Mobil Tips dan Trik

Cara Cepat Membedakan Ban Bias dan Radial saat Digunakan

Perbedaan ban bias dan radial (Foto GT)

Jakarta – Ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Tanpa ban, sepeda motor maupun mobil tidak dapat berjalan normal. Sekarang ini banyak sekali jenis ban, dari segi konstruksi, ban terbagi dalam dua tipe yaitu ban bias dan radial. Umumnya ban bias digunakan oleh mobil komersial sebab harganya lebih terjangkau. Sedangkan ban radial mempunyai kontruksi carcass cord dengan sudut 90 derajat terhadap garis tengah lingkar ban. Ban jenis ini lebih banyak ditemukan pada kendaraan penumpang dan truck ringan.

Selain kedua hal tersebut sebenarnya masih banyak lagi perbedaan antara ban bias dan radial. Menurut Zulpata Zainal perwakilan dari PT Gajah Tunggal Tbk membeberkan setidaknya ada tiga point utama untuk mengetahui perbedaan ban bias dan radial. Berikut ini penjelasan singkat Zulpata ketika memberikan materi dalam rangka kegiatan Bro Ringo (Obrolan Ringan Otomotif) yang diadakan oleh Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot) beberapa hari lalu di Bogor, Jawa Barat.

Banyak macam ban jenis radial, pilih sesuai dengan kebutuhan. Foto/GT Radial.

Ban Radial

1. Dinding samping lebih tipis dan lebih lentur, sehingga akan terasa lebih nyaman dipakai.
2. Telapak lebih kaku sehingga mencengkram jalan lebih kuat.
3. Dinding samping yang lebih lentur akan menyerap gaya menyamping saat berbelok sehingga kendaraan tetap stabil.

Ban Bias

1. Dinding samping lebih tebal dibanding radial, sehingga akan mengurangi kelenturan, akibatnya setiap gerak (manuver) akan mempengaruhi kontak ban ke jalan.
2. Telapak kurang kaku dibanding radial.
3. Pada saat menikung sebagian telapak akan terangkat dari aspal.

Di samping perbedaan ban radial dan bias, Zulpata juga memaparkan secara singkat mengenai fungsi ban yang perlu diketahui oleh pemilik kendaraaan supaya lebih perhatian lagi terhadap karet bundar berwana hitam tersebut.

Fungsi Utama Ban

1. Menyangga beban.
2. Meneruskan daya dorong dan pengereman.
3. Fungsi steer dan kontrol arah kendaraan.
4. Meredam getaran dari permukaan jalan.

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts