Sepeda motor

Michelin Jadi Penyebab Utama Suzuki Ecstar Start Buruk di MotoGP Catalunya

Suzuki Ecstar MotoGP

Pebalap Suzuki Ecstar berhasil naik podium di MotoGP Catalunya (Foto: Suzuki)

Barcelona – Pada balap MotoGP Catalunya yang disiarkan semalam waktu Indonesia, kedua pebalap tim Suzuki Ecstar sukses naik podium. Padahal, Joan Mir dan Alex Rins memulai start dari posisi ke-8 dan ke-13. Rupanya, kegagalan Suzuki Ecstar masuk grid depan saat kualifikasi karena masalah ban.

Bahkan, masalah handling dikeluhkan langsung oleh Mir saat sesi kualifikasi kemarin. Ia merasa kinerja rem jadi tidak seimbang untuk roda depan dan belakang.

“Saya tidak bahagia dengan hasil kualifikasi, karena belum bisa mendapatkan catatan waktu yang baik. Ini terlihat Suzuki seperti tidak punya performa yang baik untuk pole position. Kami harus bekerja lebih keras lagi,” ucap Mir sebagaimana dikutip GPOne.

Mir pun mengakui masih ditemukan masalah dari ban baru Michelin selaku pemasoknya. Ia menyebut bila pengereman jadi kacau ketika memakai ban baru.

“Motor kami begitu kacau saat memakai ban baru. Normalnya, kalau tidak memakai ban bekas itu masalahnya teratasi tapi masalah kami ini malah sebaliknya. Itulah mengapa Suzuki Ecstar kesulitan saat kualifikasi MotoGP dan kami akan berusaha mengatasinya,” tegasnya.

Mir dan Rins Bawa Suzuki Ecstar Kembali Raih Double Podium di MotoGP

Suzuki Ecstar MotoGP

Pebalap Suzuki Ecstar berlaga di GP Catalunya (Foto: Suzuki)

Joan Mir mengulangi penampilan baik yang dia lakukan dari beberapa minggu sebelumnya. Secara bertahap memberi tekanan pada lawan-lawannya dan mengoptimalkan teknik berkendara dengan kendala ban yang digunakan.

Mir bisa bermanuver memotong dan melakukan aksi overtaking dengan bagus untuk mendorong dirinya ke podium. Dengan dua lap tersisa, dia berhasil menempati posisi kedua dan makin mendekati pebalap terdepan ketika bendera finish dikibarkan.

Podium berturut-turut sebanyak tiga kali dalam musim ini membuat sejarah baru bagi Joan Mir. Sementara Rins, berhasil memanfaatkan kesalahan yang dilakukan oleh Franco Morbidelli sehingga bisa finish di posisi ketiga.

“Joan Mir mempertahankan tren yang sangat positif dan saya sangat senang dengan kinerjanya. Saya juga sangat senang untuk Alex Rins yang melakukan performa hebat dalam balapan, terutama dari urutan ke-13 di grid dan beberapa minggu yang sulit,” ucap Manajer Tim Suzuki Ecstar MotoGP, Davide Brivio.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Piaggio MP3 500 di Indonesia Sekarang Ada Fitur Gigi Mundurnya

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts