Home » Mobil » Harga Mitsubishi Xpander Cross Vs Low SUV, Mana yang Paling Ekonomis?

Harga Mitsubishi Xpander Cross Vs Low SUV, Mana yang Paling Ekonomis?

Harga Mitsubishi Xpander Cross cukup mahal (Foto: Carmudi)

Jakarta – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia di penghujung tahun 2019 lalu merilis Xpander Cross, varian ‘semi SUV’ dari Xpander. Xpander Cross dipasarkan dalam tiga varian, yakni Sport M/T, Sport A/T, dan Leather Seat Premium Package A/T. Adapun harga Xpander Cross ditawarkan mulai dari Rp267 jutaan.

Melihat harganya, Xpander Cross mengisi lini teratas keluarga Xpander. Pihak Mitsubishi mengklaim Xpander Cross memadukan kenyamanan sebuah MPV dan ketangguhan SUV. Secara garis besar, desain Xpander Cross tidak banyak berubah dari versi standarnya.

Mitsubishi menyebut, Xpander Cross memiliki kemampuan dan tampilan yang lebih baik, terutama dalam mendukung kemampuannya sebagai low SUV. Pihak MMKSI hanya menambahkan beberapa aksen panel body ala mobil SUV, antara lain skid plate berikut bumper baru, panel over fender, dan pelek 17 inci.

Secara dimensi, ternyata Xpander Cross didesain 50 mm lebih lebar dari model Xpander biasa, untuk memberikan kesan lebih luas dan stabil. Setelan suspensi pun disesuaikan dan turut meningkatkan ground clearance menjadi 225 mm, atau naik 20 mm dibandingkan varian Xpander biasa. Dengan ukuran itu, ground clearance Xpander Cross diklaim menjadi yang tertinggi di kelasnya. Sementara di bagian atapnya, terdapat roof rail untuk penyimpanan barang tambahan.

Hadir sebagai SUV rasa MPV, Mitsubishi Xpander Cross akan berhadapan dengan Toyota Rush dan Daihatsu Terios, serta Honda BR-V. Memang rivalitas ini sebenarnya kurang sepadan, namun harga yang ditawarkan Xpander Cross hampir sama dengan mobil di segmen low SUV tersebut.

Harga Xpander Cross di Indonesia

Harga Xpander Cross dinilai lebih mahal seiring kualitasnya yang diklaim lebih baik dari pada kompetitornya. (Foto: Carmudi/Santo)

Mitsubishi Xpander Cross dipasarkan dalam tiga varian, yakni Sport M/T, Sport A/T, dan Leather Seat Premium Package A/T. Varian ‘SUV’ ini dijual mulai dari Rp267.000.000 sampai Rp286.700.000 (on the road DKI Jakarta). Di semua varian tersedia lima pilihan warna yaitu Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Sterling Silver Metallic, Graphite Grey Metallic, dan Sunrise Orange Metallic.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander

  • Xpander GLX M/T Rp210.300.000
  • Xpander GLS M/T Rp226.800.000
  • Xpander GLS A/T Rp237.800.000
  • Xpander Exceed M/T Rp233.800.000
  • Xpander Exceed A/T Rp244.200.000
  • Xpander Sport M/T Rp246.400.000
  • Xpander Sport A/T Rp256.400.000
  • Xpander Ultimate A/T Rp265.100.000

Daftar Harga Xpander Cross

  • Xpander Cross Sport M/T Rp267.700.000
  • Xpander Cross Sport A/T Rp277.700.000
  • Xpander Cross Leather Seat Premium Package A/T Rp286.700.000

Bisa dilihat, harga Xpander Cross tipe M/T yang termurah saja sudah lebih mahal dari Xpander Ultimate A/T sebagai tipe tertinggi Xpander. Beberapa upgrade yang telah disebutkan di atas membuat Xpander Cross jadi formula yang pas untuk menyasar konsumen mobil keluarga yang suka berpetualang.

Harga Rival Xpander Cross di Indonesia

Xpander Cross terjun di ceruk peralihan antara MPV dan SUV entry level. Ternyata, harga yang ditawarkan oleh PT MMKSI untuk Xpander Cross lebih mahal dibanding jajaran low SUV yang sudah hadir terlebih dahulu di Indonesia. Namun demikian, popularitas Xpander mampu memikat animo masyarakat supaya memilih Xpander Cross daripada Toyota Rush, Honda BR-V atau Daihatsu Terios.

All New Toyota Rush (Foto: Carmudi)

Pertama kita bahas harga Toyota Rush terlebih dahulu. SUV entry level keluaran Toyota ini dijual dengan harga antara Rp249 – 271 jutaan. Rush tersedia dalam empat tipe yakni Rush 1.5 G M/T, Rush 1.5 G A/T, Rush 1.5 S M/T TRD, dan Rush 1.5 S A/T TRD.

Berikut ini harga Rush dari tiap tipe:

  • Rush 1.5 G M/T Rp249 juta
  • Rush 1.5 G A/T Rp259 juta
  • Rush 1.5 S M/T TRD Rp261 juta
  • Rush 1.5 S A/T TRD Rp271 juta

Itu belum seberapa, Xpander Cross bahkan jauh lebih mahal harganya bila kita bandingkan dengan Daihatsu Terios. SUV andalan Daihatsu di Indonesia ini dijual antara Rp202,3 – 249,5 jutaan. Harga Terios bahkan setara dengan Xpander biasa, yaitu masih di bawah Rp250 jutaan.

Harga Daihatsu Terios setara dengan Mitsubishi Xpander. Foto: Daihatsu

Berikut ini harga Terios dari tiap tipe:

  • X MT Rp202,3 juta
  • X Deluxe MT Rp226,8 juta
  • R MT Rp239,5 juta
  • R AT Rp249,5 juta

Harga Honda BR-V Paling Mahal

Sementara untuk Honda BR-V, harga yang ditawarkan SUV ini setara dengan Xpander Cross. PT Honda Prospect Motor menyediakan empat tipe untuk BR-V seperti halnya Toyota dan Daihatsu, yakni E MT, E CVT, S 6MT, Prestige CVT. Berikut ini harga Honda BR-V dari tiap tipe:

New Honda BR-V
New Honda BR-V
  • BR-V E MT Rp264 juta
  • BR-V E CVT Rp 274 Juta
  • BR-V S 6MT Rp 249 Juta
  • BR-V Prestige CVT Rp 291 Juta

Melihat dari konsepnya, Xpander Cross cukup mahal bila sekadar mengubah MPV dengan cita rasa SUV. Sebab, beberapa rivalnya dijual dengan harga lebih terjangkau dan hadir dengan konsep SUV urban yang sebenarnya. Namun, harga Xpander Cross tipe teratas sedikit lebih terjangkau ketimbang BR-V Prestige.

Kalian yang mencari SUV perkotaan dengan penggerak roda depan, bisa memiliki pilihan antara BR-V Prestige atau Xpander Cross Leather Seat Premium Package. Perbedaan antara keduanya sebatas kelengkapan dan jenis fitur yang tersedia.

Kelebihan Xpander Cross Sebagai SUV Nanggung

Mitsubishi selama ini memang belum memiliki portofolio model low SUV. Produk mereka selama ini yang berkonsep adventure hanyalah Pajero Sport, Mitsubishi Delica, dan Outlander Sport. Seluruh model tadi dijual dengan harga di atas Rp300 jutaan.

Mitsubishi kemudian menghadirkan Xpander sebagai MPV dengan gaya SUV dan diterima dengan baik oleh masyarakat luas. Ini seolah menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin membeli low SUV namun bujet MPV. Melihat keberhasilan tersebut, MMKSI lantas merilis Xpander Cross yang memenuhi permintaan konsumen Mitsubishi terhadap low SUV.

Desain interior Mitsubishi Xpander Cross. (Foto: Carmudi/Santo)

Xpander Cross memiliki kaca depan yang luas serta posisi duduk tinggi, membuat Xpander Cross lebih nyaman untuk dikendarai di berbagai medan. Kenyamanan ala MPV tetap dipertahankan dengan kabin lebih luas dan tata letak kursi yang memudahkan penumpang untuk keluar masuk.

Soal kemewahan kabin juga patut kita apresiasi, Xpander Cross memiliki kabin yang didominasi warna hitam dan cokelat pada dasbor. Kursinya juga masing-masing dilapisi dengan kulit dual tone (dua warna).

Di bagian fitur hiburan dan multimedia, tersedia head unit 7 inci touch screen audio yang dilengkapi dengan smartphone connectivity. Power outlet yang disematkan pada baris depan, tengah, dan juga belakang memudahkan pengemudi dan penumpang untuk mengisi daya gawai saat bepergian.

Mitsubishi Xpander Cross tampak samping.

Mesin Baru Xpander Cross

Untuk versi crossover, Xpander juga telah mengalami peningkatan dalam meredam kebisingan. Material penyerap suara dan penghambat getaran tinggi membuat Xpander Cross menjadi yang paling senyap di kelasnya, yakni mendekati 80 persen dari articulation index.

Bicara soal dapur pacu, Xpander Cross menggunakan mesin bensin 4A91 1,5L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) DOHC 16 Valve yang memudahkan pengoperasian Rpm rendah ke tinggi. Output-nya masih sama, yaitu 77 kW pada 6.000 Rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 Rpm. Menurut Mitsubishi, mesin 4A91 ini memiliki peningkatan dari seri 4A9 yang ada, yaitu meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kehalusan suara mesin.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Belum Lama Meluncur, Harga Mitsubishi Xpander Cross Naik Rp3 Juta

Previous post
Bocor! Begini Penampilan Suzuki Ignis Terbaru
Next post
Model Xpander Cross Versi Hatcback Sudah Muncul