HomeMobilJadi Tipe Tertinggi, Apakah Harga Mitsubishi Xpander Ultimate ‘Kemahalan’?

Jadi Tipe Tertinggi, Apakah Harga Mitsubishi Xpander Ultimate ‘Kemahalan’?

Mitsubishi Xpander Ultimate sekalipun harga mahal tetap jadi andalan penjualan Mitsubishi
Mitsubishi Xpander Ultimate sekalipun harga mahal tetap jadi andalan penjualan Mitsubishi. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Sebagai pendatang baru, Mitsubishi Xpander sukses besar memikat konsumen kendaraan keluarga di Indonesia. MPV jagoan Mitsubishi ini bahkan sempat menyalip Toyota Avanza sebagai mobil terlaris. Dari sekian banyak tipe, Mitsubishi Xpander Ultimate dijual dengan harga paling mahal.

Secara keseluruhan, dari sisi harga Mitsubishi Xpander Ultimate tampil nyaris tanpa saingan sepadan. Desainnya maskulin dan gagah sukses merebut perhatian konsumen MPV. Postur tinggi ala SUV juga memikat minat calon pembeli medium SUV.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia menjualnya seharga Rp 275,1 juta. Harga tersebut lebih mahal dari Suzuki Ertiga Suzuki Sport (AT) yang dijual Rp 262,5 juta dan jauh lebih mahal daripada Toyota Veloz (AT) yang dijual Rp 248,55 juta. Dengan harga segitu, apakah harga Xpander Ultimate jadi kemahalan?

Tidak juga kok, karena fitur dan desainnya juga termasuk lengkap. Tapi jangan dibandingkan dengan produk Wuling Motors karena bakal jomplang. Kelengkapan di Xpander Ultimate sudah seperti mobil MPV medium yang harganya Rp 300 jutaan.

Penampilannya juga gagah dan maskulin, sehingga Xpander Ultimate jadi pilihan menarik dan rasional ketimbang Xpander Cross. Seperti apa sosok Xpander Ultimate 2020 kali ini? Ayo kita ulas lebih jauh.

Desain Maskulin ala Xpander Ultimate, MPV Rasa SUV

Mitsubishi Xpander Ultimate dengan body kit. Foto/Carmudi.

Nuansa maskulin dan kokoh ditampilkan pada fascia depannya melalui desain Dynamic Shield pada Front Grille. Posisi ‘alis’ lampu LED DRL berukuran sipit tampil sejajar dengan kabin mesinnya, terintegrasi pada panel Front Grille. Kemudian, pada sisi bawah Front Bumper, terlihat lampu utama diselipkan, menjadi ciri khas Xpander.

Penampilannya makin sporty melalui penempatan foglamp dan aksen under guard. Untuk desain samping masih sama seperti tipe dibawahnya. Kemudian pada desain belakang, terdapat under guard di bemper yang mengesankan karakter tangguh.

Pada minor facelift Xpander Ultimate tahun ini memang lebih berfokus pada kelengkapan fitur yang semakin istimewa dikelasnya. Update sisi eksterior ubahannya cuma segelintir, mulai dari grill, desain pelek, kemudian lampu utama yang sudah didukung LED.

Kita bisa melihat di bemper belakang ada sensor mundur. Kemudian di atapnya memakai shark fin antenna dan juga kini memakai deffoger di kaca belakang.

Interior Mitsubishi Xpander Ultimate Kaya Fitur, Bikin Harga Jualnya Rasional

Interior Xpander Ultimate. Foto/Carmudi.

Masuk ke interior, ubahannya lebih minim lagi. Penyegaran hanya pada desain corak kain jok dibuat berbeda biar terlihat lebih fresh. Update yang cukup menarik yaitu pada bagian head unit yang kini punya fitur lebih lengkap.

Head unit touch screen di Xpander Ultimate punya fitur Weblink, Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur lain yang juga dimiliki Xpander Ultimate juga membuatnya makin keren. Sebut saja cruise control yang sudah jadi standar, lalu juga ada  tilt serta telescopic steering.

Keyless entry serta tombol start/stop engine sudah tersedia. Fitur yang istimewa dan lumayan penting yakni hadirnya kontrol stabilitas yang di beberapa LMPV lain belum jadi fitur standar.

Xpander Unggul di Sisi Kenyamanan Kabin

Penataan kursi yang cerdas di Mitsubishi Xpander menjadikan ruang kabinnya tampak lega dan lapang. Konfigurasi kursi Mitsubishi Xpander membagi 60:40 untuk kursi di baris kedua dan 50:50 pada bangku deret ketiga.

Rancangan ini bertujuan agar akses menuju bangku ketiga dapat berlangsung secara praktis. Sementara untuk pelipatan kursi di bangku ketiga dibuat simetris. Tujuannya supaya ruang penyimpanan lebih fleksibel untuk menampung barang-barang bawaan Anda.

Xpander juga unggul soal kenyamanan berkendara. Bantingan suspensinya terasa mantap meredam guncangan dan cukup stabil.

Ketika diajak manuver di kecepatan tinggi, masih asyik tanpa gejala limbung yang berlebih. Ukuran besar dan memakai sistem penggerak front wheel drive membuat buritan mobil seperti ketinggalan saat menikung dalam kecepatan agak tinggi.

Soal kekedapan kabin juga menjadi yang paling senyap. Road noise yang dihasilkan Xpander ada di angka 61,4 dB. Bagi Anda yang punya anak bayi, kekedapan di Xpander pastinya membuat si kecil tetap nyaman.

Harga Bekas Mitsubishi Xpander Ultimate Ikut Mahal

Harga Xpander Ultimate bekas termahal di listing Carmudi

Bagi masyarakat yang tidak cukup uang untuk beli unit baru, solusinya pasti mencari mobil bekas yang lebih terjangkau. Untuk Xpander Ultimate ini harga bekasnya pun tergolong mahal. Bahkan masih banyak yang menjual di atas Rp 200 jutaan.

Berdasarkan listing di Carmudi, harga Xpander Ultimate bekas paling murah dijual Rp 185 juta untuk keluaran 2017. Adapun harga bekas termahal yaitu dijual Rp 270 juta untuk keluaran 2019.

Melihat tahun pembuatan dan harga bekasnya yang masih sangat mahal, tentunya opsi beli bekas pun membuat konsumen juga cukup berat. Andaikata disuruh memilih, mending beli baru sekalian daripada beli bekas bila selisihnya hanya sedikit.

Kesimpulan

Dijual dengan harga paling mahal di antara merek Jepang sejenis, Mitsubishi Xpander Ultimate menyajikan sebuah Low MPV kaya fitur modern.

Penampilannya tidak ramai dengan aksen body kit, malah cenderung sederhana dengan under guard. Ini membuat Xpander Ultimate punya aksen bergaya SUV. Bedanya, tidak ada over fender hitam sebagaimana crossover pada umumnya.

Tidak heran bila Xpander berhasil beberapa kali mengungguli penjualan Toyota Avanza. Xpander jadi alternatif menarik masyarakat kelas menengah yang butuh mobil keluarga terjangkau dengan fitur lengkap.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Nissan Magnite Diperkenalkan
Previous post
Nissan Magnite Diperkenalkan Pertengahan Oktober, Kapan Masuk Indonesia?
Next post
Penyebab Ban Bocor Halus, Waspadai Supaya Tidak Kehabisan Angin di Jalan