Home » Berita » Industri Otomotif Menjadi Salah Satu Sumber Devisa Terbesar di Indonesia

Industri Otomotif Menjadi Salah Satu Sumber Devisa Terbesar di Indonesia

GIIAS Medan 2019

Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara berkunjung ke booth DFSK (Foto: DFSK)

Medan – Industri otomotif merupakan salah satu sektor andalan yang berkontribusi besar terhadap perekonomian di Indonesia. Tak hanya itu, Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan bahwa industri otomotif juga sebagai pemasok devisa terbesar di Indonesia.

”Di Sumatera sendiri masuk setiap bulan 3.000 kendaraan. Satu bulan pajak kendaraan Rp60 miliar. Hal ini berarti memberikan pemasukan untuk daerah,” ujar Edy saat menghadiri acara pembukaan GIIAS Medan 2019, di Medan, Rabu (23/10/2019).

Edy menambahkan dari sekian banyak provinsi, Sumut masuk dalam 10 besar penyumbang pertumbuhan ekonomi di Indonesia bahkan tertinggi di wilayah pulau Sumatera.

“Sumatera Utara menjadi salah satu provinsi dengan kapasitas perekonomian terbesar keenam di Indonesia. Bahkan, pertumbuhan ekonomi provinsi, tercatat selalu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional. Kehadiran GIIAS di Medan tentu akan membawa nilai positif yang akan semakin menyokong tingkat pertumbuhan ekonomi kami,” paparnya.

Sementara itu dalam hal penjualan mobil di Sumut, Rizwan Alamsjah selaku Ketua III Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyatakan dengan adanya pameran otomotif di Medan bisa memacu tumbuhnya industri otomotif. Apalagi Sumut termasuk dalam provinsi yang berkontribusi cukup besar terhadap penjualan mobil nasional.

“Dari data pertumbuhan yang tercatat di Gaikindo, Sumatera Utara saat ini berada di posisi ketujuh dalam pencapaian pertumbuhan penjualan domestik Indonesia. Sehingga kami berharap GIIAS Medan 2019 dapat menjadi sebuah ajang yang turut mendorong dan membesarkan industri otomotif Indonesia memasuki akhir tahun 2019 ini,” ujar Rizwan dalam kesempatan yang sama.

Penutup Rangkaian GIIAS The Series

Penyelenggaraan GIIAS Medan 2019 menjadi penutup rangkaian GIIAS The Series. Sebelumnya telah berlangsung di Surabaya, Jakarta (Tangerang), dan Makassar.

Booth Wuling Motors di GIIAS 2019 (Foto: Santo/Carmudi)

“Bagi kami, menghadirkan ajang terbaik bagi publik adalah fokus utama, dan kami berharap GIIAS Medan akan selalu menjadi ajang yang ditunggu masyarakat Sumatera Utara, dan Medan khususnya,” pungkas Rizwan.

GIIAS Medan 2019 akan menampilkan delapan merek kendaraan ternama, yaitu DFSK, Honda, Lexus, Mitsubishi Motors, Renault, Toyota, Wuling, dan VW. Berbagai merek dari industri pendukung juga meramaikan pameran otomotif di Sumatera ini.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Empat Mobil Andalan Mitsubishi Tampil Menggoda Konsumen GIIAS Makassar

Kebakaran pipa Pertamina di Cimahi, Bandung.
Previous post
Kebakaran Pipa BBM, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Bandung Tetap Aman
Next post
Promo Xpander untuk Genjot Jualan di Sumut