Reviews

First Drive Mitsubishi New Xpander, Kemampuan 2 Bagian Ini Berubah Total

Karawang – Carmudi beruntung mendapatkan kesempatan untuk mencicipi First Drive Mitsubishi New Xpander secara eksklusif di Proving Ground milik Bridgestone di Karawang, Jawa Barat, Selasa (15/11/2021) kemarin.

Di tempat tersebut kami mencicipi berbagai kontur jalan yang dibuat mirip dengan kondisi jalan Indonesia. Ada beberapa titik yang tersedia di tempat tersebut.

first drive new xpander

Mulai dari trek lurus, tikungan berbentuk huruf ‘S’, jalan beraspal, jalan bergelombang, jalan dengan material concrete atau cor-coran, hingga tikungan berbentuk ‘U’ yang bisa digunakan untuk kecepatan tinggi.

Pengujian yang berlangsung sejak pagi hingga sore ini setidaknya cukup membuat kami untuk merasakan generasi terbaru dari Xpander ini. Lalu bagaimana rasa berkendara Mitsubishi Xpander yang berganti wajah ini?

Dimensi Mitsubishi New Xpander

Di Indonesia, New Xpander ditawarkan dalam 7 varian. Uniknya ada dua varian yang memiliki ground clearance lebih tinggi.

Varian Ultimate CVT, Sport CVT, Sport MT, Exceed CVT, dan GLS CVT memiliki ground clearance 220 mm. Sedangkan Exceed MT dan GLS MT memiliki ground clearance paling tinggi, mencapai 225 mm.

Dimensi dari mobil ini mencapai 4.595 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.750 mm. Sedangkan dimensi pada varian sebelumnya mencapai 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm.

Data Spesifikasi Mitsubishi Xpander Terbaru

First Drive Mitsubishi New Xpander

Mesin Lebih Halus

Saya diberikan kesempatan mengendarai New Xpander ini di Proving Ground Bridgestone selama lebih kurang 30 menit atau setara dengan 10 putaran.

Impresi yang saya dapatkan pertama kali adalah performa mesinnya yang jauh lebih halus. Padahal mesin yang digunakan masih sama, berkapasitas 1.499 cc, 4 silinder, 105 hp @6.000 rpm dengan torsi 141 Nm @4.000 rpm.

first drive new xpander

First Drive Mitsubishi New Xpander

Harus diakui jika penggunaan transmisi CVT ini memberikan pengaruh sangat besar terhadap kehalusan mesin. Perpindahan giginya pun menjadi sangat halus dan bahkan hampir tidak terasa.

Ketika di trek lurus, saya menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mencari tahu performa mesinnya. Hasilnya mobil masih sanggup diajak berlari hingga 140 km/jam walaupun dengan effort lebih dari penggunaan transmisi CVT.

Saat pedal gas diinjak dalam-dalam, perpindahan giginya terasa pada putaran 5.500-6.000 rpm. Raungan mesin pun masih cukup terdengar dari dalam kabin yang mana hal tersebut kami rasa masih cukup wajar.

Perpindahan gigi transmisi pada 5.500-6.000 rpm ini hanya ada pada mode agresif saat pedal gas diinjak hingga mentok. Namun jika berkendara santai, perpindahan giginya bahkan hampir tidak terasa.

First Drive Mitsubishi New Xpander

Untuk diajak kebut-kebutan di trek lurus, Mitsubishi New Xpander ini terasa lebih stabil dari versi lamanya. Setirnya pun juga terasa lebih ringan, sehingga bisa memberikan kenyamanan lebih kepada penggunanya.

Head of Sales Training Section PT MMKSI, Arif Dwianto mengatakan jika ada sensasi mirip dengan penggunaan shift tronic saat sedang pindah gigi. Hal ini diklaim mampu memberikan sensasi berkendara yang lebih sporty saat sedang di kecepatan tinggi menurutnya.

Suspensi Lebih Baik

Pihak Mitsubishi mengatakan jika mereka melakukan tuning ulang pada bagian suspensi, terutama di belakang. Di bagian depan suspensinya memakai MacPherson Strut, sedangkan di belakang memakai Torsion Beam.

Keduanya diracik ulang agar bisa memberikan kestabilan yang lebih baik. Hal tersebut saya buktikan ketika mobil hendak melibas tikungan yang ada di trek pengujian.

First Drive Mitsubishi New Xpander

Pada saat sedang melaju di kecepatan 80 km/jam, mobil masih bisa diajak menikung dengan baik. Handling yang dihasilkan dari special tuned suspension ini memang terasa cukup signifikan perbedaannya.

Bahkan kedua suspensi depan dan belakang ini juga punya karakter yang lebih mantap. Bantingannya sedikit lebih keras jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang terasa cukup empuk dan lembut.

Memasuki tikungan ‘U’ yang punya kemiringan 10 derajat dengan kecepatan 90 km/jam, mobil juga masih ‘nurut’ dengan baik. Bodi dari Mitsubishi New Xpander ini terasa lebih rigid dari sebelumnya, sehingga handling yang dihasilkan membaik.

Melewati jalan bergelombang pada kecepatan 80 km/jam pun tidak terasa terlalu keras dan cenderung nyaman. Beberapa lap saya mencoba kembali ke jalur bergelombang tersebut, rasanya saya cukup takjub dengan kenyamanan yang dihasilkan.

Awalnya saya menduga ketika melibas jalan bergelombang pada kecepatan di atas 60 km/jam akan terasa sangat keras. Nyatanya mobil masih bisa memberikan kenyamanan dengan baik.

Secara tampilan, New Xpander ini memang jauh lebih baik baik di bagian eksterior maupun interior. Mobil yang dijual dengan harga termurah Rp249,9 juta dan termahal Rp299,7 juta ini rasanya bisa menjadi salah satu pilihan MPV yang ada di Tanah Air.

Tertarik untuk membeli Mitsubishi Xpander terbaru ini? Yuk, cek simulasi kreditnya di sini.

Simulasi Kredit Mitsubishi Xpander

Penulis: Rizen Panji

Foto: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *