Home » Sample Blog » Ini Perubahan Varian Baru Suzuki Ignis

Ini Perubahan Varian Baru Suzuki Ignis

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Suzuki Ignis meluncur perdana di Indonesia pada April 2017. Siapa sangka mobil perkotaan yang dibawa dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU) dari India tersebut langsung mendapat sambutan yang positif dari konsumen.

Maka tak heran jika beberapa bulan setelah peluncuran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Suzuki di Indonesia menambah varian untuk Ignis. Dimana sebelumnya hanya ditawarkan dalam tiga varian kini sudah delapan.

Seakan ingin terus berada diatas angin sekaligus merangsang kembali animo konsumen, rupaya Suzuki diam-diam telah menyiapakan varian baru untuk Ignis. Tidak diketahui apa nama dari varian baru tersebut, namun kuat dugaan akan mambawa nama sport tepat di depan Ignis.

Bisa jadi nanti akan menjadi varian sport, mengingat sebelumnya Suzuki hanya menawarkan Ignis dengan nuansa elegan.

Berdasarkan informasi yang beredar varian terbaru Ignis bakal diluncurkan akhir Januari 2018. Carmudi.co.id berkesempatan bertemu langsung dengan Ignis varian baru. Sekilas memang tidak ada yang membedakan antara varian baru dengan lainnya.

Suzuki Ignis
Perbedaan Suzuki Ignis dengan tipe lama. Foto/Carmudi.

Namun jika dilihat lebih detail lagi tampak sekali perbedaan Ignis varian baru ini dengan yang lain. Satu hal yang menjadi pembeda adalah Ignis teranyar tampil lebih sporty dan macho, itu bisa dilihat dari adanya beberapa tambahan aksesori di depan, samping dan belakang mobil.

Tidak banyak aksesori yang ditanamkan oleh Suzuki di varian terbarunya ini. Dimulai dari bagian depan, supaya unsur sporty begitu terasa Suzuki memasangkan bumper baru berwarna hitam lengkap dengan logo bertuliskan Suzuki Sport.

Suzuki Ignis
Tampilan baru bagian belakang Suzuki Ignis. Foto/Carmudi.

Kemudian di tengah bumper terdapat front under spoiler berwarna silver sehingga tampilan depan mirip dengan kendaraan crossover. Ditambahkan pula daytime running lamp (DRL) menggunakan lampu LED yang mengapit logo Suzuki.

Nuansa sporty juga begitu kental terasa pada bagian belakang mobil, di mana Suzuki menambahkan roof spoiler lengkap dengan logo Suzuki Sport. Lalu bumper hitam yang dipadu dengan warna siver supaya seirama dengan bagian depan mobil.

Masuk kebagian kabin, tidak banyak yang berubah, jok masih menggunakan bahan fabric, hanya saja head unit di varian terbaru sudah mengadopsi sistem operasi sentuh. Beda dengan varian lain yang masih harus menekan tombol untuk menjalankan fungsi pada head unit. Dengan hadirnya layar sentuh berukuran cukup besar, bisa mempermudah pengemudi maupun penumpang bangku depan untuk mengoperasikannya.

Suzuki Ignis
Head unit layar sentuh pada Suzuki Ignis yang baru. Foto/Carmudi.

Belum diketahui pasti berapa harga untuk Ignis varian terbaru. Kemungkinan besar berada di angka Rp150 sampai Rp165 juta, mengingat basis Ignis varian terbaru diambil dari tipe GL.

Suzuki Ignis Varian Baru Pernah Mejeng di GIIAS 2017

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2017, Suzuki pernah memajang setidaknya tiga mobil Ignis yang sudah di modifikasi. Masing-masing punya nama dan konsep yang berbeda-beda, seperti Suzuki Ignis S-Urban Concept memiliki penampilan seperti kendaraan off road pada umumnya.

Kemudian ada pula Ignis G-Urban Concept punya tampang sporty. Lalu yang terakhir ada Ignis yang terinspirasi dari motocross sehingga di beri nama Motocrosser Style Concept.

Dari ketiganya, yang bakal dipasarkan dan akan menjadi varian terbaru Ignis adalah Ignis G-Urban Concept. Jika dilihat penampilanya sangat mirip sekali hanya saja desain velgnya yang berbeda.

Seperti diketahui, dibekali mesin bertipe K12M, empat silinder segaris, DOHC, VVT, berkapasitas 1.197 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sekuat 83 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm pada 4.200 rpm.

Mobil yang bersaing dengan Honda Brio ini memiliki panjang 3.700 milimeter, lebar 1.690 mm, tinggi 1.595 mm, jarak sumbu roda 2.435 mm, dan ground clearance 180 mm. Kenyamanan maksimal disuguhkan pada bagian kabin yang dapat mengakomodir lima penumpang dewasa.

Bodi Ignis dirancang dengan struktur Total Effective Control Technology dan platform baru HEARTECT. Penasaran terkait harganya, pihak SIS akan mengumumkan sekitar akhir bulan ini, tunggu saja. (dol)

Mobil Berpapasan
Previous post
Etika Berkendara yang Sudah Jarang Diterapkan di Jalan Raya
Next post
Pebalap MotoGP Wajib Pakai Wearpack dengan Fitur Airbag