BeritaTips dan Trik

Cara Alami Hilangkan Bau Menyengat Dalam Kabin Mobil

Jakarta – Seringkali kenyamanan berkendara terganggu dengan bau kabin mobil. Bau tidak sedap dalam kabin mobil dapat mengganggu konsentrasi pengendara.

Banyak hal yang dapat menimbulkan bau di dalam kabin, seperti, jok atau karpet yang lembab, tumpahan makanan hingga bau asap rokok. Efek yang ditimbulkan tak sekedar bau dari aroma makanan tapi juga timbul bakteri dapat menyebabkan bau.

Apalagi pada saat Anda menghidupkan AC, ruang kabin yang tertutup menyebabkan udara hanya berputar di dalam kabin. Untuk menghilangkannya, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan mengusir aroma tak sedap.

Lebih bahaya lagi bagi Anda, yang mempunyai kebiasaan merokok di dalam mobil, asapnya akan menempel di setiap sudut kabin termasuk pakaian yang dikenakan.

Cara paling mudah untuk menghilangkan bau rokok adalah dengan menggunakan wewangian baik yang disemprot maupun digantung pada lubang angin mobil, namun hal itu hanya menutupi bau rokok dengan aroma baru yang terkadang membuat alergi.

Bahan Alami

Agar lebih sehat sebaiknya coba dulu bahan alami yang biayanya sangat murah. Bahan-bahannya ada disekitar Anda, pastinya hanya caranya saja yang harus kita pahami.

Baking Soda
Bahan ini bisa menghilangkan berbagai macam aroma tak sedap karena sifatnya yang dapat menyerap berbagai jenis bau. Caranya mudah sebarkan secara merata pada beberapa bagian mobil yang terasa paling menyengat. Tinggalkan selama beberapa jam.

Arang
Arang yang merupakan sisa pembakaran kayu ini dapat menghilangkan bau. Caranya mudah cukup letakkan beberapa potong arang dalam sebuah mangkok dan biarkan selama beberapa hari.

Kopi
Bubuk kopi atau biji kopi memiliki kemampuan menyerap bau dan mentralkan udara dengan baik. Caranya jangan menyebarkan bubuk kopi secara langsung.

Karena dapat meninggalkan noda. Masukkan bubuk kopi dalam wadah kecil dan letakkan di tempat sumber bau.

Baca juga: Kenali Aroma Mobil

Jeruk
Kulit jeruk atau irisan buah jeruk ampuh menghilangkan bau tak sedap seperti asap rokok. Aroma jeruk mampu menjadikan ruang kendaraan lebih segar.

Caranya cukup tinggalkan beberapa irisan jeruk dalam mobil dan biarkan selama beberapa waktu. Bila telah mengering dibuang.

Daun Pandan
Daun pandan yang biasa digunakan untuk pewangi makanan atau bahan kerajinan ternyata bisa digunakan untuk mengilangkan bau. Potong daun pandan secukupnya lalu letakkan di bawah jok. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts