Home » Mobil » Ini 6 Tips Unik yang Wajib Diketahui dari Wuling Almaz

Ini 6 Tips Unik yang Wajib Diketahui dari Wuling Almaz

Test Drive Wuling Almaz SUV di bawah Rp350 juta
Wuling Almaz (Foto: Carmudi)

JakartaWuling Almaz merupakan salah satu mobil SUV (Sport Utility Vehicle) populer di pasar otomotif nasional. Selain memiliki berbagai keunggulan, mobil ini juga dibanderol dengan harga sangat terjangkau untuk mobil sekelasnya.

Di sisi lain, terdapat enam tips unik pada Wuling Almaz yang tidak diketahui banyak orang. Apa saja enam tips tersebut? Dilansir dari Youtube Carmudi, berikut enam tips unik yang wajib diketahui oleh setiap pengguna Wuling Almaz.

Mengangkat Wiper Mobil

Masih banyak pengguna Almaz yang merasa kebingungan saat ingin mencuci mobil atau mengganti karet wiper mobilnya. Wiper pada mobil ini terletak di bawah kap mesin. Jika diangkat, wiper tersebut akan ‘mentok’ ke kap mesinnya.

Ada cara mudah untuk mengangkat wiper Wuling Almaz. Pertama, pilih settings pada head unit Almaz, lalu pilih vehicle setting di bagian kiri. Setelah itu, pilih menu others dan klik wiper maintenance.

Wiper mobil ini akan berhenti pada posisi lurus ke atas. Pengguna Almaz pun bisa mengangkat wiper mobilnya dengan mudah. Jika wiper-nya ingin diturunkan, klik kembali menu wiper maintenance dan wiper akan turun ke posisi semula.

Menggunakan Fitur Cari Wuling Almaz

Tips unik kedua adalah cara mencari Wuling Almaz dengan menggunakan fitur ‘find my car’. Fitur ini tentunya sangat berguna bagi pengguna Almaz yang sering lupa menaruh mobilnya di tempat parkir.

Cara menggunakan fitur cari Almaz ini cukup mudah, yaitu tekan tombol lock pada kunci mobil sebanyak dua kali. Mobil ini akan mengeluarkan suara klakson cukup keras sebanyak tiga kali dan menyalakan lampu hazard selama 20 detik.

Jika ingin melakukan pengaturan pada fitur cari Almaz ini, pengguna mobil cukup memilih menu settings pada head unit, lalu pilih vehicle setting di bagian kiri. Kemudian pilih menu others dan klik sub menu car lights. Di bagian bawah, terdapat tulisan find my car.

Jika pengguna memilih flashing lights with whistles, Almaz akan mengeluarkan suara klakson dan menyalakan lampu hazard seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan jika memilih flashing lights, mobil ini hanya akan menyalakan lampu hazard selama 20 detik tanpa membunyikan klakson mobil.

Membuka Jendela Mobil dengan Remote

Jendela Wuling Almaz mirip seperti jendela mobil-mobil Eropa pada umumnya, yaitu bisa dibuka dengan remote. Caranya adalah menekan tombol lock pada kunci mobil, lalu klik tombol unlock, dan tahan. Keempat jendela mobil ini akan terbuka secara otomatis. Selain itu, sun roof mobil juga akan terbuka.

Namun sayangnya, cara ini tidak berlaku untuk menutup kaca mobilnya kembali, hanya sun roof-nya yang akan tertutup. Jika pengguna mematikan menu remote window roll down pada head unit Almaz, cara di atas hanya akan membuka sun roof-nya secara otomatis, tidak membuka kaca mobilnya.

Parkir Secara Paralel

Wuling Almaz mirip seperti Cortez, yaitu menggunakan rem parkir elektrik sehingga sulit untuk parkir secara paralel. Setelah mesin mobil ini mati, rem tersebut tidak bisa dimatikan dan mobil juga tidak bisa didorong.

Jika pengguna Almaz ingin mematikan rem parkir elektriknya, caranya mirip seperti di Cortez. Pertama, injak pedal rem Almaz, lalu tahan. Sambil ditahan, matikan mesin mobilnya. Mobil ini akan mati dan rem parkir elektriknya tidak aktif.

Di sisi lain, jika ingin memindahkan mobil saat mesinnya mati, pengguna bisa menggunakan shift lock di dalam lapisan kulit tuas transmisi mobil. Pengguna bisa menekan tombol tersebut sambil memindahkan tuas transmisinya ke posisi netral.

Menggunakan Lane Change

Wuling Almaz sudah disematkan fitur one touch triple turn signal atau lane change. Jika pengguna mobil menyentuh sedikit tuas lampu sein, lampu tersebut akan menyala sebanyak tiga kali dan mati secara otomatis. Ini memberikan kemudahan pada pengemudi yang sering pindah jalur di jalanan.

Namun, jika ingin dimatikan, pengguna bisa memilih menu settings pada head unit mobil, lalu pilih vehicle setting. Kemudian pilih car lights dan matikan lane change. Lampu sein hanya menyala sebanyak satu kali jika menu tersebut dimatikan.

Mengatur Spion Lipat Otomatis Wuling Almaz

Wuling Almaz yang baru dibeli biasanya sudah diaktifkan fitur spion lipat otomatisnya atau dikenal dengan fitur auto folding mirror. Jika pengguna mengunci mobilnya, spion mobil akan terlipat secara otomatis dan ketika kuncinya dibuka, spionnya akan terbuka kembali.

Fitur tersebut ternyata juga bisa dimatikan. Pertama, pilih menu settings pada head unit, kemudian pilih vehicle setting dan klik others. Terdapat sub menu paling bawah, yaitu Outer Side Rear View Mirror (OSRVM) atau spion luar. Langkah terakhir, matikan sub menu tersebut.

Spesifikasi Wuling Almaz

Wuling Almaz
Spesifikasi Wuling Almaz. (Foto/Carmudi)

Wuling Almaz diluncurkan di Indonesia pada awal tahun 2019 lalu. Mobil berkapasitas lima penumpang ini mengusung tagline ‘drive unlimited way’ yang mengedepankan smart multimedia. Kata Almaz berasal Bahasa Arab yang memiliki arti berlian. Sehingga, mobil ini memiliki filososi stylish, tough, and precious. Pihak Wuling pun berharap Almaz dapat mengikuti keberhasilan Confero dan Cortez di pasar otomotif nasional.

Wuling Almaz telah dibenamkan mesin 4 silinder DOHC DVVT dengan turbocharger berkapasitas 1.5 liter atau 1451 cc. Mesin ini ‘dikawinkan’ dengan sistem transmisi CVT sehingga dapat mengeluarkan tenaga sebesar 140 Hp pada 5200 rpm dan torsi 250 Nm pada 1600 hingga 3600 rpm.

Eksterior Bergaya Kekinian

Mobil SUV besutan Wuling ini telah mengandalkan konsep desain futuristik dan kekinian. Pada bagian depan, terdapat headlamp LED dengan lampu utama berbentuk menyipit yang memiliki kesan galak. Selain itu, terdapat lampu kabut atau fog lamp serta lampu sein yang disematkan secara simetris pada bagian wajah mobil sehingga memberikan kesan modern.

Di bagian samping, terdapat velg bergaya sporty berukuran 17 inci dengan garis yang melalui handle door. Sedangkan pada bagian belakang mobil, disematkan stop lamp atau lampu rem yang berdesain modern.

Interior Stylish

Sisi interior yang diusung Wuling Almaz pun terlihat modern dan stylish. Ini terlihat dari ruang kabinnya yang didesain teratur khas mobil SUV kekinian. Selain itu, pada bagian tengah dasbornya, terdapat head unit atau touch screen seluas 10.4 inci. Layar tersebut sudah dilengkapi dengan pengaturan auto Air Conditioner (AC). Tidak hanya itu, terdapat juga fitur audio visual system, MP3/DVD, konektivitas, tombol pengaturan ‘home’, serta fitur surrounded view camera. Fitur ini membantu pengemudi saat memarkirkan mobilnya dengan aman.

Di bagian setir kemudi, terdapat berbagai tombol fungsional audio visual system yang memberikan kemudahan pada pengemudi dalam mengatur audio visual tanpa menganggu konsentrasi saat mengemudi.

Tidak hanya itu saja, Wuling Almaz juga sudah dibekali dengan layar MID yang dapat memberikan berbagai informasi penting bagi pengemudi saat mengendarai mobil ini. Sedangkan di bagian atap mobil, terdapat extensive panaromic sunroof yang memiliki kesan elegan dan mewah.

Fitur Mumpuni, Keselamatan Terjamin

Wuling Almaz telah dibekali dengan berbagai fitur cukup lengkap dan canggih, khususnya fitur keamanan dan keselamatannya. Pihak Wuling telah menyematkan rem cakram pada Almaz. Meskipun belum dilengkapi dengan teknologi ABS, namun rem tersebut dinilai cukup mumpuni dalam mengendalikan laju mobil ini.

Tidak hanya itu saja, Almaz juga sudah dibenamkan fitur keselamatan lainnya, seperti fitur Electric Parking Brake (EPB) dengan Automatic Vehicle Holding (AVH) yang memberikan kemudahan saat ingin memarkirkan mobil ini.

Di sisi lain, Wuling Almaz juga memiliki berbagai fitur hiburan yang dapat memberikan kenyamanan secara maksimal bagi pengemudi serta para penumpang mobil selama perjalanan. Salah satunya, terdapat sistem audio infinity HK speakers yang menjamin suara bass saat pengguna mobil ini sedang mendengarkan lagu kesukaan.

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Previous post
Brosur Daihatsu Sirion Cross Bocor, Ada yang Beda!
Spesifikasi Peugeot 5008
Next post
Virus Corona Tak Halangi Merger Fiat Chrysler - Peugeot Citroen