Berita

Gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika Diharap Datangkan Setengah Triliun Rupiah

Jakarta – Gelaran World Superbike (WSBK) dan MotoGP 2022 yang akan digelar di Sirkuit Mandalika diharapkan mampu memberikan efek ganda (multiplier effect) bagi ekonomi Tanah Air.

Hal tersebut disampaikan Nughda Achadie, Direktur Keuangan, Strategi, dan Manajemen Risiko PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Jakarta, Selasa (19/10/2021) kemarin.

Secara khusus dirinya juga menyampaikan event balap seperti MotoGP di Mandalika akan mempercepat pemulihan pariwisata NTB yang terpuruk akibat pandemi Covid-19.

“Kami percaya jika event besar yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika ini akan memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian Indonesia. Selain itu juga mempercepat pemulihan pariwisata di NTB dan Indonesia di masa adaptasi kebiasaan baru ini,” ujarnya.

motogp mandalika

Lokasi pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Berdasarkan perhitungan, efek ganda yang akan didapatkan salah satunya adalah nilai ekonomi yang mencapai Rp500 miliar atau setengah triliun. Jumlah tersebut terhitung dengan serapan tenaga kerja yang diprediksi mencapai 7.945 orang.

Kegiatan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan tenaga kerja setidaknya akan menyerap 3 ribu orang. Belum lagi jumlah wisatawan yang akan datang ke Lombok ditaksir akan mengalami kenaikan hingga 19%.

“Kami sangat meminta dukungan dan doa dari berbagai pihak agar event bergengsi di dunia ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses di The Mandalika ini,” sambung Nughda.

Kesiapan Sirkuit MotoGP Mandalika

Pihak ITDC mengkonfirmasi jika pembangunan sirkuit telah mencapai 100% dan sudah siap untuk digunakan.

Namun, masih ada beberapa pengerjaan konstruksi fasilitas seperti pit, medical center, dan race control yang hingga saat ini dikebut pengerjaannya.

motogp mandalika

ITDC mengatakan juga telah bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mempersiapkan command center sebagai pusat kendali keamanan.

Pengunjung yang ingin datang juga diwajibkan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan akan dibentuk satgas kesehatan di lokasi acara.

Sebagai informasi, event terdekat yang akan digelar di Sirkuit Mandalika adalah:

  • Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 12—14 November 2021
  • World Superbike 19-21 November 2021
  • Tes pramusim MotoGP Maret 2022

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts