Home » Mobil » Evolusi Nissan Navara Menjadi Sebuah SUV Bernama Xterra

Evolusi Nissan Navara Menjadi Sebuah SUV Bernama Xterra

Penulis: Endara Darata

Bangkok – Kabar santer dari merek Nissan terkait kemunculan unit SUV yang menggunakan Navara makin menggeliat. Rumor ini cukup lama berhembus hingga muncul sebuah gambar sebuah SUV dari Nissan penantang Pajero Sport, Ford Everest, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Chevrolet Trailblazer, dan Isuzu MU-X.

Seperti dilansir dari laman Paultan (2/11), SUV terbaru dari Nissan ini mempunyai nama Xterra dan akan muncul untuk pertama kalinya di pasar otomotif Cina tahun ini. Sayangnya pihak Nissan masih enggan berbicara banyak terkait Xterra yang disebut-sebut sebagai Next Gen Nissan Paladin atau evolusi dari Navara.

Nissan Xterra termasuk di keluarga mid-size SUV, bila melihat fotonya sosok Navara generasi terakhir sangat kental terlihat desainnya tampilan depannya. Akan tetapi terdapat perbedaan desain pada lampu utama dan juga grillnya.

Terkait pasar, setelah Cina menyusul di 2018 SUV Nissan Xterra akan masuk ke Thailand. Nah biasanya setelah Thailand pasar berikutnya adalah Indonesia, hal ini yang biasa dilakukan dalam strategi pemasaran otomotif.

Sangat memungkinkan, karena di Tanah Air pasar mid-size SUV cukup “gurih” alias cukup banyak peminat. Bila benar maka Nissan akan bertarung dengan beberapa merek Jepang dan Eropa lainnya yang lebih dulu memasarkan produk mid-size SUV nya di Tanah Air.

Menengok Spesifikasi yang diberikan Nissan

Kabarnya pihak Nissan menanamkan mesin turbo diesel 2,3 liter (190 hp / 450 Nm), disandingkan dengan transmisi manual enam percepatan. Menggunakan transmisi otomatis tujuh percepatan, bersamaan dengan pilihan penggerak roda belakang atau empat roda. Juga akan tersedia versi manual 5-percepatan.

Selain itu juga akan dibekali dengan fitur Twist Dial yang diperuntukkan bagi pengendara untuk memilih sistem penggerak roda 2WD atau 4WD. Pengendara bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Bagi pecinta otomotif Off Road, jangan langsung senang mendengar kabar mengenai penggerak 4WD yang ada pada mobil ini. Kemungkinan saat masuk ke Indonesia, fitur ini bisa saja dihilangkan, karena biasanya untuk mengurangi harga jual.

Akan tetapi tak menutup kemungkinan bila pasarnya baik, pihak Nissan akan memasukkan model penggerak 4WD. Kabar kemungkinan lain dikatakan Nissan juga akan memasukkan mesin berbahan bakar bensin, sayangnya tak disebutkan secara rinci. Kita tunggu saja.

Yamaha
Previous post
Yamaha Indonesia Uji Coba Skuter Elektrik Mirip Fino
Brilliant Sporty Blue Metallic
Next post
Honda Civic Type R Warna Biru Tampil Perdana di Surabaya