Home » Sample Blog » Ini Deretan Mobil dengan Gaya Desain Khas Amerika

Ini Deretan Mobil dengan Gaya Desain Khas Amerika

Jakarta – Amerika Serikat (AS) sudah sejak lama jadi salah satu kiblat otomotif dunia. Negara adikuasa ini telah banyak memproduksi mobil dari berbagai jenis, baik untuk pasar domestik atau global. Dari sekian banyak produk, ada beberapa mobil yang bergaya Amerika banget.

Manufaktur asal AS juga berperan besar memajukan industri otomotif dunia. Ciri khas ‘American Style’ ini sangat mudah dilihat dan cukup mencolok. Mobil-mobil tersebut biasanya bermesin besar, desain macho dengan garis bodi tegas (berotot), lalu fitur futuristik.

Baca juga:
Mobil Baru GIIAS 2017 Lansiran Eropa dan Amerika
Superior! Mobil Buatan China Dapat Rating Tinggi Saat Uji Tabrak di Amerika

Ciri ini sudah ada sejak awal abad ke-20 dan bertahan hingga saat ini. Berikut ini jajaran mobil yang bergaya khas Amerika yang dikutip dari Autoevolution.

Ford Model T

mobil yang bergaya amerika
Deretan Mobil yang Bergaya Amerika Banget – Ford Model T

Inilah tonggak awal kebangkitan otomotif Negeri Paman Sam. Henry Ford memang bukan penemu mobil, atau penggagas industri manufaktur kendaraan. Ia jadi pelopor ‘mobil rakyat’ pertama kali di dunia melalui Model T.

Ford berusaha agar Model T bisa diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak saat itu. Pabrikan blue oval menerapkan standarisasi suku cadang dan efisiensi proses produksi. Hasilnya, Ford Model T hadir sebagai mobil murah untuk masanya.

Pada 1913, Model T dijual mulai dari US$525. Dihitung untuk inflasi, jumlah tersebut setara dengan US$12.740 dalam nilai hari ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah AS, mobil jadi salah satu target hidup yang perlu diraih karena hadirnya Ford Model T.

Willys Overland MB

mobil yang bergaya amerika
Deretan Mobil yang Bergaya Amerika Banget – Jeep Overland MB

Nama Jeep Willys sudah terkenal sebagai mobil petualang kelas berat. Sebelum itu, Willys bahkan sudah ambil bagian dalam pertempuran.

Mobil yang satu ini semacam ikon dalam Perang Dunia II. Amerika Serikat menciptakan Willys sebagai kendaraan angkut taktis di medan perang. Kinerja mobil ini sudah teruji di berbagai medan, baik jalan perkotaan, gurun pasir, atau membelah hutan belantara.

Willys-Overland memproduksi sekitar 361.339 unit MB dari tahun 1941 sampai 1945. Peran produsen ini tidak bisa dikesampingkan, karena jadi pelopor SUV tangguh Civilian Jeep alias CJ untuk kalangan sipil. Desain Willys terus bertahan hingga saat ini pada keluarga Jeep Wrangler.

Chevrolet Bel Air

mobil yang bergaya amerika
Deretan Mobil yang Bergaya Amerika Banget – Chevrolet Bel Air

Bel Air jadi simbol mobil yang bergaya Amerika banget. Pada dekade 1950-1960, desain mobil memiliki buntut yang meruncing seperti roket. Konon ini untuk merayakan keberhasilan Amerika Serikat membangun pesawat antariksa pertama mereka.

Bel Air jadi simbol kendaraan roda empat paling trendi masa itu. Desain masih tetap bongsor sebagaimana mobil Amerika pada umumnya. Bagian paling mencolok yaitu fin tail yang diciptakan oleh Harley Earl.

Pontiac GTO dan Ford Mustang

mobil yang bergaya amerika
Deretan Mobil yang Bergaya Amerika Banget – Pontiac GTO

Secara umum, Oldsmobile 88 dianggap sebagai mobil otot pertama. General Motors kemudian mempopulerkan era muscle car melalui Pontiac GTO.

Mobil sedan dua pintu ini penampilannya begitu macho dan memikat kalangan muda era 60-an. Pontiac GTO sama sekali tidak ada hubungannya dengan kependekan dari istilah Gran Turismo Omologato pada keluarga Ferrari.

mobil yang bergaya amerika
Deretan Mobil yang Bergaya Amerika Banget – Ford Mustang

Muscle car lainnya yang begitu identik dengan Amerika yaitu Ford Mustang. Si kuda poni, begitu julukan Mustang, dibangun dari basis Ford Falcon. Mustang dibuat dengan skema produksi yang cepat dan terjangkau.

Hasilnya, si kuda poni jadi mobil ikonik yang terjangkau saat itu. Ford menjualnya seharga US$2.368, atau kira-kira sekitar US$18.350 pada nilai saat ini.

Tesla Model S

mobil yang bergaya amerika
Deretan Mobil yang Bergaya Amerika Banget – Tesla Model S

Inilah mobil listrik produksi massal pertama yang kemudian populer di dunia. Tesla Model S menawarkan segala macam fitur canggih, sehingga membuatnya sebagai mobil yang lengkap.

Sistem penggeraknya sudah didukung motor listrik All Wheel Drive. Fitur semi otonom juga telah tersedia untuk memanjakan pengemudi saat cruising di jalan tol atau perjalanan jarak jauh.

Namun demikian, Tesla Model S bukanlah mobil murah sebagaimana Ford Model T, atau Ford Mustang. Mobil ini masuk kategori sedan kelas atas dengan interior mewah dan output motor elektrik yang besar. Harga jual mobil sekitar US$66 ribu membuat Tesla Model S bisa disejajarkan dengan Mercedes-Benz CLS-Class. (dna)

Yamaha NMax
Previous post
Banyak Fungsi Lain dari Bagasi Yamaha NMax
beli mobil pakai koin receh
Next post
Lagi-lagi, Konglomerat Beli Mobil Pakai Koin Receh