Home » Reviews » Intip 5 Mobil LCGC Dengan Konsumsi BBM Irit

Intip 5 Mobil LCGC Dengan Konsumsi BBM Irit

Jakarta – Mobil LCGC (Low Cost Green Car) menjadi salah satu jenis mobil yang banyak diincar saat ini di Tanah Air. Selain harganya murah, mobil ini memiliki keunggulan yang banyak disukai masyarakat, yaitu irit BBM.

Mobil LCGC memang menjadi pilihan bagi mereka yang tidak hanya memiliki dana terbatas, tetapi juga ingin membeli mobil yang ramah lingkungan. Mobil ini tidak mengeluarkan emisi berbahaya sehingga tidak menyebabkan polusi.

Selain itu, mobil LCGC memiliki harga jual yang murah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah Indonesia sehingga tidak terkena biaya pajak terlalu besar. Karena harga jualnya yang murah, mobil ini tidak memiliki fitur secanggih mobil-mobil yang memiliki harga jual lebih tinggi.

Keunggulan lainnya pada mobil LCGC adalah harga sparepartnya yang murah dan mudah dicari. Ini disebabkan program mobil LCGC telah didukung pemerintah yang berharap sebagian besar mobil di Indonesia sudah memiliki teknologi LCGC.

Beberapa model mobil yang termasuk mobil LCGC, yaitu Honda Brio Satya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, dan lainnya. Semua mobil tersebut memiliki mesin yang cukup mumpuni untuk dibawa di jalanan perkotaan.

Konsumsi BBM Mobil LCGC

Keunggulan mobil LCGC yang tidak banyak dimiliki mobil-mobil lainnya adalah irit BBM. Seiring meningkatnya harga BBM di Indonesia, masyarakat tentu menginginkan mobil LCGC yang irit BBM. Carmudi rangkum beberapa jenis mobil LCGC yang irit BBM sebagai berikut.

Honda Brio Satya

All New Honda Brio Satya - Eksterior (Carmudi/Fransiscus Rosano)
Tampilan Honda Brio Satya.

Mobil ini merupakan mobil LCGC andalan Honda yang ramah lingkungan serta irit bahan bakar. Brio Satya memiliki konsep desain sporty dan stylish yang cukup banyak ditemukan di jalanan.

Brio Satya dibekali mesin 4-silinder berteknologi i-VTEC dengan kubikasi 1.200 cc. Masuk dalam segmen LCGC, Brio Satya menjadi mobil yang paling irit bahan bakar dengan konsumsi mencapai 16.6 km/liter di dalam kota. Sedangkan di jalan tol, bahan bakarnya jauh lebih irit dengan rata-rata konsumsi berada di angka 22.6 km/liter.

Selain bahan bakarnya yang irit, Brio Satya memiliki keunggulan lainnya, yaitu fitur keselamatan yang lengkap untuk ukuran jenis mobil LCGC di Indonesia. Mobil ini telah dilengkapi teknologi G-Con + Ace di bagian bodi yang berfungsi memberikan perlindungan pada pengemudi dan penumpang mobil jika terjadi kecelakaan.

Brio Satya juga dilengkapi oleh fitur Side Impact Beam dan Dual Front SRS Airbags yang melindungi pengemudi dan penumpang depan jika terjadi benturan keras. Selain itu, terdapat fitur Wave Key, Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, serta Panel Eco Indicator yang dapat memberikan informasi tentang bahan bakar, kecepatan mobil, jarak tempuh, dan lainnya secara detail.

Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW
Kapasita Isi Silinder1.200 cc
Sistem Bahan BakarPGM Fuel Injection
Jenis Bahan BakarBensin
Daya Maksimal90 Ps/6.000 rpm
Torsi Maksimal110 Nm/4.800 rpm
Transmisi5-Percepatan Manual/Otomatis
Stadar EmisiEURO 4

Toyota Agya 

Tampilan Toyota Agya.
Tampilan Toyota Agya.

Toyota Agya generasi terbaru telah memiliki varian yang dibekali mesin 1.200 cc dengan konfigurasi 4-silinder. Tenaga yang dihasilkan mobil ini pun lebih besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Namun, bukan berarti konsumsi bahan bakarnya lebih boros. Konsumsi bahan bakar Agya dengan mesin 1.200 cc berada di angka 15.1 km/liter di dalam kota. Sedangkan di jalan tol, Agya mampu mencatat angka 20.7 km/liter.

Dari segi eksterior, Agya tampak sporty dan stylish. Pada bagian depan, Agya telah dilengkapi Smoked Projector Headlamp dengan LED Light Guide berbentuk trapesium enam sisi yang membuat mobil ini terlihat stylish dan elegan.

Agya juga memiliki fitur-fitur keselamatan yang cukup lengkap. Mobil ini memiliki fitur Dual SRS Airbags untuk perlindungan jika terjadi benturan keras. Selain itu, Agya juga dibekali fitur Side Impact Beam untuk mengurangi resiko cedera jika terjadi benturan.

Pada varian 1.2 TRD fitur, pengereman ABS turut disematkan untuk memberikan kualitas pengereman terbaik serta mencegah ban mobil terselip.

Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin4 Silinder segaris, 16 Katup, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Isi Silinder1.200 cc
Sistem Bahan BakarEFI
Tenaga Maksimal88 Ps/6.000 rpm
Torsi Maksimal11 Kgm/4.200 rpm
Transmisi5-Percepatan Manual

Daihatsu Ayla

Tampilan Daihatsu Ayla.
Tampilan Daihatsu Ayla.

Mobil LCGC keluaran Daihatsu ini memiliki platform yang sama dengan Toyota Agya, mulai dari konsep desainnya hingga mesin yang digunakan.

Ayla generasi terbaru dibekali mesin 1.200 cc 4-silinder dengan teknologi Dual-VVTi. Konsumsi bahan bakarnya tidak jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Konsumsi bahan bakarnya pun sedikit lebih boros jika dibawa dalam kota, yaitu 14.7 km/liter. Sedangkan di dalam tol, Ayla mencatat konsumsi bahan bakar di angka 20.7 km/liter.

Ayla memiliki keunggulan pada konsep desainnya yang elegan, serta fitur keselamatannya yang cukup lengkap. Seperti, fitur Alarm Immobilizer untuk mencegah resiko pencurian, Dual SRS Airbag, serta Pedal Clutch Anti Back Up untuk mencegah benturan pedal rem yang patah dan mengurangi resiko terjepitnya kaki pengemudi.

Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin3NR-VE,DOHC, Dual VVT-i
Kapasita Isi Silinder1.200 cc
Sistem Bahan BakarEFI
Tenaga Maksimal88 Ps/6.000 rpm
Torsi Maksimal108 Nm/4.200 rpm

Toyota Calya

Toyota Calya (Foto: TAM)

Toyota Calya memiliki konsumsi bahan bakar yang hampir mirip dengan Ayla dan Agya. Konsumsi bahan bakar Calya berada di angka sekitar 19.3 km/liter. Dalam kondisi yang sedikit boros, Calya bisa mencapai angka konsumsi bahan bakar 14-15 km/liter.

Calya memiliki kapasitas mesin 1.200 cc dengan 4 silinder.  Mesin 4 silinder tersebut sudah mengusung teknologi Dual VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mencapai torsi maksimum hingga 11 Kgm pada putaran 4.200 rpm.

Dari segi desain, Calya memiliki tampilan yang sporty. Hampir mirip dengan Toyota Avanza, lampu depan Calya memiliki sudut yang tajam. Selain itu, gril Calya tidak memiliki aksen krom seperti mobil lainnya dengan logo ‘burung Garuda’ di tengahnya dan menyambung pada bagian bawah mobil yang memiliki lubang udara berbentuk trapesium.

Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin / Engine TypeIn-line 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder / Displacement (cc)1.200
Diameter x Langkah / Bore X Stroke (mm)72.5 x 72.5
Daya Maksimum / Maximum Output (Ps/rpm)88/6.000
Torsi Maksimum / Maximum Torque (Kgm/rpm)11/4.200
Kapasitas Tangki / Fuel Capacity (liter)36
Steering (Power Steering)Electronic Power Steering (EPS)

Datsun Go

Tampilan Datsun Go.
Tampilan Datsun Go.

Datsun Go memiliki konsumsi bahan bakar yang mencapai angka 20 km/liter. Angka konsumsi bahan bakar tersebut merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Datsun Go memiliki kapasitas mesin 1.200 cc, 4 silinder. Bobotnya yang ringan juga menjadi salah satu alasan konsumsi bahan bakar mobil tersebut irit.

Keunggulan pada Datsun Go adalah fitur-fiturnya yang cukup canggih. Salah satunya, fitur hiburan berupa layar 2DIN berukuran 6.75 inci dengan menu hiburan yang lengkap, serta konektivitas yang handal untuk membuat pengemudi dan para penumpang merasa nyaman berada dalam mobil ini.

Spesifikasi Mesin
Kapasitas Isi Silender (cc)1.200
Tenaga Maksimal (PS/rpm)68/5000
Torsi Maksimal (Nm/rpm)104/4000
TransmisiManual, 5 Percepatan/CVT

Baca juga:

Ingat, Mobil LCGC Bukan untuk Jarak Jauh

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Previous post
Dulu Hanya Jualan, Sekarang Diler di Bali Ini Buka Layanan Perbaikan Mobil Suzuki
Toyota Kijang
Next post
Toyota Kijang Innova Diesel vs Bensin, Mana yang Paling Irit?