Berita Mobil

Ini Modal DFSK untuk Bersaing dengan Mobil Jepang di Indonesia

dfsk

SUV dari Sokonindo yang dijual di Indonesia awal 2018, siap bersaing dengan mobil Jepang (Foto: Carmudi)

Jakarta – Bukan rahasia lagi bila pasar otomotif di Indonesia didominasi produsen mobil asal Jepang. Sebut saja beberapa di antaranya Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, Mitsubishi, dan lainnya.

Namun bagi produsen mobil yang bermarkas di China, DFSK atau DongFeng Sokon, hal tersebut bukan menjadi sebuah halangan untuk menjalankan bisnis roda empat di Tanah Air.

DFSK masuk Indonesia melalui PT Sokonindo Automobile (Sokonindo). Melihat dominasi mobil Jepang di Indonesia sangat tinggi, Sokonindo menyiapkan modal untuk bersaing yaitu dengan mempelajari karakter masyarakat di Indonesia. Selain itu, satu hal yang paling penting adalah menghadirkan sebuah produk baru yang sudah disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Baca juga: Sokonindo Berani Jor-Joran di IIMS 2018

Sebagai pertanda hadirnya DFSK di Indonesia, Sokonindo sudah memperkenalkan satu mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV), yaitu Sokon Glory 580. Perusahaan mengklaim mobil tersebut cocok digunakan oleh konsumen di Indonesia.

“Tentunya kami sebelum luncurkan produk, kami mempelajari seperti apa minat masyarakat terhadap kendaraan. Khususnya di segmen SUV dan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Karena itu kami pastikan produk yang akan kami kenalkan sesuai dengan keinginan masyarakat Indonesia, dari sisi kelengkapan dan dari sisi kebutuhan untuk mendukung aktivitas sehari-hari,” ujar Permata Islami, General Manager Marketing Sokonindo, di Jakarta, baru-baru ini.

Seakan mengikuti jejak dari produsen mobil Jepang, Sokonindo mengawali niat untuk menggarap pasar Indonesia dengan mendirikan pabrik untuk memproduksi mobil yang akan dipasarkan. Pembangunan pabrik juga merupakan salah satu strategi utama bagi Sokonindo.

Baca juga: Sokon Glory 580, Rival CR-V dari China Bisa Dipesan di IIMS 2018 Seharga Rp240 Jutaan

“Dengan menunjukkan apa adanya, ya DFSK datang ke Indonesia dengan komitmen tinggi. Contohnya kita membuat satu pabrik yang menurut saya tidak kecil dan sudah lengkap dengan teknologi terbaru dan sudah mengusung konsep Industri 4.0. Kita juga membuat satu produk dengan memasukkan konten-konten lokal. Artinya inspirasi-inspirasi konsumen di Indonesia. Jadi kita pelajari dulu apa yang dibutuhkan masyarakat, lalu kita sesuaikan dengan produk yang akan kita perkenalkan,” terang pria yang akrab disapa Arta itu.

Antusias Calon Konsumen Sokon Glory 580 Tinggi

Sokon Glory 580 sudah diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Tak lama setelah itu, perusahaan mulai membangun jaringan, supaya konsumen mudah untuk melakukan pemesanan Sokon Glory 580.

Walaupun belum ada data resmi jumlah calon konsumen yang sudah melakukan pemesanan, menurut Arta antusias calon konsumen terbilang tinggi.

“Saya belum bisa beri gambaran (jumlah pemesan), karena ini baru mulai (buka pesanan). Mungkin bakal kelihatan setelah pameran kami sendiri atau saat IIMS 2018. Kami berharap kalau dilihat memang sudah perkenalan saat di pabrik dan pada saat GIIAS, walaupun hanya prototype, tapi itu antusias (pengunjung) cukup banyak ke booth kami saat GIIAS lalu,” jelas dia.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Membeli Sokon Glory 580

Arta menambahkan, antusias yang tinggi juga terlihat lewat sosial media. Ternyata tidak sedikit para ‘netizen’ mencari tahu soal produk dari DFSK dan menantikan kemunculan resminya.

dfsk

Pabrik Sokonindo yang memproduksi mobil SUV (Foto: Istimewa)

“Di sosmed sudah cukup banyak yang menantikan. Karena memang di segmen ini (SUV) untuk varian yang kami luncurkan nanti sudah cukup lengkap fitur-fiturnya dan sudah kami berikan dengan harga yang sangat menarik,” pungkas Arta.

Sebagai informasi, Sokon Glory 580 bakal resmi dipasarkan pada kuartal kedua tahun ini. Mengenai harga jualnya, perusahaan belum mengumumkan secara resmi. Namun kisarannya mulai dari Rp240 jutaan sampai Rp300 jutaan. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts