Berita

Fokus Mobil Listrik, Jaguar Mulai Kenalkan Produk Baru pada 2025

Inggris — Jaguar dikabarkan tidak akan memperkenalkan model baru hingga tahun 2025 karena produsen otomotif asal Inggris tersebut ingin fokus dalam mempersiapkan mobil listrik.

Diberitakan Le Monde, Perancis, Jaguar disebut tidak ingin berkompetisi secara langsung dengan brand-brand besar Eropa lain seperti BMW, Mercedes-Benz, dan Audi. Hal tersebut tertuang dalam strategi Reimagine yang diumbar Jaguar beberapa waktu lalu.

Mereka ingin memfokuskan diri mempersiapkan segala kebutuhan untuk kendaraan elektrifikasi selama tiga tahun ke depan.

Masih dari sumber yang sama, fokus strategi elektrifikasi tidak menurunkan kualitas Jaguar dalam melayani konsumen.

Jaguar Land Rover (JLR) yang beberapa waktu lalu resmi membuka diler resminya di Indonesia, menegaskan tidak akan ada pabrik yang ditutup perihal fokus pengembangan elektrifikasi ini.

mobil listrik jaguar

Konsep Jaguar I-pace. (Foto: Jaguar)

Laman tersebut menyebutkan jika strategi Reimagine ini akan memperkenalkan dua mobil listrik yang datang dari segmen crossover dan coupe dua pintu yang dinilai Jaguar sebagai kendaraan mewah modern.

Thierry Bollore, CEO baru Jaguar Land Rover mengatakan jika keputusan persiapan mobil listrik ini pun cukup dramatis. Sejak dirinya menjabat, Bollore sudah menghentikan dua model crossover yang tadinya akan diperkenalkan sebagai model baru.

Selain itu Bollore juga membatalkan varian sedan Jaguar XJ terbaru di detik akhir sebelum keputusan produksi massal sehingga membuat 2.000 orang kehilangan pekerjaan lantaran tidak ada mobil yang akan diproduksi.

“Fokus kami saat ini adalah pengembangan mobil listrik dari merek Jaguar. Ini sejalan dengan industri otomotif yang akan menjadi luas dan banyak persaingan ketika mobil tersebut diluncurkan,” ujarnya dikutip dari laman Carscoops.

Namun hingga saat ini JLR masih tetap merahasiakan produk baru yang akan diluncurkan hingga 2025 mendatang.

mobil listrik jaguar

Strategi elektrifikasi Jaguar pun semakin santer terdengar lantaran beberapa waktu lalu Range Rover telah meluncurkan varian terbaru dengan powertrain plug-in hybrid; P440e dan P510e.

Untuk versi P440e diklaim dapat menghasilkan tenaga 434 hp dengan torsi maksimum 620 Nm. Sedangkan versi P510e mampu mengeluarkan tenaga yang jauh lebih besar, mencapai 503 hp dengan torsi maksimum mencapai 700 Nm.

Menariknya lagi, pemberitaan mengenai produk mobil listrik Jaguar sempat disebut akan siap masuk Indonesia.

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts