Berita

Hal yang Perlu diperhatikan saat Mencuci Mobil Listrik Neta V

Semarang – Mencuci mobil listrik Neta V ternyata tidak boleh asal-asalan. Ada bagian-bagian tertentu pada mobil yang mesti diperhatikan.

Mencuci mobil listrik Neta V sebenarnya sama saja seperti mencuci mobil pada umumnya. Namun, ada salah satu bagian pada Neta V yang harus diperhatikan. Bagian tersebut adalah kolong atau bawah mobil.

Ketika mencuci bagian bawah mobil listrik Neta V sebaiknya menggunakan semprotan air bertekanan rendah.

“Sebenarnya kalau dari aturan itu tidak disarankan mencuci menggunakan air bertekanan tinggi. Kenapa, karena ada baterai high voltage,” ujar Januar Eka Sapta, Senior Manager After Sales PT Neta Auto Indonesia di sela-sela kegiatan Neta V Media Test Drive, Charge Up Your Everyday, di Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/12/2023).

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Baterai Neta V Habis hingga 0 Persen?

cuci neta v

Ia mengatakan jika motor listrik dan baterai high voltage Neta V tertanam di bagian bawah dek bagian depan.

Jika ingin mencuci di tempat cuci mobil, sebaiknya edukasi dulu petugas pencuci mobil agar tidak menyemprot bagian tersebut dengan air bertekanan tinggi.

“Bukan tidak boleh dicuci dengan air bertekanan, kita edukasi dulu ke tukang cuci bahwasanya ada titik-titik yang tidak boleh disemprot,” sambungnya.

Hal ini bertujuan agar engine cover Neta V tetap aman karena bagian ini memiliki lubang.

Baru Masuk Indonesia, Mobil Listrik China Neta Raup 162 SPK

(Foto: Neta)

“Di dekat baterai ini ada lubang-lubang untuk sirkulasi panas, jadi bukan semata-mata dilubangi. Bagian itu sangat tidak disarankan menggunakan high pressure,” tegasnya.

Lantas, apakah mobil ini aman ketika melintasi genangan air?

Jawabannya tentu aman karena baterai lithium-ion berkapasitas 40,7 kWh ini sudah mengantongi standar IP68.

Ia menganjurkan ketika hendak mencuci mobil listrik Neta V para pemilik dan calon konsumen untuk lebih berhati-hati.

cuci neta v

(Foto: Neta)

Baca Juga: Strategi Neta di Indonesia, Sodorkan Mobil Listrik “Ideal” Rp300 Jutaan

Walaupun Neta memberikan garansi baterai hingga 8 tahun atau 180 ribu km, sebaiknya para pemilik tetap memerhatikan hal di atas.

Di atas kertas mobil seharga Rp379 juta On The Road (OTR) Jakarta ini memiliki daya jelajah maksimal 401 km dalam satu kali pengisian daya baterai hingga penuh.

Pengisian daya baterai dapat dilakukan dengan dua arus, yakni AC (0-100 persen) selama 8 jam dan DC (30-80 persen) selama 30 menit.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Santo

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts