlu diganti. Carmudian bisa menggunakan komponen copotan atau part baru.

Harga sebuah regulator power window baru biasanya cukup mahal. Berkisar Rp400 ribuan sampai Rp800 ribuan. Terkadang ada yang harganya sampai lebih dari Rp1 jutaan.

Tips Menjaga Power Window Awet

Muhammad Zuhdi, Senior Manager Service Division PT Honda Prospect Motor (HPM) membeberkan sedikit tips merawat power window.

“Usahakan tidak sering terkena air. Baik itu air hujan saat membuka pintu atau jendela, atau air saat mencuci mobil. Umumnya air inilah yang menjadi salah satu penyebab,” katanya.

Terkadang pemilik mobil suka tidak sadar saat membuka kaca di kala hujan. Efeknya tentu cukup buruk pada keawetan karet jendela.

kaca mobil

Menurut Zuhdi, karet-karet ini diklaim bisa lebih mudah getas jika sering terkena air. Selain terkena air saat dalam perjalanan, posisi parkir juga sangat menentukan.

Banyak pemilik mobil yang memarkirkan mobilnya di bawah terik matahari dan sering terkena debu. Hal ini semakin memperpendek usia karet-karet yang ada di jendela.

Debu yang menempel akan masuk ke celah-celah karet dan mengotori. Efeknya naik turun kaca menjadi lambat.

Kaca yang getas akibat terpapar sinar matahari juga jadi pendukung naik turun kaca menjadi lambat. Usahakan parkirkan mobil di tempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari langsung.

Usahakan juga mobil tidak diparkir di bawah terik matahari dan hujan dalam waktu lama. Jika memang terpaksa begitu lama, usahakan tutupi mobil dengan cover yang anti air dan anti panas.

Merawat bodi mobil dengan cara membungkusnya biaya servis power window

Ilustrasi membungkus mobil dengan cover. (Foto: Assets.weathertech)

Cara terakhir bisa menggunakan cairan pembersih pelipit jendela. Cairan ini biasanya berbentuk spray mirip dengan carburator cleaner.

Cairan tersebut bisa membuat karet menjadi lebih lentur sehingga keawetan karet bisa lebih terjaga dan bisa membersihkan kotoran juga.

Biaya Servis Power Window

Sebenarnya biaya untuk melakukan servis power window bisa dibilang tidak mahal. Banyak bengkel spesialis yang menawarkan biaya jasa yang cukup terjangkau.

Jajang salah satunya. Bengkel spesialis dinamo dan radiator ini mengaku untuk biaya jasanya saja berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp350 ribuan untuk servis dinamo.

Kerusakan power window tentunya berbeda-beda. Ada yang rusak di bagian relay-nya, regulator, atau kabelnya.

Untuk bisa mendeteksi kerusakan perlu dilakukan pengecekan secara penuh.

“Biasanya kita cek dari hal yang termudah dan termurah. Misalnya cek bagian kabel atau relay-nya,” kata Jajang.

biaya servis power window

Kaca jendela mobil terkadang harus dalam kondisi terbuka. (Foto: Azfamily)

Biaya tersebut biasanya hanya untuk jasa pengerjaannya saja, belum termasuk penggantian komponen. Jika ada kerusakan, ia akan memberikan informasi kepada pemilik mobil.

Mau diganti dengan komponen yang baru atau diperbaiki, semua akan dikembalikan ke pemilik mobil.

“Tergantung orangnya (pemilik mobil) aja. Kadang ada yang mau diakalin aja. Tapi yang minta diganti baru juga banyak, biar awet,” tambah pria paruh baya ini.

Umumnya bengkel spesialis akan menawarkan biaya jasa yang lebih terjangkau dibanding bengkel resmi. Jika di bengkel resmi, konsumen biasanya hanya akan diberikan opsi penggantian barang.

Hal tersebut sudah merupakan standar prosedur yang ada di bengkel resmi. Maka dari itu, di bengkel resmi jarang sekali yang mau melayani permintaan konsumen untuk mengakali komponen yang rusak.

Biaya servis power window sebenarnya tidak bisa ditentukan secara spesifik. Umumnya pihak bengkel akan memeriksa terlebih dahulu sebelum menentukan biaya jasanya.

Terkadang banyak orang hanya ingin tahu tentang biaya servis power window-nya saja. Padahal, kerusakan bisa berbeda-beda yang dialami oleh setiap orang.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts