Berita

Jangan Khawatir Rusak, Begini Tahap Uji Baterai Mobil Listrik

Karawang — Baterai mobil listrik masih dianggap ringkih oleh segenap masyarakat padahal sejatinya sudah melewati banyak tahap uji ketahanan.

Baterai mobil listrik, khususnya Toyota bisa dibilang tahan banting dari berbagai hal.

fasilitas Toyota xEV Center telah diresmikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tahun lalu.

Fasilitas Toyota xEV Center telah diresmikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tahun lalu. (Foto: Carmudi)

Informasi tersebut kami dapatkan saat mengunjungi Toyota xEV Center di Karawang, Jawa Barat.

Sebagai informasi, fasilitas Toyota xEV Center telah diresmikan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) tahun lalu.

Natasya selaku perwakilan TMMIN yang bertugas di Toyota xEV Center membeberkan apa saja tahap uji yang dilakukan pada baterai mobil listrik

“Jadi baterai mobil listrik yang ada di Toyota Motor Corporation (TMC) itu terdiri dari 2 tahap. Pertama uji kinerja baterai dan kedua uji keselamatan,” ujarnya, Rabu (7/6/2023).

Dalam presentasinya, Natasya menjelaskan bahwa ada 5 tahap uij kinerja baterai, yaitu kapasitas, DC power input, DC power output, uji penyimpanan, dan uji siklus.

“Jadi di tahap pertama ini kita bisa melihat performa baterainya seperti apa. Mulai dari kapasitasnya, pengecasan, pemakaian baterai, penyimpanan, sampai siklus baterai ini seperti apa itu dites,” sambungnya.

Lalu pada tahap kedua, baterai mobil listrik akan mendapatkan uji yang jauh lebih banyak.

Secara total, ada 9 tahap uji pada bagian ini yang Toyota lakukan sebagai bentuk kontrol kualitas dari pabrik.

uji baterai mobil listrik

(Foto: Toyota)

Ke-9 tahapan tersebut terdiri dari sebagai berikut:

  • Pengisian berlebih
  • Uji panas
  • Uji tabrak
  • Pelepasan paksa
  • Korsleting eksternal
  • Korsleting internal
  • Jatuh bebas
  • Uji getaran
  • Siklus suhu

“Jadi sebenarnya baterai yang ada di mobil listrik ini aman sekali ya karena sudah dites sampai dijatuhkan berkali-kali, ditabrak, sampai uji panas. Bisa dibilang mobil listrik ini tidak ringkih seperti yang dibayangkan,” ujarnya.

Berbagai pengujian ini dilakukan demi memberikan keselamatan dan keamanan kepada konsumen Toyota di seluruh dunia.

Bahkan langkah seperti di atas juga dilakukan oleh berbagai merek mobil listrik di dunia.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts