Berita

Fitur Keselamatan All New Honda BR-V Lebih Kaya Ketimbang Rush

Jakarta – Beda dari model terdahulu, kini All New Honda BR-V telah dilengkapi dengan rangkaian fitur keselamatan dan keamanan canggih yang tidak ditemukan pada pesaingnya, yaitu Toyota Rush.

Honda BR-V pertama kali meluncur di Indonesia pada 2015. Sejak saat itu PT Honda Prospect Motor (HPM) hanya melakukan beberapa kali penyegaran minor saja, tanpa banyak melakukan perubahan wajah dan menambah fitur di mobil.

Fitur Keselamatan Honda BR-V

All New Honda BR-V (Foto: HPM)

Memasuki pertengahan September 2021, HPM secara resmi memperkenalkan All New Honda BR-V dengan tampilan dan fitur terbaru, berbeda jauh dari generasi pertama.

Kini All New Honda BR-V punya bentuk bodi yang dinamis, dengan garis bodi tegas menyatu dari depan hingga ke bagian belakang bodi.

Sedangkan bagian interiornya, dirancang sedemikian rupa untuk memberikan rasa nyaman dan lapang bagi pengemudi dan penumpang. Di tambah beberapa perangkat pendukung demi menciptakan kesenangan berkendara.

Di samping perubahan total pada sektor eksterior maupun interior, Honda menambahkan beberapa fitur keselamatan canggih yang tergabung dalam paket Honda Sensing.

Berkat penyematan teknologi Honda Sensing membuat All New BR-V tak hanya aman dan nyaman bagi pengemudi dan penumpang, tapi juga menjadikannya semakin berkelas, ketimbang para kompetitornya, sebut saja satu di antaranya Rush.

Harga Toyota Rush GR Sport

(Foto: TAM)

Komparasi Fitur Keselamatan All New Honda BR-V dengan Toyota Rush

Fitur keselamatan canggih Honda Sensing di All New Honda BR-V hanya tersedia di varian tertinggi saja, yaitu BR-V Prestige CVT.

Sedangkan pada Toyota Rush, fitur keselamatan terpasang di semua varian.

Lantas fitur keselamatan apa saja yang tersemat di All New Honda BR-V dan Toyota Rush, berikut ini uraian singkatnya.

All New Honda BR-V

Selain fitur keselamatan dan keamanan standar seperti airbag, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), ABS + EBD, dan lainnya, All New BR-V juga punya Honda Sensing.

Collision Mitigation Brake System (Foto: HPM)

Honda Sensing merupakan serangkaian fitur yang memberikan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang dengan memberikan peringatan secara otomatis dan mengambil tindakan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Setidaknya ada enam fitur yang masuk dalam paket Honda Sensing.

  • Lead Car Departure Notification System (LCDN)

Fitur LCDN berfungsi untuk menginformasikan pengemudi saat kendaraan didepannya mulai berjalan. Fitur ini sangat berguna ketika berkendara di tengah kemacetan maupun saat berhenti di lampu merah.

  • Collision Mitigation Brake System (CMBS)

Melalui fitur CMBS pengemudi akan diberi peringatan apabila sistem membaca adanya potensi tabrak depan. Selain itu, dapat membantu mengurangi kecpatan kendaraan.

  • Lane Keeping Assist System (LKAS)

Menjaga kendaraan agar tetap melaju di lajur yang benar, serta memberikan peringatan kepada pengemudi berupa getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari lajur secara tiba-tiba.

  • Road Departure Mitigation (RDM)

Fitur RDM berfungsi untuk melakukan koreksi secara otomatis pada lingkar kemudi apabila kendaraan keluar lajur.

  • Adaptive Cruise Control (ACC)

Membantu mengurangi kecepatan bahkan melakukan pengereman penuh jika kendaraan yang ada di depan berhenti. Dengan begitu jarak aman antara mobil Anda dan kendaraan lain tetap terjaga.

  • Auto-High Beam

Merubah lampu jauh menjadi lampu dekat apabila sistem membaca ada kendaraan lain datang dari arah berlawanan.

Fitur Keselamatan Honda BR-V

Lead Car Departure Notification System (Foto: HPM)

Toyota Rush

Toyota Rush varian terendah sampai tertinggi telah dibekali dengan fitur keselamatan.

Mengacu pada situs resmi Toyota Indonesia, terdapat enam fitur keselamatan utama yang diunggulkan oleh Toyota.

Vehicle Stability Control (Foto: TAM)

  • Anti-lock Braking System (ABS)

Sistem pengereman pada kendaraan yang mencegah roda mengunci saat melakukan pengereman secara penuh dan mendadak untuk mengurangi risiko tabrakan.

  • Hill Start Assist Control (HSA)

Mencegah mobil merosot atau mundur ketika kendaraan berhenti dan hendak melaju kembali di jalan tanjakan. Sehingga pengemudi menjadi lebih percaya diri melewati jalan menanjak.

  • Vehicle Stability Control (VSC)

Menjaga kendaraan agar tetap stabil saat menikung.

  • Emergency Brake Signal (EBS)

Lampu darurat atau lampu hazard akan menyala otomatis jika pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Anti-lock Braking System (Foto: TAM)

  • Assuring 7 Seat Belt Indicators

Indikator yang mengingatkan penumpang maupun pengemudi supaya mengenakan sabuk pengaman.

  • 6 Airbags

Pengemudi dan penumpang yang duduk di bangku baris pertama akan terlindungi dengan tambahan side airbag dan curtain airbag.

Sedangkan penumpang baris kedua dan ketiga dilindungi oleh curtain airbag.

Baca Juga

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts