Home » Reviews » Harga dan Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Xpander Cross

Harga dan Spesifikasi Lengkap Mitsubishi Xpander Cross

Tampilan Mitsubishi Xpander Cross. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Menjelang tutup tahun 2019 ini, PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKS) memberikan kejutan dengan meluncurkan model baru Xpander Cross. Merek asal Jepang tersebut mengklaim bahwa Xpander Cross merupakan gabungan dari kenyamanan sebuah MPV dan ketangguhan SUV. Pasalnya, Xpander Cross memang dibangun dari basis Xpander, MPV kesohor yang lebih dulu eksis di Tanah Air.

Sebagai pembedanya, Mitsubishi menyematkan berbagai penyegaran terhadap Xpander Cross mulai dari sektor eksterior, kaki-kaki, hingga interiornya. Dari brosur yang beredar, spesifikasi Xpander Cross sudah terpampang jelas. Memang kebanyakan darinya masih sama dengan Xpander versi MPV, namun tentu ada beberapa perbedaan.
Berikut ulasan lengkap spesifikasi Mitsubishi Xpander Cross.

Baca Juga:

Mitsubishi Xpander Cross Dibanderol Mulai Rp267 Jutaan, Apa Istimewanya?

Harga Xpander Cross dinilai lebih mahal seiring kualitasnya yang diklaim lebih baik dari pada kompetitornya. (Foto: Carmudi)

Dimensi Mitsubishi Xpander Cross

Di atas kertas, Mitsubishi Xpander Cross memiliki dimensi yang lebih besar dibandingkan Xpander biasa. Xpander Cross memiliki ukuran panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.750 mm, serta wheelbase 2.700 mm. Dengan ukuran tersebut, artinya Xpander Cross lebih besar 50 mm dibandingkan model small MPV-nya. Kelebihan ukuran dimensi yang didapat Xpander Cross ini ditengarai lantaran penyematan bodi panel di sekelilingnya untuk menimbulkan kesan tough.

Namun dari dimensinya, ground clearance Xpander Cross menjadi perhatian menarik. Jarak terendah dari tanah setinggi 225 mm atau lebih tinggi 20 mm dibanding Xpander versi MPV. Kenaikan ground clearance ini didapat dari beberapa faktor. Pertama dari kombinasi pelek 17 inci dan ban 205/55 yang lebih besar, dan kedua karena paket per dan shockbreaker yang serba baru.

Dimensi Mitsubishi Xpander Cross
Panjang4.500 mm
Lebar1,800 mm
Tinggi1.750 mm
Wheelbase2.775 mm
Ground Clearance225 mm

Eksterior Mitsubishi Xpander Cross

Eksterior Mitsubishi Xpander Cross dinilai memiliki desain khusus yang menyesuaikan gaya hidup (life style) konsumen yang membutuhkan kendaraan berkarakter tangguh. Demi menghadirkan karakter tangguh tersebut, Xpander Cross mendapat banyak tambahan body panel baik di depan, samping, dan belakang.

Di bagian depan, Xpander Cross mendapat tambahan skid plastik hitam di kiri-kanan bawahnya dan di bagian tengah bawah mendapat panel silver. Menyambung ke bagian sampingnya, mobil ini mendapat over vender membulat yang lumayan besar. Di bagian tengahnya, di bagian side skirt terdapat pula panel silver besar. Tak terlewat pula, di bagian atapnya terdapat roof rail, seakan memantapkan karakter SUV nan tangguh, nih. Di belakang, bumper Xpander Cross mendapat skid hitam dan panel silver di tengahnya. Konsep desain yang sama dengan bagian depan dan sampingnya.

Sekilas sepertinya Xpander Cross tampak hanya seperti MPV Xpander yang ditempeli segenap aksesori tambahan agar terlihat tangguh. Ternyata anggapan ini hanya dari penghilatan sekilas saja. Nyatanya, Xpander Cross mendapat ubahan yang cukup banyak terutama di bagian depannya, loh. Sebut saja bentuk bumper, gril, hingga lampunya mendapat ubahan total jika dibandingkan Xpander terdahulunya. Oiya, lampu utama dan fog lamp sepertinya layak mendapat apresiasi lebih karena sudah menggunakan LED.

Secara general, desain kompak SUV ini lebih mengotak serta ditempeli logo Mitsubishi yang lebih besar. Selain itu, tentu saja terpampang jelas tulisan “Xpander Cross” di ujung kap mesinnya.

Spesifikasi Kaki-Kaki Mitsubishi Xpander Cross
Radius Putar5,2 m
Sistem KemudiElectronic Power Steering
Suspensi DepanMacPherson Strut dengan Stabilizer
Suspensi BelakangTorsion Beam
BanDunlop Enasave EC300+
Ukuran Ban205/55 R17
Rem DepanCakram Ventilasi
Rem BelakangTeromol
Sistem RemABS, EBD, BA, HSA, ASC, TCL

Interior Mitsubishi Xpander Cross

Desain interior Mitsubishi Xpander Cross. (Foto: Carmudi)

Ubahan segudang di bagian exterior, interior Xpander Cross rupanya tidak mengalami nasib yang sama. Ya, desain dalam kabin Xpander Cross bisa dibilang hanya sedikit mengalami perubahan. Ketika masuk ke dalam kabin, yang paling kentara adalah pilihan warna gelap. Interior Xpander Cross disematkan kombinasi warna hitam-cokelat dan beige di bagian plafonnya.

Detail joknya tidak banyak mendapat ubahan juga. Didominasi warna hitam-cokelat, jok Xpander Cross memang tampak jadi lebih premium. Apalagi kini tersedia dua opsi material, fabric dan leather (kulit).

Di jok baris depan tidak terasa banyak perubahan, hanya visibilitasnya saja yang kini terasa lebih tinggi. Visibilitas terbaik juga bisa didapat penumpang di jok baris kedua. Kenyamanan penumpang dinilai cukup baik lantaran legroom dan headroom nya yang cukup lega. Terlebih lagi, untuk penumpang di baris jok belakang, Xpander Cross menyediakan legroom dan headroom yang juga lumayan baik untuk penumpang dewasa.

Spesifikasi Mesin Mitsubishi Xpander Cross

Bicara soal dapur pacu, Xpander Cross dibenamkan mesin yang sama dengan pendahulunya, yaitu mesin 4A91 berkapasitas 1.499 cc. Dengan mesin ini, Xpander Cross diklaim mampu menghasilkan daya sebesr 102 Hp @ 6.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 141 Nm @ 4.000 rpm. Kekuatan mesin tersebut kemudian disalurkan ke roda depan melalui opsi sistem transmisi otomatis 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Mitsubishi Xpander Cross tampak samping. (Foto: Carmudi)
Data Spesifikasi Mesin Mitsubishi Xpander Cross
Mesin4A91
Jumlah Silinder4, Segaris
Teknologi MesinDOHC, MIVEC
Kapasitas Mesin1.499 cc
Tenaga Maksimum102 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum141 Nm @ 4.000 rpm
Layout MesinMesin Depan Penggerak Roda Depan
TransmisiOtomatis 4-percepatan / Manual 5-percepatan

Harga Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross tersedia dalam tiga varian berbeda. Harga Mitsubishi Xpander Cross dibanderol mulai dari Rp267,7 juta hingga Rp286,7 juta untuk varian tertingginya. Berikut harga Mitsubishi Xpander Cross lengkapnya (OTR Jakarta November 2019):

  • Mitsubishi Xpander Cross M/T Rp 267.700.000
  • Mitsubishi Xpander Cross A/T Rp 277.700.000
  • Mitsubishi Xpander Cross Premium Package with Leather Seat A/T Rp 286.700.000

 

Penulis: Dimas Hadi

Baca Juga:

Membandingkan Harga Rush, Terios, dan Xpander Cross, Mana yang Lebih Mahal?

Honda Civic Hatchback Turbo
Previous post
Sebelum Membeli Honda Civic Bekas, Perhatikan 7 Hal Ini
Honda Niaga Sudirman, diler pertama Honda di pulau Belitung.
Next post
Honda Buka Diler Pertama di Pulau Belitung